Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Santri?

Apa Itu Santri?

Apa Itu Santri? Banyak dari para pembaca mungkin sering dengar istilah santri. Adapun santri itu berarti orang-orang yang menuntut pendidikan agama di pesantren.

Adapun pesantren sendiri adalah tempat di mana seorang santri belajar agama Islam. Adakalanya santri itu menetap di pesantren dan adakalanya santri itu hanya pulang dan pergi dari rumah karena jaraknya dekat.

Santri itu merupakan bahasa lain dari siswa/siswi kalau dalam pendidikan formal. Tetapi santri itu lebih khusus karena mereka adalah anak/orang yang mengikuti pendidikan di pesantren.

Ada banyak pengertian yang mencoba menjelaskan asal-usul kata santri. Ada yang menyebutkan bahwa santri itu berasal dari bahasa Sanskerta, “shastri” yang berarti kitab suci, agama dan pengetahuan.

Pengertian lain menyebutkan bahwa santri itu berasal dari kata cantrik yang berarti para pembantu begawan atau resi (seorang yang memiliki ilmu). Seorang cantrik akan diberi upah berupa ilmu pengetahuan oleh begawan atau resi tersebut sebagai ganti dari pelayanan yang diberikannya.

Memang pengertian cantrik dengan satri ini tidak jauh beda karena santri dituntut untuk mengabdi di pesantren, sebagai gantinya, pemimpin pondok pesantren akan memberikan tunjangan kepada santri tersebut.

Siapa Saja Yang Bisa Menjadi Santri?

Sejatinya semua orang bisa menjadi santri. Dan titel atau gelar santri ini pun bisa melekat meskipun santri tersebut sudah lulus dari pendidikan pesantren.

Tak ada batasan umur untuk menjadi seorang santri. Di pesantren ada santri yang nyantri sejak bayi. Ada juga yang nyantri padahal sudah berusia lanjut.

Namun pada umumnya santri itu adalah mereka yang masih usia produktif atau remaja. Pada masa sekarang ini pendidikan santri biasanya ditempuh pada saat jenjang SMP hingga SMA.

Meskipun demikian sekarang pun ada istilah ma’had Ali atau pondok pesantren untuk tingkat lanjut yaitu para mahasiswa di perguruan tinggi.

Kehidupan Santri

Banyak orang menyebut bahwa santri itu harus mau hidup seadanya saat berada di pesantren. Hal ini adalah benar adanya karena memang santri itu punya prinsip bahwa saat masih menuntut ilmu maka harus rela berkorban dan menerima  kehidupan apa adanya.

Santri akan tinggal bersama santri-santri yang lain dalam ruangan yang terkadang sangat sempit. Makan pun seadanya. Dan terkadang bahkan ada sebagian santri yang melakukan tirakat untuk banyak berpuasa demi memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Komitmen Untuk Menjadi Santri

Setiap santri itu punya komitmen yang harus dijaga agar selalu bisa mendapatkan gelar santri. Salah satunya adalah selalu menjaga rukun Iman, Islam dan menjauhi larangan-larangan Allah Swt.

Santri pun juga punya komitmen untuk mendapatkan ridha kyai karena dengan mendapatkan ridha guru itu, maka lengkaplah sudah gelar sebagai santri. Karena pada hakikatnya santri itu adalah orang yang mendapatkan pengakuan dari kyai atau guru pengajar.