Halloween party ideas 2015


Turki selain memiliki daya tarik yang luar biasa tentang tempat-tempat wisata yang super indah, juga memiliki beragam kuliner yang membuat air liur berantakan. Sebut saja kebab, doner kebab, etliekmek, dan beragam makanan utama lainnya. Yang tak kalah lezatnya adalah bab manisan khas Turki. Bisa dibilang bagi yang baru mencobanya akan pengen mencobanya lagi karena rasanya yang memang jos gandos merongos.

Sebut saja lokum atau turkish delight, yang menjadi makanan manis para pembesar Ottoman dan menjadi hidangan para tamu agung. Ada juga Baklava yang menurut saya adalah manisan terlezat dan lezatnya kebangetan. Juga ada lagi Pishmaniye yang mirip dengan jajan gula kapas yang biasanya warna merah muda. Tapi Pishmaniye beda karena cara memasakknya dengan gula yang direbus, lalu dibuat dengan campuran adonan tepung dan margarin. Pada kesempatan berikutnya saya akan menulis tentang pishmaniye ini.
Gambar Kunefe. Sumber: letpacificfood.com
Kali ini saya hendak berbagi inspirasi kepada pembaca sekalian mengenai prospek usaha manisan Turki yang disebut dengan kunefe.

Proses Pembuatan Manisan Arab Turki Kunefe

Makanan kunefe termasuk jenis manisan yang terbuat dari adonan yang dimasak dengan wajan datar panas. Adonan cair tersebut dituangkan dengan model kecil-kecil sehingga menjadi berbentuk seperti mie.

Adonan itu ketika tertuang di wajan panas dalam waktu singkat menjadi agak keras mirip mie, dan disebut dengan kadayif. Dari kadayif inilah lalu proses selanjutnya yaitu pembuatan kunefe dilanjutkan. Caranya adalah dengan memasukkan pada piring logam. Lapisan pertama adalah kadayif, lalu diberi keju, dan ditutup dengan kadayif lagi. Lalu dimasak dalam api sedang hingga warna menjadi cokelat. Saat sudah matang, lalu disiram dengan kuah manis, bisa dengan glukosa, susu manis, maupun campuranlainnya. Namun biasanya yang disajikan di beberapa toko di Turki adalah dengan siraman glukosa atau gula cair. 

Kunefe biasanya dijadikan sebagai makanan penutup. Bisa dipadu dengan teh maupun kopi. Diatasnya biasanya ditaburi kacang antep yang berwarna hijau. Ketika dicuil pakai sendok dan diangakt, maka lapisan keju yang molor seperti permen karet dan sirup yang meleleh dipadu bau yang super harum membuat siapa saja pengen langsung nguntal. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, di Turki sudah ada alat untuk memproduksi kadayif kunefe dalam jumlah besar. Saat ini saya pun bekerja di bagian mesin kunefe ini. Mungkin bagi pembaca tulisan ini ada yang berminat untuk membuka usaha kunefe ini. Berikut adalah Skema dari mesin pembuatan Kunefe:
Dari gambar di atas kita bisa melihat ada tabung mikser di sebelah kiri. Di tabung inilah adonan dibuat kemudian otomatis masuk ke dalam bagian kompresor untuk dilanjutkan ke mesin kunefe berupa wajan besar berputar dengan pemanas di dalamnya. Di mesin produksi ini dilengkapi dengan indikator dimana jika adonan yang masuk ke mesin terlalu banyak maka otomatis akan berhenti, dan akan lanjut secara otomatis. Artinya tidak butuh campur tangan manusia. Keren kan

Sudah menjadi rahasia umum bagi para pebisnis jual beli mesin, bahwa kualitas mesin dari Turki tidak perlu diragukan lagi karena kualitas metal dari Turki diakui dunia. Bahkan kualitasnya memang standar Eropa dan bersaing dengan negara Jerman, begitulah yang saya amati selama bekerja di industri di Turki. Standar garansi setiap mesin adalah 2 tahun, namun kenyataannya adalah bahwa mesin yang diproduksi oleh pabrik tempat saya bekerja, selama 10 tahun digunakan tetap berfungsi dengan baik. Oleh karenanya dalam hal harga memang lebih tinggi dibanding mesin-mesin produksi negara lain, sebut saja Cina.

Peluang Usaha Manisan Turki Manisan Arab Kunafa Dengan Mesin Produksi Dari Turki  Otimatis

Prospek dari peluang usaha manisan khas Turki dan Arab ini bisa menjadi prospek bagu di Indonesia karena makanan dari timur tengah sudah pasti unik dan banyak peminatnya. Lagi pula makanan jenis kunefe ini rasanya sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia.


Powered by Blogger.