Halloween party ideas 2015


Turki yang terletak di antara dua benua, yaitu Eropa dan Asia menjadikan negara ini memiliki budaya yang kaya. Tak hanya memiliki ragam budaya dan sejarah, Turki juga memiliki beragam kuliner yang lezat. Kelezatan masakan Turki memang unik karena memang dipengaruhi oleh kawasannya yang disebut Eurasia atau Eropa Asia.

Jadi masakan Turki dalam memasakknya ada campuran yang mirip-mirip dengan masakan Eropa, juga ada yang mirip-mirip dengan masakan Asia. Bagian Turki barat utara lebih mirip dengan budaya Eropa, namun bagian Timur seperti Adana memberikan pengalaman kuliner khas Asia yang penuh dengan bumbu-bumbu.

Berikut ini beberapa makanan khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Turki:

1.Kebab

Merupakan makanan khas Turki yang berasal dari daging, bisa daging sapi, ayam, domba, atau pun kambing. Kebab ada banyak jenis, seperti Doner kebab, Adana kebab, iskender kebab, dan is kebab.
gambar / loveantalya.com

Teknik memasaknya adalah dengan memanggang daging dan disajikan dengan cara digulung menggunakan roti, atau pun burger. Namun ada juga yang disajikan dengan cara ditusuk. Biasanya disajikan bersama sayuran seperti bawang Bombay, tomat, selada, mentimun, mayonnaise, dan kentang. Kebab bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat di Turki.

2. Kofte

Kofte termasuk varian makanan berupa daging giling yang dibentuk bulat dengan bumbu lalu dimasak dan disajikan dengan sayuran dan terkadang juga cabai bakar. Bentuknya bermacam-macam, ada yang bulat, bulat lonjong, seperti stik, persegi panjang dan lain-lain. Kofte bisa disantap dengan nasi, bersama salad atau pun isian sandwich.
gambar / yemek.com

Kofte bisa dibuat dengan cara dipanggang, goreng, kukus, rebus dan biasanya disajikan dengan saus yang kaya rasa. Sebagian kofte terlihat seperti gosong karena dengan warna yang agak hitam. Namun jangan khawatir, sebagian kofte memang berwarna seperti itu. Cukup dimakan saja, lezatnya akan terbukti.

3. Lahmacun

Sekilas bentuk Lahmacunseperti pizza dengan roti yang tipis. Topingnya terbuat dari daging cincang lembut yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang Bombay, parsley, tomat, dan lain sebagainya. 
gambar / thespruceeats.com

Biasanya lahmacun dimakan dengan salad, perasan lemon maupun saus yoghurt. Bisa dengan cara digulung dahulu atau pun dicubit sedikit-sedikit.

4.Etliekmek

Makanan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Konya, salah satu kota di Turki (tempat penulis tinggal saat ini). Makanan ini sebagaimana namanya, “Etli Ekmek” yang berarti “Roti dengan Daging”, yaitu roti agak tipis dengan lapisan daging cincang kaya bumbu di atasnya.
gambar / lezzet.com

Ada banyak cara dalam penyajian Etli Ekmek ini. Ada yang disajikan dengan cara dipotong, ada juga yang disajikan dengan bentuk yang panjangnya mencapai 1,5 meter. Pastikan ngajak teman kalau mencoba makanan ini ya. Karena biasanya porsinya termasuk super jumbo bagi orang indonesia.

5. Baklava

Baklava merupakan semacam pastry yang rasanya sangat lezat dan manis. Sejak pertama kali mencicipi baklava ini, penulis langsung jatuh cinta. Rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan. Baklava adalah makanan khas Turki yang rasanya sangat elegan.

gambar / bakkalmart.com
Makanan ini dibuat dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan disiram dengan pemanis seperti gula atau madu, lalu dibungkus adonan roti tipis dan dipanggang. ketika digigit muncul rasa gurih manis dengan tekstur lapisan yang renyah.

