Halloween party ideas 2015


Halo semuanya gimana kabarnya semoga baik saja dan rejeki lancar ibadah lancar. Kali ini saya hendak berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara memilih kontes logo online yang tepat agar bisa menang bagi pemula. Cara ini kebanyakan saya praktekkan untuk kontes di 99designs. Namun beberapa cara ini juga bisa dipraktekkan untuk kompetisi logo yang lain.
source: Stellinadiving.com

Mungkin bagi pendatang baru yang baru memulai karir di bidang desain online ini merasa jenuh karena jarang atau bahkan belum memenangkan sama sekali kontes. Hal ini pun juga saya alami sekitar 7 tahun yang lalu saat awal-awal ikut dalam kontes desain. Wajar kalau jarang menang atau sulit menang karena kita perlu pengalaman dan nasehat yang lebih banyak. Kalau saudara saudari sampai di tulisan ini berarti anda masih punya semangat dan niat yang baik untuk memperbaiki diri. Artinya anda adalah calon pribadi yang sukses kelak, amin.

Agan Aganwati juga bisa membaca tentang Cara Tips dan Trik Agar Mudah dan Cepat Menang Kontes di 99Designs disini.
Cara Tips dan Trik Agar Mudah dan Cepat Menang Kontes di 99Designs disini.

Bisa jadi salah satu masalah kenapa jarang sekali menang atau sulit menang itu adalah karena keliru saat memutuskan dalam memilih kontes. Saya dulu sering mengalami hal ini, saat sudah masuk kontes ternyata kita berhenti dan kehilangan ide dan semangat karena tak seindah yang kita bayangkan. Oleh karenanya saya akan menjabarkan tentang bagaimana cara memilih kontes logo online yang tepat agar bisa menang bagi pemula.

Sebelum memutuskan untuk masuk ke dalam kontes, kita butuh untuk memastikan apakah kontes tersebut sesuai dengan passion dan perhitungan kita atau tidak. Ingat banyak sekali jenis perusahaan yang memiliki kriteria spesifik yang berbeda. Kalau salah memilih maka bisa jadi muncul beberapa hal berikut:

1. Ide Berhenti

Kehabisan ide di tengah kontes pasti membuat kita pusing. Sudah kita coba untuk mencari inspirasi dengan teknik paduan kata, simbol, mencoba melirik desain lainnya pun juga tak membuahkan hasil. Akhirnya kita terhenti mendesain karena kesulitan mencari konsep.

2. Tidak Bisa Mewujudkan Desain

Ketika kita terburu-buru masuk kontes tanpa perenungan dulu bisa jadi kita kesulitan dalam mendesain dan berhenti untuk mendesain. Bukan karena tidak ada ide, tapi karena kita belum punya kemampuan untuk itu. Misalnya konsep logo yang sulit yaitu icon realistis atau konsep vintage. Kita bisa jadi banyak ide tapi kita tidak punya kemampuan untuk eksekusi, maka sama saja kita tidak akan pernah memenangkan kontes itu.

3. Buang waktu dan Kuota Kesempatan Slot

Selanjutnya yang terjadi adalah kita hanya buang-buang tenaga, waktu, slot kesempatan kontes, hingga kita menjadi pecundang yang sering kalah hehe, karena jumlah kontes yang kita ikuti sangat banyak tapi tak ada yang pecah telor, kasihan banget. Lama-lama kalau begini terus bukannya untung malah dapat surat suspend lagi, buat akun lagi dan suspend lagi, kapan cairnya heheh. Ingat listrik bayar internet bayar juga.

4. Desain Amburadul

Karena sudah terlanjur masuk tanpa perhitungan dan kita lanjut terus, akhirnya desain yang dihasilkannya pun kurang bagus, jelek, tidak sesuai dengan kriteria CH. Tapi kita tetap positif thinking dan pasti bisa, namun akhirnya kita tak dapat rating hingga akhirnya petugas 99designs tahu desain kita yang semakin ngawur hingga akhirnya dengan senang hati melayangkan surat talak kepada kita, wkkwkkwwkkw. Ingat gan, semua yang kayak gini bisa jadi candu buat kita tanpa kita sadar.
Disinilah perlunya mengetahui bagaimana cara memilih kontes logo online yang tepat agar bisa menang bagi pemula.

