Halloween party ideas 2015


source: ssha.info
Halo saudara saudari semuanya, gimana kabarnya semoga sehat saja. Kali ini saya hendak membahas tentang kode etik atau peraturan yang harus dipenuhi oleh para desainer saat berpartisipasi dalam kontes di 99designs. Kode etik ini penting dipahami karena kalau kita melanggar aturan ini, bisa jadi akun kita akan di hold atau ditahan, maupun di suspended atau diberhentikan selamanya.

Mungkin agan agan sudah tahu kalau 99designs sekarang lebih ketat tak seperti dahulu. Banyak desainer mendapatkan surat cerai sepihak karena melanggar kebijakan dan aturan. Dari situ kita perlu memahami secara detail agar kita menjadi desainer yang baik sehingga bisa punya karir lancar di 99designs. Kode etik ini biasanya juga berlaku di kontes desain yang lain karna sifatnya yang umum.

Designer Code of Conduct

1. Respect the 99designs community


99designs is a large, global community that brings together lots of different people. There are bound to be disagreements, but when we disagree, the most important thing is to treat each other with respect.

To help guide your participation in the 99designs community, we have assembled a simple code of conduct. Failure to respect the community and comply with the code will result in disciplinary action such as account suspension or termination.


Kode Etik Desainer

1. Hormati komunitas 99designs

99designs adalah komunitas global skala besar yang menyatukan banyak orang yang berbeda. Pasti ada perselisihan, tetapi ketika kita tidak setuju, yang paling penting adalah memperlakukan satu sama lain dengan hormat.
Untuk membantu memandu partisipasi Anda dalam komunitas desain, kami telah menyusun kode etik sederhana. Kegagalan untuk menghormati komunitas dan mematuhi kode akan menghasilkan tindakan pendisiplinan seperti penangguhan atau penghentian akun.

Pada poin ini dijelaskan bahwa 99design merupakan komunitas yang besar dan terdiri dari banyak orang yang memiliki latarbelakang berbeda. Perbedaan tersebut tentu seringkali memicu adanya perselisihan. Munculnya perselisihan teresbut hendaknya tidak membuat desainer dan klien untuk tetap menjaga etika berupa menghormati sesama anggota.

2. Respect all community members

That’s right – respect is rule #1! Negative, aggressive or offensive behavior in public or in private directed towards clients or other designers will not be tolerated. If you need to report a community member for inappropriate behavior or breaking the Designer Code of Conduct please do so by contacting support. 

2. Hormati semua anggota komunitas

Itu benar - rasa hormat adalah aturan nomor 1! Perilaku negatif, agresif atau ofensif di depan umum atau pribadi yang ditujukan kepada klien atau desainer lain tidak akan ditoleransi. Jika Anda perlu melaporkan anggota komunitas untuk perilaku yang tidak pantas atau melanggar Kode Etik Desainer, silakan lakukan itu dengan menghubungi dukungan.

Nah pada poin ini sudah menunjukkan kejelasan mengenai bagaimana cara menangani perselisihan. Caranya adalah dengan melaporkan segala bentuk perselisihan atau kesalahpahaman yang mungkin saja muncul pada jalur yang sudah diatur, yaitu dengan menghubungi dukungan atau pusat bantuan. Tidak diperkenankan menggunakan kata-kata kasar, negatif kepada siapapun. Misanya kalau kita mengetahui ada desainer yang mencuri konsep atau mengcopy logo kita tidak diperkenankan untuk memaki dengan kata kasar. Kita harusnya menghubungi staf yang berwenang untuk penyelesaian.


3. Do original work

Copying designs in total or in part from other sources within or outside of the 99designs community will not be tolerated. Stock images need to be declared so that the client has the opportunity to purchase the proper licensing to use the stock image if your design is selected as the winner. Do not use any Stock imagery in Logo or Illustration contests. Please see our Concept Originality Policy and our Stock Image and Clip Art Policy for more information.

