Halloween party ideas 2015


Kalau disebut makanan daging mentah, pasti pikiran kita akan langsung mengarah ke kuliner negara Jepang dengan sushi atau sashiminya.

Siapa tahu ternyata di Turki juga punya kuliner daging mentah yang disebut dengan Çiğ köfte. Secara bahasa kata Çiğ köfte berarti bola daging mentah. Makanan ini menjadi makanan khas kawasan Turki, Armenia dan bangsa Kurdish.

Çiğ köfte secara mudah bisa ditemui di warung-warung Çiğ köfte yang ada di kota Turki. Biasanya warungnya langsung menyebut nama Çiğ köfte dengan gambar penampakannya berupa kepalan tangan berwarna merah agak kecokelatan tertata rapi di piring dengan tambahan jeruk dan lalapan.
Gambar Kofte dengan lalapnya lengkap / birgun.net

Cara membuatnya sebenarnya bisa dibilang cukup gampang karena bahan-bahannya adalah termasuk simpel. Yaitu bulgur, bumbu pedas khusus yang disebut dengan isot dan daging mentah tanpa lemak dan tendon. Daging ini bisa diambil dari sapi atau domba.

Menurut saya yang cukup unik adalah rasa dari isot ini. Strukturnya seperti cabai, memiliki rasa agak pedas namun ada rasa masam seperti asam Jawa.

Biasanya digunakan untuk campuran saat makan doner kebab. Beberapa bahan itu dicampur lalu dikepal-kepal menjadi bentuk Çiğ köfte sebagaimana pada umumnya.
Gambar isot untuk bumbu Çiğ köfte / yesilist.com
Umumnya Çiğ köfte dibuat oleh laki-laki karena dibutuhkan tekhnik yang membutuhkan kekuatan untuk mencampur bahan adonan.

Konon saat mengaduk bahan-bahan itu mirip seperti proses memasak, dimana tukang masaknya harus punya lengan dan jari yang kuat. Mantap ya.

Konon proses pembuatannya pun mirip semacam kegiatan ritual. Ada chef utama yang bertindak mencampur dan mengaduk dan ada asisten sebagai pembantu. Ketika chef bilang supaya dicampur, maka asisten pun mencampurkan bahan itu.

Kadang juga minta segelas air untuk minum, atau lap untuk mengelap keringat di wajahnya karena usaha yang keras alias ngotot. mantul ya.
Kofte lezat dengan lalapan hijau / foodyoushouldtry.com

Cara makan Çiğ köfte ini adalah dengan membungkusnya di selembar daun lalapan, lalu lemon diperas di atasnya.

Minuman yang cocok untuk paduan makanan ini adalah ayran. Rasanya ketika digigit terasa daging kemudian muncul tekstur bulgur mirip seperti beras yang dihancurkan menjadi butir-butir kecil.

Rasa gurih pun melanglang buana di mulut saat mengunya Çiğ köfte ini. Namun sayangnya makanan ini tidak boleh dimakan sembarangan bagi orang-orang tertentu. Misalnya orang yang alergi daging juga bagi orang hamil maka tidak boleh memakan makanan ini.

Makanan ini pun juga menjadi kontroversi tentang kesehatannya. Menurut beberapa ahli kesehatan, makanan ini tak layak dimakan karena mengandung banyak bakteri yang tak bisa ditolerir tubuh karena terbuat dari daging mentah. Namun katanya masyarakat sudah biasa makan cig kofte ini jadi dianggap aman-aman saja.


Powered by Blogger.