Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu 5G?

Apa itu 5G? Gadget baik hp, tablet maupun komputer merupakan kemajuan teknologi yang banyak digunakan oleh manusia.

Penggunaan gadget itu pun didukung dengan penggunaan jaringn internet yang menghubungkan antar satu pengguna dengan pengguna yang lain.

Dalam teknologi internet itu sendiri dikenal beberapa kemajuan teknologi yang lebih rinci, misalnya dalam hal kecepatan internet, dikenal istilah 2G, 3G dan seterusnya.

Teknologi 4G baru saja memasuki kehidupan manusia, namun kemajuan internet dengan kecepatan 5G telah banyak dibicarakan saat ini.

Ini adalah bukti seberapa cepat teknologi seluler berkembang. Lalu apa itu 5G? Bagaimana cara kerjanya?

Apa itu 5G?

5G adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian aplikasi standar dan teknologi internet nirkabel yang jauh lebih cepat dari versi sebelumnya.

Pengguna yang menggunakan 5G akan bisa mengakses internet yang jauh lebih cepat dan latensi atau keterlambatan yang lebih sedikit.

Juga, 5G berarti bahwa infrastruktur telah berubah untuk kelima kalinya karena merupakan generasi ke-5.

Dalam setiap teknologi generasi baru , infrastruktur ini perlu diubah atau ditambahkan. Selain itu, 5G bertujuan untuk membuat VR dan mobil otonom yang kita gunakan saat ini lebih berguna karena memperkuat jaringan IoT .

Apa Perbedaan 5G dan 4G?

Saat beralih ke teknologi nirkabel generasi baru, fitur yang paling mencolok adalah kecepatan internet. Jaringan 5G berpotensi mencapai kecepatan 10 Gbps hingga 20 Gbps.

Internet 5G tidak hanya melampaui kecepatan jaringan 4G, melainkan juga jauh lebih cepat daripada internet kabel yang digunakan banyak orang di rumah mereka.

5G menawarkan kecepatan jaringan yang menyaingi koneksi serat optik. Fitur terpenting yang ditawarkan 5G adalah kecepatan, tetapi salah satu fitur lainnya adalah pengurangan latensi jaringan, yaitu meminimalkan ping.

5G sangat mengurangi waktu yang dibutuhkan selama transmisi data antara telepon dan server counter dan memungkinkan akses lebih cepat ke data.

Latensi jaringan bergantung pada banyak faktor, tetapi jaringan 5G lebih cocok dibandingkan dengan 4G. Hal ini pun bisa memberikan 60 hingga 120 kali latensi lebih rendah.

Kecepatan latency ini akan membuat sejumlah aplikasi seperti virtual reality dapat digunakan dalam kondisi saat ini.

Teknologi yang Digunakan dalam 5G

Sejumlah teknologi independen telah digabungkan untuk memungkinkan peningkatan kecepatan dan latensi 5G. Anda dapat menemukan yang paling penting dari teknologi ini di bawah ini.

Gelombang Milimeter (mmWave)

Jaringan 5G menggunakan frekuensi dalam kisaran 30 hingga 300 GHz. Alasan menggunakan nama Gelombang Milimeter adalah karena panjang gelombang frekuensi yang digunakan bervariasi antara 1 dan 10 milimeter.

Pita frekuensi ini membawa lebih banyak informasi daripada sinyal frekuensi rendah yang digunakan dalam 4G LTE. Teknologi mmWave sebelumnya mahal dan sulit diimplementasikan. Berkat kemajuan teknologi, teknologi ini sekarang digunakan di 5G.

Sel Kecil

Salah satu kelemahan transmisi gelombang milimeter adalah lebih rentan terhadap gangguan saat melewati objek fisik daripada sinyal Wi-Fi atau 4G. Untuk mengatasi masalah ini, model infrastruktur 5G telah diubah dari 4G. Alih-alih tiang antena yang disediakan 4G, jaringan 5G akan didukung oleh stasiun pangkalan yang didistribusikan di sekitar kota dengan interval sekitar 250 meter, menciptakan node sel yang lebih kecil. Pembangkit 5G memiliki kebutuhan daya yang lebih sedikit daripada 4G, dan fitur ini memudahkan untuk menghubungkan tiang distribusi ke gedung.

Massive Multiple Antenna Systems (Massive MIMO)

Antena 5G memiliki multiple input multiple output (MIMO) sehingga dapat menangani beberapa percakapan dua arah secara simultan pada sinyal data. Jaringan 5G dapat menangani percakapan 20 kali lebih banyak dibandingkan dengan 4G.

Sistem multi-antena besar-besaran berfungsi untuk meningkatkan kapasitas stasiun pangkalan, dan peningkatan kapasitas ini memungkinkan stasiun pangkalan untuk berkomunikasi dengan lebih banyak perangkat.

Fitur ini menyebabkan 5G (Internet of Things) beradaptasi dengan IoT. Akibatnya, ini memungkinkan penggunaan lebih banyak perangkat nirkabel yang terhubung ke internet di area yang sama tanpa membebani jaringan.

Teknologi Beamforming

Sangat sulit untuk mendapatkan pesan data 5G ke dan dari tempat yang tepat secara akurat dan benar.

Secara khusus, menjadi lebih sulit ketika interferensi terjadi pada gelombang milimeter. Untuk mengatasi masalah ini, BTS 5g mulai menggunakan teknologi beamforming.

