Halloween party ideas 2015


Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh seorang guru saat mengajar adalah adanya murid atau anak didik yang menganggap mata pelajaran anda itu sulit.

Contoh saja yang populer adalah semisal mata pelajaran Fisika, Matematika, Bahasa Inggris Kimia, dan lain-lain. Bisa jadi masalah ini adalah masalah umum, dan pasti ada saja anak yang tidak suka sekaligus merasa kesulitan terhadap pelajaran atau materi tertentu.
Cara Mengatasi Menasehati Murid atau Anak Didik Anda yang Menganggap Mata Pelajaran Anda Sulit / BlockedtoBrilliant.com
Masalah ini cukup serius karena jika anda tidak mengatasinya, bisa jadi murid akan menjadi antipati sekaligus menghindari mata pelajaran tersebut.

Proses belajar pun tidak efektif dan murid pun menutup diri sepenuhnya untuk mengikuti mata pelajaran tersebut. Dari sini bisa muncul kenakalan lain misalnya membolos mata pelajaran.

Jika anda menemui masalah seperti ini, berikut adalah cara untuk mengatasi dan Menasehati Murid atau Anak Didik Anda yang Menganggap Mata Pelajaran Anda Sulit.

Namun sebelumnya, saya menyarankan pada anda untuk intropeksi diri dahulu apakah anda sudah mengajar dengan metode yang mudah hingga bisa dicerna murid secara mudah. Juga anda perlu mempelajari lebih lanjut latarbelakang murid tersebut.

Tanamkan Pemahaman bahwa Mata Pelajaran Yang Anda Ajarkan adalah Mudah dan Tidak Sulit

Seringkali anak atau murid menganggap materi pelajaran tertentu adalah sulit, padahal belum mempelajarinya. Ini bisa dipengaruhi karena pemahaman dari mulut ke mulut.

Misalnya anak mendengar bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, maka murid yang mendengar ini pun tanpa sadar akan terpengaruh di alam bawah sadarnya.

Anggapan sulit terhadap suatu mata pelajaran ini pun akhirnya membuat sel-sel dalam otak mengondisikan tubuh atau memberi sinyal kepada tubuh bahwa mata pelajaran itu memang sulit. Rasa percaya diri murid pun menjadi hilang.

Oleh karenanya, cara mengatasi atau menasehati murid yang benar adalah dengan menanamkan dalam benak murid bahwa pelajaran A atau materi A itu mudah. Tak sesulit yang dibayangkan oleh siswa.

Dengan demikian, semua sel dalam otak akan mempengaruhi tubuh siswa dan membuat pemahaman  bahwa mata pelajaran itu memang mudah.

Tidak seperti yang dibayangkan oleh siswa atau murid. Jika guru bisa melakukan langkah ini maka anak akan punya keyakinan. Dan keyakinan seperti ini membuat anak bisa menguasai materi dengan lebih baik.

Langkah Penting

Sebelum memulai pelajaran, buatlah kelas terkondisikan, lalu pengaruhi murid dengan pemahaman bahwa mata pelajaran anda memang mudah.

Anda bisa memberikan contoh menyelesaikan masalah dalam mata pelajaran anda dengan cara yang mudah sehingga para murid pun percaya. Kunci terpenting dalam memberikan  nasehat ini adalah bukti bahwa materi tersebut memang mudah.

Jadi anda bisa mencari metode penyampaian atau metode pembelajaran yang paling mudah sehingga murid pun merasa materi tersebut memang mudah tanpa beban.

Selanjutnya, jangan pernah lelah untuk terus menasehat anak didik dan murid anda. Bisa jadi anda harus mencobanya berulang kali karena nyatanya bisa jadi akan sangat sulit untuk merubah anggapan murid mengenai mata pelajaran tersebut. Anda perlu menasehati murid secara kontinu berulang-ulang.

Ajak Murid Agar Jangan Anti terhadap Mata Pelajaran yang Dirasa Sulit

Cara selanjutnya untuk mengatasi atau menasehati murid yang Menganggap Mata Pelajaran Anda Sulit adalah ajak agar murid tidak anti terhadap mata pelajaran.

Rasa antipati atau tidak suka pada suatu mata pelajaran itu sama saja menutup diri untuk berusaha menguasai mata pelajaran tersebut.

Sebaik apapun dan sehebat apapun guru mengajar, murid tidak akan memiliki kemampuan menyerap pelajaran.

Kalaupun murid hadir di kelas itu pun pelajaran hanya akan masuk lewat telinga kanan dan keluar telinga kiri. Dengan kata lain, pelajaran jadi percuma.

Karenanya, cara agar murid menganggap mata pelajaran itu mudah adalah dengan menasehati dan mengajak anak didik untuk menyukai mata pelajaran tersebut.

Caranya adalah dengan menanamkan pemikiran agar tidak anti terhadap pelajaran yang dirasa sulit. Permudahlah metode belajar agar anak menyukai pelajaran anda.

Permudah Murid Dalam Belajar

Misalnya dalam pelajaran fisika atau matematika, permudahkanlah pada anak yang sulit belajar untuk tidak Menghafal Rumus yang bisa mempersulit belajar. Tekankanlah pada pemahaman konsep dan penyelesaian masalah.

Bisa jadi rumus itu lebih mudah diingat dengan membuat mindmap.

Bangkitkan Keberanian Bertanya Pada Murid

Tekankan pada murid jangan malu bertanya jika mengalami kesulitan saat belajar. Doronglah anak untuk tidak malu bertanya jika ada sesuatu yang belum jelas pada materi pelajaran.

Murid yang malu bertanya akan menjadikannya tertinggal dalam memahami pelajaran atau konsep. Dan bahayanya lagi adalah jika ia terlambat satu konsep jelas  murid tidak bisa melanjutkan ke konsep selanjutnya.

Nasehati dan Dorong Murid Agar Tak Takut Mencoba dan Tidak Takut Salah

Dalam belajar seorang murid sangat wajar bahkan sudah seharusnya melakukan kesalahan, karena salah adalah bukti bahwa murid telah mencoba.

Rasa tak takut mencoba dan tak takut salah dalam mengerjakan tugas sangatlah penting karena kesalahan sangatlah wajar dalam belajar.

Dengan tidak takut mencoba maka murid akan berusaha untuk mencoba dan mencoba lagi materi pelajaran yang dirasa sulit.

Ajak Murid dan Nasehati Mereka Untuk Sering Berlatih

Tak ada yang tak mungkin jika sesuatu dikerjakan secara terus-menerus.

Salah satu cara mengatasi murid yang menganggap mata pelajaran sulit adalah dengan memberikan perhatian lebih kepadanya untuk mengajakanya sering berlatih.

Jika murid mengalami keberhasilan, maka ia akan menemukan rasa percaya diri dan menganggap memang materi pelajaran tersebut memang mudah. 


Powered by Blogger.