Oke Langsung saja berikut cara untuk memilih kontes logo yang tepat:

1. Pilih Kontes Yang Sesuai Dengan Passion Atau Kesenangan

Agan-agan perlu banyak berlatih untuk bisa mendapatkan passion jenis logo mana yang lebih kita minati. Jika belum punya rasa ini, agan bisa terus berlatih sembari mengikuti logo. Menurut saya, agan harus lebih banyak berlatih dulu daripada ikut kontes, karena kontes tidak tepat untuk digunakan sebagai bahan latihan.
source: wilsonalvarez.com

Jika sudah ketemu dengan passion ini, agan bakalan punya firasat yang mengatakan kepada agan kalau ikut kontes A agan bakalan menang. Pertanyaannya bagaimana cara mengetahui passion kita atau darimana passion itu datang? Menurut pengalaman saya sendiri, passion itu datang setelah berlatih membuat banyak logo. Dimana kita akan menemukan kesukaan terhadap logo bertemakan bisnis, bangunan, sewa, jual beli dll. Selain itu passion itu datang ketika saya memenangkan beberapa logo dengan tema yang sama. İni menurut pengalaman saya.

Misalnya saya contohkan saya sendiri lebih punya passion di bidang logo traveling atau tempat wisata.  Kenapa? Karena beberapa kali ikut lomba kebanyakan yang berbau traveling itu sering menang, atau hampir sering menang dalam arti sering sampai final. Contoh yang bukan passion saya adalah tentang logo yang berkaitan dengan perusahaan fashion perempuan, toko online perempuan, sport atau fitness. Mengapa saya tidak punya minat pada konsep-konsep tersebut? Ya karena saya tidak suka, juga kalau saya ikut sering sekali kalah. Tidak punya passion pada satu konsep bukan berarti tidak bisa mendesainnya. Bisa tapi tidak punya minat sehingga tidak bisa menjiwai. Kalau tidak bisa menjiwai bisa dipastikan inspirasi juga bakalan buntu.

2. Pilih Kontes Sesuai Kemampuan

Ada tingkatan kerumitan dalam logo. Misalnya yang tingkat sederhana menurut bahasa saya adalah yang lebih ke icon sederhana. Tapi kalau sudah ke icon yang realistis atau icon yang berupa hewan seperti kartun dengan tingkat yang kompleks maka saya tahu saya tidak akan bisa. Saya tahu kalau harus segera mencari kontes lain kalau sudah melihat kontes dengan model-model tersebut.

Contoh lain, desain vintage, saya sadar kemampuan saya tidak bagus di model vintage ini sehingga saya hanya melihat brief dan contoh desain kalau desainnya bisa dilihat. Saya masih belajar untuk vintage ini dan pasti tidak akan saya masuki karena buang-buang waktu. Jadi intinya untuk Memilih Kontes Logo Online Yang Tepat Agar Bisa Menang Bagi Pemula caranya adalah dengan menyesuaikan kontes sesuai keahlian kita. Belum ahli? Belajar lagi saja mas mbak.

3. Lihat Briefnya

Pahami dengan seksama dan dalam tempo yang diperlukan tentang brief kontes. Lihat baca pahami apa yang diinginkan oleh CH. Seringkali saya melihat CH tidak puas dengan desain yang disubmit karena tidak ada yang sesuai dengan brief. Bahkan mungkin desainer tidak paham dengan briefnya. Jadi baca brief itu penting, temukan poinnya, catat dalam pikiran kira-kira ini sesuai passion atau tidak, kira-kira inspirasinya ada atau tidak. Kalau sudah yakin, bisa jadi kita cocok dengan kontes tersebut.

4. Lihat Dulu Desainer dan Desain-nya

Sebelum masuk kontes, hal lain yang patut kita lihat adalah desainer dan hasil desain. Bisa jadi desainernya sudah penuh sehingga kemungkinan menang jadi sedikit. Atau bisa jadi CH sudah memberikan rating tinggi pada salah satu desain, padahal ada banyak desain di sana. Pengalaman saya pribadi kalau ketemu kontes dimana tinggal 1 hari dan CH sudah memberi rating tinggi pada salah satu desainer dan tidak memberi rating pada desainer yang lain, saya berkeyakinan kalau CH sudah dapat logo yang cocok. Artinya saya buang waktu dan tenaga kalau masuk kontes itu.
Artinya, pilih kontes yang sedikit pesaing atau desainernya. Sekiranya CH belum punya keputusan. Okelah kalau sudah ramai tapi yakin punya peluang karena punya konsep yang bagus bisa ikutan masuk gan.
kalau kontesnya sudah ramai aku mending menyerah gan

5. Pilih Kontes Yang Non Guaranted?

Ada mungkin yang berpikiran kalau memilih kontes non guaranted peluang untuk menang semakin besar karena desainer kurang semangat untuk masuk hingga saingannya kecil. Bisa jadi benar bisa jadi ndak benar. Namun pengalaman saya, saya memang lebih suka masuk kontes guaranteed karena jaminan menang. Dan disana desainer-desainer handal juga berkecimpung. Namun tak ada salahnya juga bagi pemula untuk memilih baik guaranteed maupun non guaranteed. Yang terpenting adalah dahulukan poin-poin di ataş.
Mungkin cukup sekian untuk tips kali ini, lain kali saya akan menulis artikel yang lain mengenai 99designs ini.


Powered by Blogger.