Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu susu skim milk?

Apa itu susu skim milk? Susu merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat seluruh dunia. Pada masa kini susu diproses sehingga memiliki beberapa jenis.

Di antara jenis susu itu adalah susu skim milk. Lalu apa itu skim milk? Bagaimana cara membuat susu skim milk?

Apa itu susu skim milk?

Apa itu susu skim milk?
Apa itu susu skim milk?

Apa itu susu skim milk? Susu skim adalah susu murni yang semua lemak dalam susu tersebut dihilangkan. Hal ini pun menjadikan susu skim secara umum mengandung sekitar 0,1% lemak atau hampir tidak ada lemaknya.

Susu skim dalam bahasa inggris disebut dengan skimmed milk untuk inggris British dan skim milk untuk inggris America.

Susu skim terlihat sedikit berbeda dari jenis susu lainnya meskipun susu skim memiliki konsistensi cairan yang sama.

Susu skim diperoleh dengan menghilangkan semua krim atau lemak susu dari susu murni. Susu skim memiliki jumlah kalori yang lebih rendah daripada susu murni tetapi masih mengandung hampir semua nilai gizi susu murni.

Susu skim mengandung sangat sedikit vitamin A dan D karena kedua vitamin ini adalah vitamin yang larut dalam lemak sehingga hilang ketika lemak susu dihilangkan.

Sepintas yang membedakan antara susu skim dengan susu biasa dalam segi tampilan adalah warna susu skim yang agak kebiruan.

Rona kebiruan ini merupakan hasil dari pengolahan, bukan karena susunya telah rusak.

Bagaimana Cara Membuat Susu Skim?

Sebab utama mengapa susu skim ini disebut dengan nama susu skim adalah karena proses pembuatannya. Susu skim ini bisa diproses dengan dua cara, yaitu cara tradisional dan cara modern.

Jika susu skim diolah dengan cara tradisional, maka proses pemisahan lemak dari susu membutuhkan banyak waktu.

Setelah susu diperah, didiamkan beberapa saat dalam wadah yang bersih dan steril. Karena komposisi alami yang dikandung susu, maka lemak dari susu itu akan naik ke atas.

Adapun bagian bawah dari lemak itu merupakan susu murni yang akan diproses menjadi skim milk.

Lemak yang telah naik di bagian atas susu kemudian dihilangkan dengan hati-hati sehingga hanya menyisakan susu.

Setelah selesai dan didapatkan susu yang bebas lemak itu, maka susu itulah yang disebut dengan susu skim.

Meskipun susu itu telah diambil lemaknya, namun pengambilan lemak ini bukanlah sesuatu yang sia-sia karena lemak ini bisa digunakan untuk membuat produk susu lainnya seperti mentega.

Karena produsen saat ini perlu memproduksi susu skim dalam volume yang lebih besar, mereka tidak menggunakan sistem pengolahan tradisional yang perlu menunggu sampai lemaknya naik.

Ada mesin khusus yang bisa memproses susu skim lebih cepat. Mesin ini mampu membuat lemak dan susu terpisah dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Apa saja Manfaat Susu Skim?

Berikut ini adalah beberapa manfaat untuk kesehatan dari susu skim:

1. Susu Skim untuk Kesehatan Jantung

Susu penuh lemak mengandung lemak jenuh yang telah lama dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, yang paling umum adalah penyakit jantung koroner.

Tidaklah bijaksana untuk menghilangkan susu dan produk susu dari diet Anda karena mereka kaya nutrisi dan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan harian Anda untuk beberapa vitamin dan mineral.

Susu skim sangat rendah lemak dan hampir tidak mengandung lemak jenuh. Satu cangkir susu murni mengandung hampir 5 gram lemak, sedangkan susu skim dalam jumlah yang sama hanya mengandung 0,1 gram lemak jenuh.

2. Susu Skim Mengurangi Kadar Kolesterol

Sertakan makanan berkalsium tinggi seperti produk susu dalam diet harian Anda karena ini akan menurunkan konsentrasi kolesterol total Anda tanpa menimbulkan efek samping negatif.

Satu studi menunjukkan bahwa wanita pascamenopause sangat diuntungkan dari peningkatan asupan kalsium karena memiliki efek positif pada lipid yang bersirkulasi.

Selanjutnya, asupan kalsium juga meningkatkan efek sterol penurun kolesterol. Sterol ini terjadi secara alami dalam makanan nabati seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Makanlah semangkuk besar nasi dedak atau bubur dedak gandum bersama susu skim untuk menjaga kadar kolesterol Anda. Taburkan almond cincang dan kenari di atas bubur Anda karena merupakan sumber sterol yang sangat baik.

Satu cangkir susu murni mengandung sekitar 25 mg kolesterol sedangkan jumlah yang sama dari susu skim mengandung kurang dari 5 mg kolesterol.

3. Susu Skim untuk Kesehatan Tulang

Kalsium tidak larut dalam lemak sehingga tidak ada dalam lemak susu. Inilah sebabnya mengapa jumlah kalsium dalam susu skim sama dengan susu murni.

Kalsium adalah mineral terpenting dalam perkembangan dan pemeliharaan tulang, itulah sebabnya dokter menyarankan orang tua untuk memberikan susu kepada anak-anak mereka setiap hari.

Massa tulang meningkat sepanjang masa kanak-kanak dan remaja dan mencapai puncaknya ketika individu berusia antara 30 dan 35 tahun.

Jika massa tulang seseorang lebih rendah ketika mereka mencapai periode hidup mereka, mereka lebih mungkin mengalami masalah kesehatan tulang seiring bertambahnya usia.

Osteoporosisadalah salah satu gangguan tulang yang paling umum dan lebih sering terjadi pada wanita pascamenopause.

Wanita terkadang mengurangi asupan produk susu dalam upaya mengurangi asupan kalori. Ini tidak bijaksana karena berarti asupan nutrisi harian Anda juga jauh lebih rendah dan Anda lebih mungkin menderita masalah muskuloskeletal di kemudian hari.

Anda dapat mengonsumsi susu skim daripada susu murni karena ini akan memastikan bahwa Anda memiliki asupan kalsium yang cukup tanpa meningkatkan asupan kalori secara signifikan.

4. Susu Skim untuk Kesehatan Gigi

Susu skim dan produk susu skim kaya akan kalsium dan fosfor yang merupakan mineral yang diperlukan untuk perkembangan dan pemeliharaan kesehatan gigi. Protein dalam susu mencegah hilangnya kalsium dan fosfat dan ini meningkatkan kesehatan email gigi. Protein kasein dalam susu mengurangi tingkat proliferasi bakteri penyebab gigi berlubang.

5. Susu Skim untuk Pertumbuhan Otot

Susu merupakan sumber protein yang sangat baik dan dianggap sebagai salah satu ‘makanan otot’ terbaik.

Susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi yang disebut whey dan kasein; sementara whey diserap dengan cepat oleh aliran darah, kasein dicerna dengan lambat.

Anda harus minum segelas susu skim setelah berolahraga karena whey dalam susu akan memberi otot Anda protein yang mereka butuhkan untuk pulih dari aktivitas berat.

Protein kasein dalam susu skim akan dicerna dalam waktu yang lebih lama dan juga akan membantu menjaga tingkat energi Anda lebih tinggi sepanjang sisa hari Anda.

Sumber:

What is skim milk