Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Jarum Akupunktur?

Apa itu Jarum Akupunktur? Akupuntur merupakan teknik pegobatan dengan cara menusukkan jarum khusus ke bagian titik tertentu pada tubuh.

Lalu sebenarnya apa itu jarum akupuntur? Bagaimana penjelasan tentang jarum akupuntur itu?

Apa itu Jarum Akupunktur?

Jarum akupuntur adalah jarum khusus yang digunakan dalam teknik pengobatan akupuntur. Akupunktur adalah perawatan yang melibatkan memasukkan jarum yang sangat tipis dari kulit seseorang ke titik-titik tertentu dari tubuh, pada berbagai kedalaman yang berbeda.

Apa itu Jarum Akupunktur?
Apa itu Jarum Akupunktur?

Oleh karena itu, jarum halus yang digunakan dalam perawatan ini disebut juga jarum akupunktur. Jarum akupunktur dibagi menjadi lima bagian: ujung, batang, akar, batang dan ekor jarum.

Ujung dan badan jarum akupunktur adalah bagian yang diletakkan pada titik-titik akupunktur pada tubuh pasien. Pegangan dan ekor adalah bagian yang digunakan oleh ahli akupunktur untuk memanipulasi jarum. Akar menghubungkan batang dan batang jarum.

Jarum akupunktur yang umum digunakan terbuat dari bahan stainless steel dengan ketebalan 0,16 hingga 0,5 mm dan panjang 0,5 hingga 8 cm.

Karena ukurannya yang kecil, orang sering menggambarkan jarum akupunktur sebagai jarum yang tidak menimbulkan rasa sakit. Meskipun ujung jarum akupunktur sangat kecil, tetapi tumpul.

Dibandingkan dengan jarum biasa dengan ukuran yang sama, ujung jarum akupunktur memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk memotong jaringan.

Untuk Apa Jarum Akupunktur Digunakan?

Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur dapat membantu meredakan sakit kepala tipe tegang dan migrain.

NCCIH melakukan penelitian ilmiah tentang produk yang tidak dianggap sebagai bagian dari pengobatan tradisional di Jerman.

NCCIH menyatakan bahwa akupunktur telah terbukti membantu dalam situasi berikut:

● Nyeri punggung bawah
● Nyeri leher
● Arthritis
● Nyeri lutut
● Sakit kepala dan migrain

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia mencantumkan sejumlah kondisi di mana akupunktur efektif pada tahun 2003 sebagai berikut:

● Tekanan darah tinggi dan rendah
● Mual dan muntah akibat kemoterapi
● Beberapa penyakit perut termasuk tukak lambung
● Disentri
● Rinitis alergi
● Nyeri wajah
● Mual di pagi hari
● Radang sendi rematik
● Keseleo
● Tennis elbow
● Linu panggul
● Sakit gigi
● Mengurangi risiko stroke

Dimana Jarum Akupunktur Ditancapkan?

Jarum akupunktur hampir setipis rambut dan sangat tajam. Dilakukan oleh praktisi dengan menggunakan metode khusus, dengan cara merendamnya di bawah kulit atau ke dalam otot tanpa menimbulkan rasa sakit.

Tempat yang akan dibenamkan berbeda-beda sesuai dengan kondisi penyakitnya. Tempat-tempat ini disebut titik akupunktur.

Titik akupunktur adalah area yang ditentukan secara anatomis pada kulit sesuai dengan tanda tertentu pada tubuh. Titik-titik akupunktur ini dapat dideteksi dengan andal dengan pengukuran elektrodermal.

Berapa Lama Pengobatan Menggunakan Jarum Akupunktur?

Akupunktur membantu mengembangkan kebiasaan penyembuhan baru. Untuk itu, diketahui bahwa penyelesaian masalah kronis melalui akupunktur membutuhkan waktu lebih lama.

Namun, Anda akan merasakan manfaat akupunktur jangka panjang setelah tubuh Anda terbiasa dengan jalur saraf baru yang sedang dibangun.

Sayangnya, efek akupunktur bervariasi tergantung pada beberapa variabel. Durasi tindakan tergantung pada tingkat keparahan kondisinya, berapa lama Anda mengalami masalah ini, dan apa yang sedang dirawat.

Di sisi lain, setiap orang berbeda. Oleh karena itu, beberapa orang merespon lebih cepat terhadap akupunktur, sementara yang lain memerlukan beberapa sesi untuk merasakan manfaatnya.