Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit?

Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit? Minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman kuno sebagai bahan makanan sekaligus ramuan obat.

Ada banyak sekali manfaat zaitun ini selain sebagai obat juga untuk perawatan kecantikan. Ada beberapa hal yang banyak ditanyakan oleh pembaca seputar khasiat zaitun, di antaranya adalah Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit?

Apa itu Minyak Zaitun?

manfaat minyak zaitun
Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit? Gambar Ilustrasi Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah lemak yang dihasilkan dengan menggiling buah zaitun utuh yang merupakan buah dari tanaman pohon umum di Cekungan Mediterania yang disebut Olea europaea .

Minyak yang diproses secara manual, dan tanpa perawatan kimia apa pun, dianggap minyak zaitun virgin

Minyak zaitun extra virgin murni diproduksi tanpa menambahkan zat aditif atau perawatan termal.

Minyak jenis ini diekstrak dari biji pohon zaitun, yang bebas penyakit, dipanen pada waktu yang tepat dan segera diproses menjadi minyak zaitun yang berkualitas.

BACA JUGA: Apakah Minyak Zaitun Cocok Untuk Wajah?

Kandungan Gizi Yang Ada Dalam Minyak Zaitun.

Menurut lembaga gizi, minyak zaitun terdiri dari campuran asam oleat, asam palmitat dan ester asam lemak lainnya, serta jejak sterol dan squalene.

Bahan-bahan tertentu termasuk fenolat seperti tirosol, oleocanthal, hidroksitirosol, dan oleuropein.

Berikut ini adalah presentase kandungan asam dalam minyak zaitun, di antaranya adalah: Asam oleat 55 hingga 83%, Asam palmitat 7,5 hingga 20%, Asam linoleat 3,5 hingga 21%, Asam stearat 0,5 sampai 5%, dan Asam α-Linolenic 0 hingga 1,5%.

BACA JUGA: Apakah Minyak Zaitun Aman Jika Terkena Mata?

Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit?

Jika anda bertanya apakah zaitun bisa memutihkan kulit? Maka jawabannya adalah minyak zaitun bisa membantu anda mendapatkan kulit yang cerah sehingga terlihat lebih putih.

Minyak zaitun, seperti yang dijelaskan sebelumnya, adalah minyak paling tepercaya untuk mendapatkan kulit berkilau dan cerah.

Ada beberapa manfaat ketika anda menggunakan minyak zaitun untuk membuat kulit bersinar. Di antaranya adalah karena fungsi minyak zaitun sebagai berikut:

1. Minyak Zaitun sebagai Anti-Oksidan

Ini juga hipoalergenik, jadi penggunaan bahkan pada kulit sensitif tetap aman. Minyak zaitun menyediakan antioksidan seperti vitamin A, vitamin E, fitosterol, avenasterol, dan polifenol juga.

Antioksidan dalam minyak zaitun ini berfungsi dengan baik dalam menetralkan radikal bebas yang dihasilkan oleh faktor-faktor berbahaya seperti radiasi, polusi, asap rokok, dan alkohol.

Bahan-bahan ini berguna untuk memperbaiki kulit yang rusak yang memungkinkan kulit mengembalikan kilau alami dan kondisi sehatnya.

Setelah terpapar sinar matahari, disarankan juga untuk membasahi kulit dengan sedikit minyak zaitun untuk meminimalkan kerusakan kulit.

2. Minyak Zaitun membantu Anti-Aging

Minyak zaitun mengandung bahan Squalene yang digunakan untuk melembabkan secara intens dan antioksidan yang dapat dengan mudah melawan kerusakan akibat radikal bebas.

3. Minyak Zaitun digunakan sebagai Pelembab

Ini juga bertindak sebagai pelembab yang sempurna untuk kulit alami karena mengandung squalene. Squalene adalah senyawa kimia yang biasa diekspresikan dalam kosmetik. Itu dapat ditemukan di hati hiu juga.

Meski demikian, minyak zaitun merupakan sumber alami terbaik yang tidak merusak ekosistem.

Squalene adalah bahan efektif dalam regulasi sebum yang disekresikan melalui pori-pori kulit kita.

4. Minyak Zaitun Memperbaiki Sel Kulit

Secara alami, minyak zaitun memulihkan sel kulit kita tidak seperti produk kecantikan mahal lainnya.

Minyak zaitun mengandung vitamin E, flavonoid dan polifenol yang meningkatkan pergantian sel kulit hanya dalam beberapa minggu untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya.

5. Minyak Zaitun membantu Menghilangkan Stretch Marks

Minyak zaitun tidak dapat memulihkan sel kulit mati seperti produk kecantikan mahal lainnya.

Dalam hal ini minyak zaitun mengandung polifenol, flavonoid, dan vitamin E yang akan dengan mudah meningkatkan sel kulit mati dan membuatnya bersinar dan sehat dalam beberapa minggu.

BACA JUGA: Apakah Zaitun Bisa Tumbuh di Indonesia?

6. Penggunaan Minyak Zaitun untuk Eye Makeup Remover

Minyak zaitun juga bermanfaat sebagai penghilang riasan mata. Yang Anda butuhkan hanyalah kapas yang dibasahi dengan sedikit minyak zaitun, dan ini akan menghapus riasan Anda dalam waktu singkat tanpa mengiritasi kulit Anda.

Kabar baiknya adalah bila sering digunakan akan menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan.

7. Minyak Zaitun Menyembuhkan Tumit Retak

Selain untuk memutihkan bagian kulit tubuh atas, minyak zaitun juga bagus untuk menyembuhkan tumit yang retak.

Untuk tumit Anda yang retak, Anda perlu mencoba minyak zaitun dengan beberap ramuan.

Misalnya menggunakan air lemon panas tumit Anda bisa terkelupas dan digosok dengan minyak zaitun untuk mendapatkan kelembapan dan kelembapan.

Itulah informasi seputar Apakah Zaitun Bisa Memutihkan Kulit? Semoga bermanfaat.

Sumber:

Does Olive Oil Benefit Skin Lightening? link.