3. Kerjakan Sesuatu Yang Original

Menyalin desain secara total atau sebagian dari sumber lain di dalam atau di luar komunitas desain tidak akan ditoleransi. Gambar stok harus dijelaskan agar klien memiliki kesempatan untuk membeli lisensi yang tepat untuk menggunakan gambar stok jika desain Anda dipilih sebagai pemenang. Jangan menggunakan gambar Stock dalam kontes Logo atau Ilustrasi. Silakan lihat Konsep Kebijakan Orisinalitas kami dan Kebijakan Stock Image dan Clip Art kami untuk informasi lebih lanjut.

Dalam hal ini kita diwajibkan untuk mengirimkan logo yang benar-benar original dari kita. Bukan hanya kita yang membuatnya, melainkan ide visualnya benar-benar hasil kreasi dari kita, bukan hasil mengcopy secara keseluruhan atau sebagian dari sumber lain darimanapun asalnya. Hal ini sangat diperhatikan di 99designs. Apakah boleh menggunakan stok gambar? Jawabannya boleh namun dengan catatan tertentu dan yang pasti kalau pakai gambar stok harus disebutkan di deskripsi. Jika hendak menggunakan gambar stok maka harus mengikuti kebijakan mengenai penggunaan gambar stok dalam desain.

4. Be honest and compete fairly

Do not misrepresent yourself or others in public or in private. Never attempt to influence the client by criticizing other designers or their work, complaining to the client regarding their decisions, offering to do free and additional work outside the scope of a contest, or by propositioning the client to cancel their contest and work directly with you instead.

4. Jujur dan Bersainglah Dengan Adil

Jangan salah menggambarkan diri sendiri atau orang lain di depan umum atau secara pribadi. Jangan pernah mencoba untuk mempengaruhi klien dengan mengkritik desainer lain atau pekerjaan mereka, mengeluh kepada klien mengenai keputusan mereka, menawarkan untuk melakukan pekerjaan bebas dan tambahan di luar lingkup kontes, atau dengan mengusulkan klien untuk membatalkan kontes mereka dan bekerja secara langsung dengan Anda sebagai gantinya.


Disini jelas. Desainer haruslah bekerja secara profesional dengan memberikan desain yang berkualitas sesuai impian penyelenggara kontes. Tidak diperbolehkan mempengarui CH dengan cara mengkritk desainer lain. Dilarang mengeluh kepada klien mengenai keputusan mereka. Misalnya klien memutuskan untuk mengambil desain yang menurut kita kualitasnya buruk maka kita harus menghormati keputusan itu karena mereka punya hak untuk memutuskan logo mana yang cocok untuk mereka.


Pernah dalam kasus ini saya memenangkan logo dan mendapatkan protes. Katanya logo saya kualitasnya buruk namun dimenangkan oleh CH dan logo saya dilaporkan oleh desainer dalam kontes tersebut. Staf 99designs pun menjawab yang intinya bahwa hal itu sudah menjadi wewenang CH. Karena desain yang kita buat, bagus atau tidaknya menurut kebutuhan klien, yang tahu ya klien nya itu.


I will not:
  • submit designs that I copied in total or in part from someone/somewhere else
  • publicly or privately criticize or attack designers, clients or 99designs staff
  • open multiple accounts
  • engage in fraud.

I will:
  • respect the community and the code of conduct
  • submit only original work
  • use the proper channels to report inappropriate behavior.

Saya tidak akan:
  • mengirimkan desain yang saya salin secara total atau sebagian dari seseorang / tempat lain
  • mengkritik secara terbuka atau pribadi atau menyerang desainer, klien, atau staf desain
  • buka banyak akun
  • terlibat dalam penipuan.

Saya akan:
  • menghormati komunitas dan kode etik
  • kirimkan hanya karya asli
  • gunakan saluran yang tepat untuk melaporkan perilaku yang tidak pantas.

Di dalam poin ini jelas, bahwa mengcopy desain lain itu adalah pelanggaran berat karena memang ada hak cipta di sana. Otomatis kita harus mengirimkan karya asli buatan kita dan berasal dari kreativitas kita. Jika ada perselishan apapu bentuknya kita harus tetap menjaga etika dengan menggunakan pemecahan yang sudah disediakan oleh 99designs di bagian bantuan.


Powered by Blogger.