6. Kokorec


Makanan ini terbuat dari usus domba atau kambing yang dililit pada sebuah tusuk besar membungkus organ jerohan. Daging jerohan yang dipakai biasanya adalah hati, ginjal, jantung dan pankreas. Cara masaknya adalah dengan dibakar. 
gambar / patronturk.com
Cara penyajiannya adalah dengan mencincangnya dan membuatnya jadi isian roti. Kokorec dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu yang menjadikan rasanya tambah gurih.

7. Börek

Sekilas bentuknya seperti martabak, namun ada juga yang berbentuk bulat panjang. Borek lebih gampangnya adalah roti isi daging dan keju. Namun Borek juga bisa ditemukan dengan beragam isi. 
gambar / dailysabah.com
Bisa dibilang makanan ini termasuk istimewa. Konon dalam sejarahnya, roti ini berasal dari malaikat Jibril dan termasuk makanan tertua di Turki. Biasanya makanan ini disajikan pada saat-saat tertentu, namun juga bisa dengan mudah di temui di toko-toko dan restoran. 

8. Lokum

Bisa dibilang makanan satu ini sudah dikenal seantero dunia. Jeli manis khas Turki ini juga biasa dikenal dengan Turkish Delight. Bahannya adalah tepung dan gula, beberapa juga menggunakan madu. 
gambar / hurriyetdailynews.com

Ada beberapa varian rasa seperti lemon, air mawar, jeruk, mint, kayu manis dan lain sebagainya. Makanan ini disajikan dengan taburan gula bubuk dan pistachio.
Kalau anda punya minat membuka usaha manisan khas Turki dan Arab ini, bisa baca disini: Peluang Usaha Makanan Turki Lokum Atau Turkish Delight, Makanan khas Turki, Timur Tengah Arab

9. Kunefe

Makanan khas ini biasanya dijadikan makanan penutup. Terbuat dari dua lembar pastri dan terdapat keju di tengahnya. Cara masaknya adalah dipanggang, lalu disiram sirup gula dan diberi toping pistachio.
gambar / tripadvisor.com

Warna masakan yang kuning kecokelatan ini menggugah selera setiap orang yang melihatnya. Konon Kunefe berasal dari daerah Tenggara Turki dan makanan ini termasuk makanan lezat dalam jajaran kuliner Turki. 

10. Pide

Bisa dibilang Pide hampir mirip dengan Pizza, namun bentuknya oval mirip seperti perahu. Biasanya disajikan dengan porsi jumbo. Ada daging cincang dan keju yang meleleh sebagai toping roti. Namun ada juga varian toping seperti telur dan sosis.
gambar / sabah.com

Pide banyak ditemui saat bulan Ramadhan karena dijadikan sebagai makanan berbuka puasa. Namun anda dapat menemukan makanan ini di restoran-restoran di Turki.

11. Kumpir

Kumpir merupakan makanan yang terbuat dari kentang berukuran besar yang dipanggang. Setelah matang bagian tengahnya dibelah dan diisi dengan margarin dan keju.
gambar / wholefFoodrepublic.com

Biasanya dalam isian ditambah dengan aneka bahan lainnya seperti jagung manis, sosis, wortel, jamur dan saus. Masakan ini lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat.

12. Simit dan Pogaca

Keduanya adalah roti khas Turki. Simit berbentuk bulat dengan taburan wijen di atasnya, sedangkan Pogaca berbentuk bulat lonjong. Keduanya dibuat dengan cara dibakar. 

Meskipun keduanya berbeda, namun menurut penulis rasanya berdekatan. Bedanya di tekstur. Kalau simit cenderung alot maka pogaca tekturnya gembur. Simit dan Pogaca ini seringkali menjadi sarapan orang Turki dan dinikmati bersama the maupun kopi.

13. Dondurma

Dondurma adalah es krim Turki yang teksturnya sangat lengket. Penjual es krim ini biasanya melayani pembeli dengan permainan yang unik. Misalnya dengan memutar-mutar atau melakukan tipuan kepada pembelinya menggunakan es krim tersebut. 
gambar / istanbulonfood.com

Rasanya seperti es krim pada umumnya namun dengan tekstur yang lengket dan tidak mudah leleh. Biasanya banyak di jual pada saat musim panas namun pada tempat tertentu juga menjual pada saat musim dingin.



Powered by Blogger.