Halloween party ideas 2015


Halo semuanya gimana kabarnya ? Semoga sehat selalu dan rejekinya lancar. Kali ini saya hendak berbagi pengalaman mengenai. Teknik dan cara ini saya pelajari dari pengalaman selama membuat logo untuk ikut kompetisi desain.
source: kaskertaxation.com

Adapun teknik dan cara membuat desain logo yang baik dan benar yang perlu kita perhatikan di antaranya adalah:

1. Sesuaikan Dengan Perusahaan, organisasi, atau apapun yang akan direpresentasikan oleh Logo.

Sebelum membuat, pelajari secara mendalam mengenai perusahaan, organisasi, lembaga, komunitas dimana mereka meminta logo pada kita. Teliti mereka bekerja dibidang adap? SIfatnya seperti apa? Suasananya seperti apa? Dan seluk beluk lainnya. Hal ini penting untuk mencari inspirasi ikon, warna atau pun bentuk apa yang akan kita gunakan dalam logo nantinya.

Dengan mengetahui seluk beluk pihak yang menginginkan logo kita akan bisa menentukan jenis logo bagaimana yang cocok untuk mereka. Kita juga bisa memahami selera logo yang mereka inginkan. Mungkin saat kita ikut lomba kita mendapati desain yang menurut kita tidak sesuai dan kurang bagus tapi malah dipilih sebagai pemenang . Bisa jadi desainer yang menang itu telah mempelajari lebih lanjut tentang seluk beluk perusahaan atau pihak yang menginginkan logo.

Saya sendiri sebelum masuk kontes dan membuat logo, biasanya akan mencari informasi lebih lanjut mengenai pihak yang menginginkan logo. Caranya bisa dengan hal-hal berikut:

a. Memahami brief dengan baik. 

Baca semua informasi tentang perusahaan, pahami maksudnya. Di brief sebenarnya biasanya sudah memuat informasi cukup mengenai seluk beluk klien. Biasanya  di dalam  brief sudah disebutkan mengenai seluk beluk perusahaan, bergerak di bidang apa, kliennya usia kisaran usia berapa, dan lain-lain. Disana  juga disebutkan bagaimana sifat logo yang diinginkan, apakah cenderung ke feminine, maskulin, klasik, modern, dan lain sebagainya. Juga klien biasanya akan mencantumkan gambar atau ikon yang mereka inginkan.

b. Kalau di brief tidak cukup informasi

Kalau tidak cukup saat membaca brief, kita bisa mengontak penyelenggara kontes untuk menanyakan lebih lanjut secara rinci. Silahkan kirim pesan ke penyelenggara kontes atau CH dan silahkan minta keterangan mengenai hal-hal yang belum jelas.

c. Kunjungi websitenya

Kunjungi website klien kalau ada. Dengan melihat website seringkali kita akan mendapatkan inspirasi mengenai warna logo, bentuk logo dan jenis logo. Karena sering juga klien akan meminta logo dimana logo itu akan dipasang di website. Jadi kita bisa membuat logo yang serasi dengan website yang ada.

d. Perhatikan produk atau jasanya

Lihat hasil produk atau jasa klien. Kita bisa mencari keharmonisan logo dengan cara  melihat produk atau jasa yang disediakan oleh klien. Kalau klien tidak menjelaskan silahkan Tanya dan cari informasi melalui internet.

Menurut pengalaman priadi, ketika keempat cara di atas sudah dilakukan kita akan mendapatkan informasi yang cukup mengenai logo apa yang harus kita buat.

2. Buat Logo Dengan Bentuk Paling  Simpel

Logo adalah ikon yang bisa merepresentasikan sebuah lembaga, perusahaan atau komunitas dengan satu gambar. Sifat gambar ini harus simpel namun kuat dan penuh makna. Orang sekali melihat akan ingat. Orang sekali lihat bisa tahu perusahaan itu bentuknya semacam apa dan bergerak di bidang apa. Logo yang bagus adalah logo yang simpel sederhana namun punya pesan kuat yang seakan berbicara kepada orang yang melihatnya.

Yang saya maksud dengan sederhana dan simple disini pun tergantung dengan jenis perusahaan, lembaga maupun komunitas. Karena memang kita ketahui bersama bahwa ada beberapa perusahaan yang memang lebih bagus dan cocok jika menggunakan logo yang bersifat ramai.

Dalam sejarahnya, logo yang simpel dan sederhana itu lebih tahan lama menembus batas zaman. Lihat saja logo Samsung, apple, google, facebook, twitter, dan lain-lain. Logo mereka simple sehingga bisa diterapkan di berbagai media.

3. Buat Logo Yang Bisa Bertahan Lama

Logo yang bagus adalah logo yang awet dan bisa bertahan lama. Meskipun zaman sudah berubah tren sudah berubah namun logo tetap bisa sesuai dan cocok dengan perusahaan. Karena logo yang tidak bisa bertahan lama inilah perusahaa maupun lembaga tertentu berusaha mencari logo yang bagus, sesuai dengan perusahaan, juga bisa bertahan lama. Karena berganti logo bagi sebuah perusahaan, apalagi peusahaan yang besar merupakan hal yang tidak bisa dipandang sepele. Logo merupakan cara ampuh agar klien atau pelanggan perusahaan bisa mengingat perusahaan tersebut.

Hal yang sulit bagi desainer dalam mendesain logo adalah bagaimana agar bisa menciptakan logo yang bisa bertahan lama ini.Salah satu kunci agar logo bisa bertahan lama adalah dengan membuatnya secara simpel.

4. Memiliki Makna dan Filosofi

Cara dan Teknik Membuat Desain Logo yang Baik dan Benar berikutnya dan termasuk yang paling penting adalah pikirkan mengenai makna dan filosofi logo. Kunci logo yang bagus adalah logo yang memuat pesan-pesan tertentu dan makna-makna tertentu sesuai visi dan misi perusahaan. Logo itu bagaikan sebuah tanda sederhana namun memuat pesan yang berbicara kepada orang yang melihatnya. Logo tanpa makna sama saja dengan menulis surat tanpa memuat pesan yang ingin disampaikan.

5. Logo Bisa Ditempatkan di Beragam Media

Logo yang bagus salah satu cirinya adalah bisa diaplikasikan di beragam media, misalnya di website, facebook, sebagai banner, di pasang di baju, topi, mobil, stiker, surat, maupun media apapun yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan. Tak jarang CH menginginkan kita untuk mletakkan logo menjadi gambar profil facebook, website, maupun media lainnya untuk mengetes kecocokan logo. Juga logo bisa diaplikasikan dengan backround yang berbeda warnanya. Walhasil desainer seringkali mensubmit logo dengan memberikan variasi warna yang berbeda.

Mungkin sekian untuk informasi mengenai Cara dan Teknik Membuat Desain Logo yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat.


Powered by Blogger.