Dalam teknologi beamforming, antena mengubah distribusi sinyal sesuai dengan perangkat yang ingin terhubung ke jaringan nirkabel.

Dengan cara ini, jangkauan jaringan bergerak sesuai dengan perangkat dan berubah bentuk sesuai dengan lokasinya. Sebagai hasil dari proses ini, 5G menyediakan koneksi yang lebih kuat dan berkualitas lebih tinggi.

Frekuensi 5G Dibandingkan dengan LTE

5G memiliki tiga frekuensi tersendiri. Oleh karena itu, frekuensi tersebut akan memberikan pengalaman pengguna yang berbeda untuk setiap pengguna.

Frekuensi-frekuensi ini disebut frekuensi pita rendah, pita sedang, dan frekuensi pita tinggi.

Frekuensi Pita Rendah juga didefinisikan sebagai Frekuensi 1GHz. Ini adalah pita nomor satu dalam hal penggunaan pita rendah untuk operator LTE.

Frekuensi pita rendah memiliki cakupan yang besar dan penetrasi dinding yang baik. Tetapi pada frekuensi pita rendah, kecepatan maksimum yang diterima adalah 100Mbps.

Mid Band Frequency lebih cepat daripada low band dan memiliki latency yang lebih sedikit. Namun frekuensi midband tidak menembus dinding seperti halnya low band.

Dimungkinkan untuk melihat kecepatan hingga 1Gbps di midband.

High Band Frequency adalah frekuensi yang memberikan performa paling ideal dan tinggi untuk 5G. Frekuensi ini dapat menawarkan kecepatan puncak hingga 10Gbps dan memiliki latensi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan frekuensi lainnya.

High Band Frequency memiliki cakupan yang rendah dan penetrasi bangunan yang rendah. Pita yang lebih tinggi sebelumnya digunakan untuk mengirimkan data dari jaringan utama ke subnet yang lebih kecil.

Namun, itu tidak pernah tersedia di perangkat pengguna. Ini karena antena mini sebelumnya tidak tersedia.

Apa Kekurangan 5G?

5G Meskipun 5G memiliki banyak kelebihan, ia juga memiliki beberapa kelemahan. Tiga kelemahan tersebut adalah sebagai berikut.

Biaya Instalasi 5G : Mengembangkan infrastruktur 5G atau melakukan adaptasi terhadap infrastruktur seluler yang ada dapat menyebabkan biaya tinggi. Ketika infrastruktur yang diperlukan untuk menyediakan kecepatan tinggi telah ditetapkan, harga ini dapat tercermin pada pelanggan dan dapat ditujukan untuk menghapusnya dari pengguna . Namun, operator sudah mulai beralih ke metode alternatif agar tidak mencerminkan harga pada pengguna.

Penggunaan di Daerah Pedesaan : 5G dapat menyediakan koneksi yang sangat cepat untuk daerah perkotaan, tetapi orang yang tinggal di daerah pedesaan tidak akan dapat memanfaatkan sepenuhnya konektivitas 5G. Karena operator 5G akan menargetkan kota-kota besar, itu akan datang ke pengguna yang tinggal di daerah pedesaan terakhir.

Masalah Baterai Perangkat: Baterai perangkat yang terhubung ke 5G sepertinya habis dalam waktu singkat. Agar 5G dapat digunakan secara efisien pada perangkat, teknologi baterai perlu ditingkatkan. Selain itu, pengguna yang menggunakan 5G di perangkat mereka, selain baterai yang habis, mengklaim bahwa itu menjadi sangat panas dan mereka mulai mengeluh tentang situasi ini.

Ponsel 5G

Meskipun 5G tidak umum di banyak negara, beberapa ponsel 5G sudah tersedia. 5G sekarang tersedia di banyak ponsel, seperti Huawei Mate X, Samsung Galaxy 10 dan Xiaomi Mi Mix 3.

Tetapi karena tidak ada yang tahu kapan 5G akan tersedia, ada baiknya menunggu. Misalnya, Apple menggunakan teknologi 5G hanya di Iphone 12, karena saat ini tidak mendukung 5G.

Tapi ini juga bisa dilihat sebagai strategi untuk Apple. Pada 2012, Apple beralih ke 4G lebih lambat dari ponsel Samsung. Jadi, sebagaimana orang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan teknologi, hal yang sama berlaku untuk perusahaan telepon.

Mengapa 6G sudah Dibahas?

Beberapa ahli mengatakan bahwa 5G tidak akan memenuhi targetnya untuk latensi, kecepatan, dan keamanan.

Dikatakan bahwa 6G dapat dengan mudah mengatasi keraguan ini. Selain mengatasi masalah ini, 6G mencoba mengaktifkan ribuan koneksi simultan.

Namun, meskipun 6G menawarkan fitur yang begitu bagus, salah satu masalah pentingnya adalah keamanan.

Model serangan baru, serangan man-in-the-middle (MIMA) berbasis tera-hertz, memungkinkan peretas menyusup di antara dua jaringan. Dengan cara ini, berbagai proses mendengarkan dilakukan dengan menyusup ke dua koneksi dan proses menangkap data yang diinginkan dimulai.

Kabar baiknya adalah bahwa pihak berwenang memiliki waktu yang cukup lama untuk menemukan solusi untuk masalah ini. Jaringan 6G diperkirakan tidak akan digunakan hingga 2030.