Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Ada Madu Pahit? Tentang Madu Yang Rasanya Pahit

Madu Murni Yang Berasa Pahit

Jika anda menanyakan mengapa ada madu pahit? Jawabannya adalah madu itu jenisnya sangat banyak sekali.

Dari jenis itu warna dan rasanya pun berbeda-beda.

Secara umum orang mengenal madu itu rasanya manis, padahal ada juga madu yang rasanya pahit.

Mengapa bisa pahit? Perlu diketahui bahwa rasa madu itu tergantung pada apa yang dimakan lebah saat mereka mencari nektar pada waktu makan siang.

Madu akasia misalnya, rasanya sangat manis, bahkan tanpa ada sisa rasa pahit sedikit pun.

Sedangkan madu kastanye (mudah ditemukan di Italia, dan belum ditemukan di tempat lain) lebih berwarna gelap dan memiliki rasa pahit yang kuat.

Cukup banyak orang yang menyukai rasa pahit pada madu karena hal itu bagi mereka cocok dengan mentega dan roti, meskipun beberapa orang membencinya.

Madu jenis polyflower generik biasanya tidak memiliki rasa pahit.

Di Filipina misalnya ada juga jenis madu yang berasa pahit. Madu liar dijual oleh anak laki-laki yang berjalan di jalanan dengan ember dengan sisir di dalamnya untuk memecah sarang lebah berisi madu.

Madu-madu tersebut ada yang manis, ada juga yang pahit. Bahkan ada yang berasa rosemary atau ada yang menyebutnya bunga seamist.

Madu gelap biasanya memiliki lebih banyak serbuk sari di dalamnya. Madu yang sangat gelap banyak digunakan untuk industri.

Strawberry Tree Honey, Madu Pahit Yang Dicintai Oleh Penggemar Madu

Salah satu jenis madu yang banyak disukai oleh pecinta madu karena rasa pahitnya adalah strawberry Tree Honey atau madu pohon strowbery.

Madu Strawberry Tree bukanlah madu yang diperuntukan untuk semua orang karena rasanya memang tak biasa.

Akan tetapi rasa pahitnya yang kuat inilah yang hanya disukai oleh para pecinta kuliner dan penikmat madu yang terbiasa dengan sensasi madu pahit.

Dikenal di Sardinia sebagai Miele Amaro (Madu Pahit), kelezatan madu ini dihasilkan dari semak cemara yang tidak biasa dan indah dari Arbutus atau Pohon Strawberry ( Arbutus Unedo) yang merupakan tanaman anggota keluarga Ericaceae.

Tanaman itu juga dianggap sebagai pohon spesimen dan hanya ada beberapa tegakan pohon yang cukup besar untuk menopang beberapa sarang.

Pohon tersebut tumbuh liar di negara-negara pesisir Mediterania dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan madu.

Naman madu ini diambil dari buahnya yang dapat dimakan yang terlihat seperti stroberi bulat kecil.

Pada akhir musim gugur, ketika madu ini dipanen, bunga-bunga putih berbentuk guci, biasanya berwarna merah muda, muncul dan bergerombol dengan buah kasar oranye-merah yang matang dari bunga musim gugur 12 bulan sebelumnya.

Madu Berasa Pahit Bisa Jadi Madu Buatan

Rasa pahit bisa jadi adalah karena memang madu itu ya rasanya pahit, tapi bisa jadi rasa pahit itu karena madunya tidak asli sehingga gula yang dipakai itulah yang terasa pahit.

Jadi pastikan untuk membeli madu murni agar bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari madu itu.