Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu probiotik untuk ikan?

Apa itu probiotik untuk ikan?

Probiotik ikan adalah mikroba yang diberikan kepada ikan untuk mendapatkan beragam manfaat dari mikroba tersebut dalam pembudidayaan ikan.

Probiotik sendiri merupakan mikroba yang menguntungkan bagi ikan yang dibudidayakan dengan cara memberikannya pada tempat pembudidayaan ikan.

Mikroba itu sendiri antara lain adalah termasuk bakteri asam laktat seperti Lactobacillus, Carnobacterium, beberapa kelompok Bacillus, dan Pseudomonas.

Bakteri ini kemudian memiliki banyak fungsi positif seperti untuk menguraikan sisa pakan, senyawa organic dari pakan yang terlarut, dan kotoran ikan.

Apa itu probiotik untuk ikan lele?

Probiotik untuk ikan lele adalah jenis probiotik yang diproduksi untuk diberikan dalam budidaya ikan lele. Produk probiotik untuk lele ini banyak dijual di toko-toko ikan termasuk anda bisa membelinya online.

Lalu apa saja merek probiotik untuk lele? Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Mikrobiotik Super Lele

Produk ini adalah produk mikroba probiotik isolat asli Indonesia dengan kandungan lactobacillus, acetobacter, dan yeast yang sangat efektif untuk budidaya lele agar menghasilkan produksi secara maksimal, berkesinambungan, dan ramah lingkungan.

Super Lele juga efektif bila diaplikasikan pada budidaya ikan jenis lainnya seperti patin, tawes, gurami, nila, mas, koi, graskap, bawal, dll.

2. Bioteje Lele

BIO TEJE Suplemen Probiotik LELE MENGANDUNG ORGANIK 100% + HERBAL Kemasan 1 Liter SUPLEMEN ORGANIK CAIR.

BIO TEJE merupakan suplemen probiotik pakan yang berasal dari bakteri baik yang memberikan keuntungan terhadap segala jenis Ikan dengan meningkatkan keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan.

Sejarah Probiotik

Istilah “probiotik” muncul dari kata Yunani “pro” dan “bios” yang berarti “untuk kehidupan”; umumnya disebut aditif pakan mikroba yang memberikan organisme inang melalui modulasi mikrobiota usus.

Parker (1974) adalah orang pertama yang mendefinisikan probiotik sebagai organisme dan zat yang mempengaruhi mikroba dalam usus.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), probiotik adalah mikroorganisme hidup yang digunakan secara oral yang memiliki beberapa manfaat kesehatan yang nyata bagi inangnya.

Istilah probiotik tidak hanya digunakan untuk mendefisiniskan mikroorganisme untuk hewan, tetapi dalam tema kesehatan manusia pun istiolah probiotik juga digunakan seperti dalam pembahasan kandungan yogurt.

Apa Fungsi dan manfaat Probiotik Untuk Ikan?

Saat ini, beberapa jenis feed additive yang bermanfaat seperti probiotik, prebiotik, dan sinbiotik digunakan dalam budidaya untuk meningkatkan kinerja pertumbuhan, respon imun dan ketahanan terhadap penyakit serta sebagai alternatif antibiotik.

Probiotik memiliki manfaat yang signifikan jika diberikan untuk pembudidayaan ikan.

Para peneliti berspekulasi bahwa probiotik bacillus merangsang respons antioksidan yang kuat pada ikan, membuat mereka lebih tahan selama produksi.

Tes mikronuklir menunjukkan bahwa ikan lele pada kelompok kontrol mengalami lebih banyak kerusakan sel selama percobaan. Sporothermin memiliki efek perlindungan pada inti sel.

Para peneliti memperkirakan bahwa ikan lele yang diberi probiotik mengalami kerusakan nuklir 5,7 kali lebih sedikit selama percobaan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa subspesies bacillus dalam probiotik telah menyeimbangkan kembali bakteri usus pada ikan lele, yang meningkatkan kemampuan mereka untuk menahan tantangan produksi.

Sumber:

Why catfish farmers should consider probiotics

Fungsi dan Manfaat Probiotik dalam usaha Budidaya Ikan