Halloween party ideas 2015


Halo semuanya assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga saudara saudari sehat sekalian. Selamat datang di blog ini. Kali ini saya hendak berbagi pengalaman mengenai mendapatkan ribuan dolar dari internet dengan 99designs.com. Bagi yang belum tahu, 99designs ini adalah situs yang berisi kompetisi desain online yang digelar oleh customer yang kemudian disebut dengan contest holder atau disingkat CH.

Artinya disana ada 3 pihak yang terlibat, yaitu pihak 99designs, customer yang membutuhkan desain, dan para desainer yang berasal dari para desainer dari berbagai belahan dunia. Desainer dari Indonesia pun punya nama bagus di sana karena seringkali memenangkan kontes yang digelar oleh pihak 99designs. berdasarkan voting.

Secara sederhana, bagaimana 99designs ini bekerja adalah, contest holder atau pemegang kontes menyelenggarakan sebuah kontes dengan kriteria yang ditentukan. Misalnya logonya berjudul CarWash. Lalu ada penjelasan mengenai perusahaan atau bisnis yang dijalankan, misalnya car wash berarti logo itu adalah tentang cuci mobil. 

Lalu ada penjelasan mengenai deskripsi logo yang diinginkan, misalnya gunakan logo mobil dengan air dan busa. Juga ada penjelasan mengenai warna dan desain logo apakah cenderung ke modern, klasik, feminim atau maskulin dan lain sebagainya.

Saya pribadi mengenal 99designs ini pada sekitar tahun 2011 dikenalkan oleh seorang kawan yang sudah lama bermain di 99designs ini. Dengan uang yang didapat dari memenangkan kompetisi disana dia bisa membeli handphone yang dia inginkan. Karena memang saya juga berminat pada seni sepertinya tidak ada salahnya untuk mencoba ikut kompetisi di 99designs.
Saya pun mendaftar dan verifikasi identitas. Lalu mulai mencoba masuk kompetisi. Waktu itu saya menggunakan Coreldraw, software desain vector yang umum digunakan di Indonesia. Saya pun mulai belajar lebih jauh mengenai teknik desain secara otodidak. Semua kompetisi yang diikuti awalnya belum membuahkan hasil. 

Komunikasi dengan CH cukup bagus dan mendapatkan rating namun hingga 20 kontes ke atas belum juga mendapatkan dolar. Namun karena masih penasaran tetap mencoba dan akhirnya memenangkan kontes pertama dengan hadiah 200 usd. Karena kemenangan inilah kemudian tambah bersemangat untuk mendesain sehingga mendapatkan kemenangan kedua hingga sampai pada kemenangan yang ke 8 dengan hadiah 400 usd pada satu kompetisi.

Namun sayangnya akun yang sudah bertahun-tahun itu disuspended karena menurut mereka hasil desain tidak memenuhi standard, padahal kemenangan cukup rutin pada kontes-kontes terakhir. Lalu akun kedua pun saya buat dan hingga sekarang masih ada, namun karena kesibukan kerja dan kuliah hobi desain masih libur dulu. 

Di akun kedua ini rasio kemenangan cukup banyak. Dari 12 ikut final mendapatkan 9 kemenangan. Artinya setiap ikut final maka kemungkinan menang lebih dari 60%. Mungkin lain kali bakalan meneruskan hobi ini.

Sebenarnya 99designs ini bisa menjadi sumber mata pencaharian yang menjanjikan. Saya membuktikan sendiri, kalau di total semua kemenangan sudah ada sekitar 17 kemenangan, kalau satu kontes 200 usd, maka 17 kontes bisa sampai 3400 usd yang jika dirupiahkan sekitar 47 jutaan. Belum beberapa kontes di antaranya ada yang hingga 400 usd.

Mungkin sekian dulu pengalaman mendapatkan  ribuan dolar dari internet dengan 99designs.com. Tulisan ini akan saya perbaharui jika ada kesempatan. 


Powered by Blogger.