Halloween party ideas 2015


Halo semuanya Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar kawan sekalian semoga sehat selalu dan rejekinya lancaar aminn.

Kali ini saya hendak berbagi pengalaman dan tips bagimana belajar gampang cara membuat logo untuk para pemula. Mungkin saudara saudari ingin memulai karir di bidang desain terkhusus desain logo, dan belajar untuk membuat logo, tulisan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat logo untuk para pemula.
source: changeboard.com

Bagi pemula membuat logo atau belajar membuat logo itu tidaklah mudah. Ada banyak pertanyaan tentang bagaimana memulainya, bagaimana caranya dan lain sebagainya. Cara kali ini diperuntukan bagi anda yang masih baru belajar logo.

Mungkin agan aganwati sekalian sedang merintis usaha jadi desainer online, agan bisa membaca tips-tips berikut:
Cara Tips dan Trik Agar Mudah dan Cepat Menang Kontes di 99Designs

Cara Memilih Kontes Logo Online Yang Tepat Agar Bisa Menang Bagi Pemula

Pertamakali anda harus yakin bahwa semuanya melalui proses permulaan. Begitu pula para profesonal, mereka juga memulai karir dari nol. Belajar dan belajar hingga bisa. Dari sini saya punya tips bagi anda yang baru memulai belajar logo.

1. Belajar mengoperasikan software atau aplikasi membuat logo


Banyak sekali aplikasi atau software untuk membuat logo. Salah satu yang populer adalah Coreldraw dan Adobe Ilustrator. Ada cara yang lebih mudah yaitu membuat logo melalui online yang tinggal klik sana sini langsung jadi tapi saya tidak menyarankan ini. Anda sedang belajar membuat logo, bukan belajar merangkai.
Kedua software di atas mana yang dipilih? Menurut pengalaman pribadi, Coreldraw itu lebih mudah dioperasikan. Saya belajar dulu lebih gampang daripada Adobe Ilustrator. Namun sebenarnya menurut penilaian pribadi, hasil dari Adobe Ilustrator meskipun sama-sama vector tapi hasilnya lebih kinclong Adobe Ilustrator. Anda bisa memulai dengan belajar melalui dua aplikasi itu. Belajarlah cara sederhana dengan membuat lingkaran, memberi warna, membuat tulisan, membesarkan, mengecilkan gambar dan hal-hal ringan lainnya.

2. Belajar Membuat logo yang sudah ada

Cara belajar termudah adalah dengan meniru. Ya meniru apapun belajarnya. Termasuk belajar membuat logo. Cara sederhananya adalah latihan membuat logo yang sudah ada. Caranya adalah cari logo yang paling mudah ditiru. Misalnya logo di bawah ini.

Kenapa saya bilang mudah, karena bentuknya kotak-kotak sederhana. Coba bentuklah kotak-kotak dengan menu yang telah disediakan di software. Coba samakan logo anda dengan logo yang dicopy. Pada tahap ini jangan terlalu mengembangkan kreativitas dulu. Yang penting bisa menguasai teknik desain pada software dulu. Terus dan terus coba desain banyak logo hingga kita mengetahui cara dan teknik dalam menggunakan software. Setelah itu kita bisa siap untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

3. Mulai Belajar membuat konsep desain


Setelah mahir mengoperasikan software, kita bisa memulai untuk membuat konsep desain sendiri. Misalnya kita ingin membuat logo perusahaan jual rumah, maka kita bisa membuat icon dengan kata kunci rumah dan jual. Akhirnya ketemua icon rumah dan icon jual yang bisa berbentuk label jual. Lalu kita padukan keduanya sesuai dengan kreativitas kita. Kita terapkan cara yang sama untuk logo lain.
source: icons8.com

Misalnya logo cuci mobil. Ada dua kata di situ, yaitu cuci dan mobil. Kita bayangkan ada icon mobil dengan icon cuci yang bisa diwakili dengan air dan busa. Lalu coba kita terapkan sesuai dengan kreativitas kita. Begitulah cara sederhananya dan silahkan kembangkan sendiri bereksperimen sendiri.

Cara di atas bisa anda pilih, yaitu dengan meletakkannya atau menerapkannya langsung di desain software. Ada cara lagi bagi anda untuk belajar logo sebagai pemula, yaitu menggambarkannya di kertas. Coba gambarlah icon yang kemungkinan bisa menjadi logo. Tak perlu bagus-bagus dulu yang penting kita bisa menemukan cara belajar yang sesuai dengan pribadi kita. Lalu kita gambar dan kita terapkan di komputer.

Anda merlukan beberapa hal penting di bawah ini untuk anda ingat.

1. Motivasi

Apa motivasi anda dalam belajar membuat logo ini? Temukan itu, misalnya ingin berkarir di dunia internet karena banyak sekali dolar yang menunggu di banyak kompetisi online. Hal ini bisa memberikan semangat untuk belajar tanpa mengenal lelah.

2. Kesabaran

Bagi sebagaian orang belajar bisa jadi perkara yang sulit. Ada juga yang mudah belajar. Dalam belajar dan dalam hal apapun kesabaran adalah penting. Jika sudah buntu saat belajar logo, cobalah rehat sejenak dan coba lagi nanti. Ingat dalam mendesain kita perlu suasana dan fikiran yang fresh. Kalau sudah mahir bagaimana pun suasananya bisa jadi tak akan menjadi halangan.

3. Tidak Menyerah

Kelanjutan dari kesabaran. Jangan menyerah. Apa yang anda rasakan pun juga dirasakan oleh orang lain. Orang yang sukses pun juga mengalami kendala-kendala, namun mereka tidak menyerah. Orang gagal itu biasanya tidak sabar, tidak tahan uji, sehingga menyerah dalam menghadapi masalah. Anda bisa memilih untuk menjadi orang sabar tahan uji atau orang yang menyerah dan gagal.

4. Belajar menemukan kreativitas

Hal yang penting sebagai desainer adalah kreativitas. Temukan kreativitas diri dengan belajar mandiri dalam mengembangkan kesukaan dalam diri sendiri. Awalnya bisa dengan melihat desain lain namun terus berupaya mencari keunikan dalam desain kita sendiri. Jika kita terus menerus mengcopy desain lain maka kita tidak akan bisa menemukan jalan kreativitas dalam diri sendiri.

Mungkin cukup sekian tentang cara membuat logo untuk para pemula. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Kalau ada pengalaman silahkan bagi-bagi juga. Sampai ketemu dikesempatan lain.


Powered by Blogger.