Halloween party ideas 2015


Kota Konya punya makanan khas yang rasanya bikin ketagihan, yaitu Etliekmek. Secara bahasa, etliekmek berarti etli (berdaging) ekmek (roti) atau roti berdaging. Makanan ini bisa ditemui di beberapa sudut kota dan tentunya pusat kota Konya.

Ada juga restoran yang menjual etliekmek yang bisa ditemui di kota lain misalnya Istanbul. Namun menurut pengamatan dari pecinta makanan yang saya tahu, katanya rasa original dari makanan ini tetap saja bisa dirasakan di kota aslinya, yaitu kota Konya ini.

Makanan yang mirip dengan etliekmek ini memang ada, misalnya pide. Kalau pide biasanya banyak campuran kejunya dan dagingnya bisa dengan daging ayam. Etliekmek cara memasaknya adalah dengan dimasukkan ke dalam oven tradisional yang berukuran besar dengan api yang berasal dari kayu bakar.
Foto etliekmek via lezzet.com

Etliekmek secara kultur biasanya menjadi makanan khas saat acara pernikahan maupun khitanan. Masyarakat juga kadang menyebutnya dengan makanan Mevlana, cara bacanya, Mewlana. Kalau makanan ini dimasak oleh pakarnya, rasanya sungguh membuat diri tak terkontrol.

Konon di pusat kota Konya pada 60 atau 70 tahun yang lalu ditemukan toko-toko maupun restoran-restoran kebab. Para tukang kebab itu berkumpul pada toko-toko yang biasa disebut dengan rumah kebab. 

Roti dengan daging dan köfte atau semacam daging cincang yang dikepal, siap di jual di toko-toko tersebut. Daging itu kemudian dimasak di bagian toko roti untuk disajikan kepada para pelanggan yang sedang menunggu.
sumber: lezzet.com

Pertamakali merasakan etliekmek ini saat masih di kelas kursus bahasa Turki. Para pelajar diajak untuk mengelilingi kota Konya, dan salah satu tujuannya adalah restoran etliekmek yang terkenal lezat masakannya.

Di kota Konya sendiri bisa didapati beberapa restoran maupun warung makanan yang menyediakan menu etli ekmek. Bisa jadi restoran tersebut memiliki nama etliekmek langsung, yang berarti menu utamanya adalah etliekmek. Namun selain etliekmek, biasanya juga akan menyediakan menu-menu lainnya.

Etliekmek bisa saja disajikan tanpa dipotong dengan panjang hingga 1 meter an. Ini kalau jenis etliekmeknya tipis dan kecil. Kalau yang agak tebal biasanya sekitar 30 cm, penyajiannya adalah dengan dipotong-potong. Porsi normal untuk etliekmek yang tipis dan panjang bisa sekitar 3.

Karena saking nikmatnya dan karena memang tipis jadi bisa menghabiskan beberapa kalinya. Kalau ukuran yang tebal, biasanya porsi 1 setengah itu sudah membuat perut kenyang. Namun bagi yang suka mmakan kayaknya ya bisa lebih juga, soalnya etliekmek kalau dimakan saat panas dan baru keluar dari panggangan rasanya benar-benar lezat.
Sumber: Dokumen Pribadi

Ketika terhidang di meja, bau bakaran daging dengan bumbu-bumbunya sangat wangi dan gurih menusuk hidung. Saat pertamakali mengunyah rasanya seperti renyah rempeyek, lalu terasa lembut dari roti dan gurih dari daging. Juga ada minyak yang meluber ke mulut yang berasal dari lemak daging dan mungkin minyak zaitun.

Rasanya tak terlupakan, bahkan membuat ketagihan. Namun harganya memang cukup mahal. Satu porsi yang lumayan mengenyangkan harganya kisaran 15-20 lira. Kalau dikalikan rupiah saat itu masih kurs 1 lira sama dengan 3000 rupiah, maka harganya kisaran 45-60 rupiah. Namun harganya memang tidak menghianati rasanya.
sumber: kazdagitur.com

Jangan lupa, makan etliekmek ini rasanya kurang pas kalau tidak dibarengi dengan ayran. Minuman yang terbuat dari yogurt yang dicampur air dan susu ini menjadikan kegurihan etliekmek semakin menjadi-jadi.

Namun bagi yang pertamakali merasakan ayran mungkin kurang mendapatkan rasa terbaik karena bagi lidah Indonesia, ayran itu kurang cocok karena terlalu masam. Namun kalau sudah terbiasa, surga dunia pun bisa terasa dengan makan etliekmek plus ayran ini.


Powered by Blogger.