Halloween party ideas 2015


Turki selain memiliki tempat-tempat ternyata juga banyak sekali tempat-tempat indah untuk hiburan anak. Salah satunya adalah di depan sebuah bank pusat di kota Konya Turki yang ada di tengah-tengah kota. Hari ini kita sekeluarga berkesempatan untuk jalan-jalan. Salah satu tujuannya adalah ke pasar daerah yang tempatnya berada di pelosok pusat kota Konya. Namun sebelum kesana kita melewati kantor bank pusat yang di depannya banyak sekali burung merpati.
Di Turki burung merpati banyak sekali bertebaran di beberapa tempat. Salah satunya adalah tempat yang kami tuju ini. Memang orang-orang Turki tidak seperti orang Indonesia dimana di Indonesia banyak ditemui orang yang menyukai memelihara burung. Akhirnya burung-burung pun diburu dan dijadikan jualan maupun hewan peliharaan.
Di Turki sepertinya lebih tertarik memelihara kucing atau anjing. Sehingga di beberapa tempat mudah sekali ditemukan burung-burung yang terbilang bagus. Tidak hanya burung gereja, burung warna-warni yang tak tahu namanya dan burung gagak seringkali saya temui. Kalau di Indonesia mungkin sudah jadi rebutan.

Burung merpati pun juga liar disini. Mungkin orang Turki juga tak terlalu tertarik dengan daging burung merpati sehingga burung ini populasinya membludak. Salah satu pusat burung merpati adalah di tempat yang kami datangi ini.

Bahkan saya juga menemukan ada asosiasi pecinta burung merpati di kota ini. Artinya ada komunitas pecinta burung merpati juga yang aktif melakukan kegiatan-kegiatan seperti kompetisi sebagaimana yang saya lihat di dalam halaman facebook mereka. Namun lombanya saya belum tahu, apakah kayak di Indonesia yang disebut dengan klebek atau bukan. Kalau disini ada klebek pasti seru. Yang belum tahu klebek, burung merpati jantan diterbangkan dari kejauhan dan di jarak yang lain ada burung betina. Pejantan diterbangkan dan yang paling cepat sampai itu yang menang.

Beberapa waktu lalu juga di Konya ada kabar viral tentang penyelematan yang dilakukan oleh petugas emergency. Saat itu ada burung merpati yang terjerat di kabel listrik. Petugas yang mengetahui burung itu lalu naik ke atas mobil dan menolong burung yang tergantung di kabel listrik tersebut.

Tempat kumpulan merpati ini sangat mudah dijangkau karena terletak di pusat kota Konya. Kalau sudah sampai di merkez yaitu Aladdin Tepesi atau bukit Aladdin maka tinggal jalan menuju makam Jalaluddin ar-Rumi. Saat sudah sampai Hukumet, maka ada kantor Vakifbank pusat. Di situlah kumpulan burung merpati merapat.

Selain karena ada air di tengah halaman yang bisa digunakan burung untuk minum dan mandi, juga karena orang-orang yang lalu lalang memberikan roti maupun makanan lainnya kepada burung-burung itu. Bundaran ini seringkali membuat anak-anak berhenti sejenak untuk bermain-main dengan burung.

Di tempat lain juga bisa ditemui pusat burung merpati seperti ini, misalnya di Ankara malah lebih banyak. Bisa di temui di Kizilay setelah keluar dari stasiun metro bawah tanah. Di depan tugu Ataturk pun juga ada tempat pusat burung merpati. Seakan meskipun Ankara adalah ibukota negara namun merupakan surga bagi burung merpati.


Saya membayangkan kalau Jakarta bisa seperti ini bakalan sangat indah. Namun sepertinya hal ini adalah impian karena orang Indo pasti banyak yang memburu burung merpati itu untuk dijadikan gorengan merpati renyah. wkwkwkk....


Powered by Blogger.