Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan jagung mentah?

Bolehkah makan jagung mentah? Jagung merupakan salah satu sayuran yang lezat dan bisa dibuat berbagai olahan makanan yang nikmat.

Faktanya, sayur juga merupakan sumber makanan yang bergizi dan bagus untuk selalu dikonsumsi. Biasanya orang mengonsumsi jagung ketika sudah matang, namun apakah aman makan jagung mentah? Bolehkah makan jagung mentah?

Bolehkah makan jagung mentah?

Bolehkah makan jagung mentah?
Bolehkah makan jagung mentah?

Bolehkah makan jagung mentah? Jawabannya adalah boleh saja makan jagung mentah, dan aman saja jika anda makan jagung mentah belum dimasak.

Anda dapat memasak jagung dengan beberapa cara, termasuk memanggang, memanggang, mengukus, dan merebus , dan hal itu akan menghasilkan rasa manis alami dari jagung. Tetapi Anda juga bisa makan jagung mentah rebus — dan itu sama manisnya dengan varietas yang dimasak dan mempertahankan lebih banyak nutrisi.

Jika Anda dibesarkan di kota, makan jagung mentah mungkin adalah sesuatu yang aneh. Namun bagi orang-orang yang tumbuh besar di kawasan pertanian, terutama di Midwest, tahu betul betapa lezatnya jagung langsung dari tongkolnya.

BACA JUGA: 20+ Makanan khas negara Kamboja Lengkap

Informasi Tentang makan jagung mentah

Ada dua jenis jagung dan satu sangat cocok untuk dimakan mentah sementara yang lain tidak. Jagung manis adalah varietas yang sebenarnya bisa Anda makan mentah dan banyak orang menikmatinya setiap musim semi. Jagung jenis ini lembut, hampir seperti susu, dan sangat manis. Tetapi ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum benar-benar menggigit jagung manis yang berair.

Pertama, Anda perlu memastikan untuk mendapatkan jagung yang paling muda. Jika Anda tidak tinggal di pedesaan, tidak mungkin memetik langsung dari tangkainya, jadi Anda harus mengunjungi pasar petani. Yang terbaik adalah mendapatkan jagung manis selama musim puncak yang biasanya dimulai pada musim semi dan mungkin berlangsung hingga awal musim panas.

Saat Anda memeras tongkolnya, jagung muda yang baik harus agak lunak, tetapi tidak terlalu lunak. Itu juga harus memiliki bau segar yang berbeda. Anda perlu mencuci jagung secara menyeluruh sebelum dikonsumsi karena Anda tidak pernah 100% yakin apakah sudah disemprot atau tidak.

Seperti disebutkan sebelumnya, ada varietas jagung lain yang tidak cocok untuk dimakan mentah.

Jagung penyok, juga dikenal sebagai jagung kuning atau jagung ladang, tidak boleh dimakan mentah. Varietas ini sebenarnya adalah salah satu yang paling umum dan serbaguna. Namun demikian, bukan jagung yang akan Anda nikmati mentah. Penyok jagung mengandung banyak pati sehingga rasanya tidak enak dan Anda mungkin kesulitan mencernanya. Namun, jika Anda memasak jagung penyok, itu akan melepaskan lebih banyak nutrisi dan menjadi layak untuk dikonsumsi.

Manfaat Konsumsi Jagung

Asupan gandum utuh secara teratur mungkin memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Menjaga Kesehatan mata

Degenerasi makula dan katarak adalah salah satu gangguan penglihatan paling umum di dunia dan penyebab utama kebutaan. Infeksi dan usia tua adalah salah satu penyebab utama penyakit ini, tetapi nutrisi juga dapat memainkan peran penting. Asupan makanan antioksidan, terutama karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein, dapat meningkatkan kesehatan mata.

Mencegah Penyakit Divertikular

Penyakit divertikular (diverticulosis) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kantung di dinding usus besar Anda. Gejala utamanya adalah kram, gas, kembung dan – lebih jarang – pendarahan dan infeksi. Popcorn dan makanan berserat tinggi lainnya pernah dipercaya sebagai pemicu kondisi ini.

Namun, sebuah penelitian selama 18 tahun pada 47.228 pria menunjukkan bahwa popcorn sebenarnya dapat melindungi terhadap penyakit divertikular. Pria yang makan popcorn paling banyak memiliki kemungkinan 28% lebih kecil untuk mengembangkan penyakit divertikular dibandingkan mereka yang makan paling sedikit.

Sumber: 

Is corn healthful?

What You Should Know Before Eating Raw Corn