Halloween party ideas 2015


Jalan-jalan ke Turki rasanya kurang lengkap kalau tidak mencoba beragam minuman khas yang mengundang selera.

Tidak hanya memiliki sensasi berbeda dengan minuman khas negara lain, minuman khas Turki juga memberikan pengalaman menikmati cita rasa budaya dari negara Eropa Asia ini.

Selain kaya dengan pemandangan yang indah dan masakannya yang lezat, negara Turki juga ternyata memiliki minuman khas yang rasanya mantap jiwa. 

Minuman khas Turki ini wajib anda coba saat Anda berada di Turki. Minuman khas Turki ini memiliki rasa yang menakjubkan, dan sebagiannya tidak biasa bagi lidah orang Asia Timur.
Minuman Khas Turki Nikmat Yang Patut Dicoba

1. Minuman Unik Khas Turki, Salep

Jangan salah, salep ini bukan obat oles ya. Salep di sini adalah minuman khas Turki yang dibuat dari umbi bunga anggrek Orchis. Minuman ini dulunya dijadikan sebagai hidangan penutup pada kekaisaran Ottoman.
source: pxhere.com
Rasa minuman salep ini ada manis dan sedikit seperti rasa kayu manis. Teksturnya lembut dan lumer di mulut. Biasanya di atasnya ada taburan coklat.

2. Türk Kahvesi Alias Kopi Khas Turki

Kopi Turki dikenal memiliki citarasa yang gurih. Bagi pecinta kopi, harus mencoba kopi ini. Kopi ini biasanya disajikan dari sebuah teko dengan gagang panjang yang disebut dengan Cezve.
source: pixabay.com


Kopi ini dibuat dengan penggilingan yang disebut dengan kahve değirmeni. Terkadang minum kopi ini ditemani dengan semacam permen Turki.

3. Cay (Teh)

Konon teh seperti bagian kehidupan orang Turki yang tak terpisahkan. Hal ini cukup benar. Kita bisa menemui teh diminum di berbagai sudut Turki. Teh hangat yang disajikan dengan gula kotak.
source: pixabay.com
Tradisi minum teh di Turki biasanya dengan gelas yang bawahnya lebih menggembung. Bentuknya unik dan tehnya memang segar. Lebih nikmat diminum saat musim dingin. Teh bagi orang Turki tak sekedar minuman biasa, tapi sudah menjadi minuman nasional dimana satu orang bisa minum belasan gelas tiap harinya. Mau tahu ulasannya? Baca sini: Teh Turki, Minuman Nasional Negara Turki.

4. Ayran, Minuman Khas Turki Gurih Nikmat

Ayran adalah minuman khas yang sangat terkenal di Turki. Sekilas seperti susu berwarna putih. Minuman ini terbuat dari campuran air, yoghurt dan garam. Jika membeli Ayran dalam gelas terbuka akan ada semacam buih di atasnya.
Ayran cocok diminum setelah makan kebab
Bagi yang pertama kali minum Ayran biasanya merasakan sesuatu yang aneh karena rasanya tidak biasa. Kalau di Indonesia biasanya minuman yang digemari adalah manis dan segar, namun Ayran ini cenderung asam dan asin. Namun bagi yang sudah terbiasa minum Ayran akan ketagihan.

5. Ihlamur

Ihlamur cocok untuk kesehatan / hurriyetaile.com
Ihlamur adalah sebuah minuman khas Turki mirip teh yang dibuat dari bahan tanaman yang namanya ihlamur. Jika teh berwarna agak merah, ihlamur lebih berwarna kuning cerah.

Ihlamur bisa juga digunakan untuk obat flu. Khasiatnya pun juga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Ihlamur banyak ditemukan di beragam toko dan market besar di Turki.

7. BOZA

source: rafinera.com
Boza adalah minuman khas Turki yang dibuat dari buncis, kayu manis dan gula. Boza berwarna krem kekuningan dan biasanya diminum di musim dingin. Di musim panas bisa dibilang hampir tidak mungkin menemukan minuman ini. Boza dijual oleh penjual jalanan atau kafe di malam musim dingin.

8. Limonata, Minuman Khas Turki Segar Asam

yenikadin.com
Bagi pecinta lemon, Limonata Turki yang lembut bisa masuk menjadi daftar minuman yang harus dicoba. Limonata memiliki rasa yang lembut, manis dan berwarna kuning cerah.

Minuman ini dibuat dengan memasak lemon dan kulitnya. Limonata adalah salah satu minuman khas Turki yang memiliki citarasa segar dan paling populer di bulan-bulan musim panas.

9. Salgam Minuman Khas Turki Yang Segar Pedas

Salgam adalah minuman tradisional Turki yang terbuat dari lobak gelap dan wortel ungu. Bisa disajikan dingin dalam gelas besar dengan acar wortel ungu.

Salgam terutama disajikan dengan hidangan Kebab. Minuman ini memiliki warna merah atau ungu gelap dan rasa yang sangat kuat.
sumber gambar takvim.com
Bisa dibilang minuman ini adalah minuman unik karena ada jenis minuman salgam yang rasanya pedas seperti dicampur cabai.

10. Minuman Khas Turki Serbet

sumber gambar yemek.com
Jangan salah ya, serbet ini bukan lap meja. Tapi minuman khas Turki. Serbet disebut-sebut sebagai minuman ringan pertama di dunia. Serbet merupakan minuman dengan rasa buah yang manis, dingin, dalam berbagai rasa unik, seperti lemon, mawar, delima, dan asam. Serbet paling nikmat jika diminum selama hari-hari musim panas yang hangat.

11. Sira, Minuman Khas Turki Nikmat

Minuman Khas Turki Lezat Sira / sabah.com
Sira adalah minuman anggur atau jus apel yang sedikit difermentasi. Minuman sira ini adalah minuman dengan rasa yang manis karena tingginya jumlah fruktosa yang dikandungnya.

itulah beberapa Minuman Luar Biasa Khas Turki Yang Patut Untuk Dicoba


Powered by Blogger.