Halloween party ideas 2015


Bagi anda yang jalan-jalan ke luar negeri pasti menginginkan bisa belanja dengan harga paling murah. Namun karena kita turis, bisa jadi para penjual pun berpikir kita bawa uang banyak sehingga bisa jadi harga-harga di tempat tujuan menjadi mahal.
Tips dan trik cara belanja murah / foto: dokumen pribadi

Namun jika kita tahu caranya, kita bakalan bisa berbelanja dengan biaya yang hemat dan murah. Berikut adalah tips dan trik cara belanja murah di luar negeri.

1. Hindari Tempat Turis

Saya selalu menghindari yang namanya tempat Turis atau spot-spot dimana para turis bergerombol disana. Tempat ini sepertinya memang laris yang bisa membuat kita berfikir kalau harganya murah meriah. Namun setelah kita lihat harganya, mungkin masih mahal.

Cara yang tepat untuk membeli barang atau belanja di luar negeri dengan harga murah adalah dengan mencari tempat yang sekiranya bukan untuk turis, melainkan tempat umum yang orang lokal pun belanja disana. Saya contohkan misalnya saya jalan-jalan ke Jalaluddin Arrumi, lalu hendak membeli makanan khas, dan letaknya tepat di depan kawasan wisata.
Belanja di pasar rakyat bisa lebih murah bahkan super murah / foto: dokumen pribadi

Harganya bisa menjadi lebih mahal karena itu adalah kawasan turis. Saya biasanya jalan ke dalam gang-gang sempit dan mencari makanan yang sama, dan ternyata harganya lebih murah. Apalagi kalau di depan pintu sudah ada daftar harga.

Kasus kedua, saya bersama istri hendak membeli kerudung dengan jumlah banyak di Grand pazar Istanbul. Tanya ke sana kemari harganya tidak banyak turun. Akhirnya kami keluar dari lokasi pasar, dan tak sengaja melihat toko di pojok, parkir. Jaraknya hanya kisaran belasan hingga puluhan meter. Tak terlihat oleh mata kalau tak jeli melihat kawasan sekitar. Kami pun masuk, melihat-lihat dan mengobrol. Ternyata kami bisa mendapatkan harga murah seperti harga lokal.

2. Beli Di Market Swayalan Umum

Untuk bisa belanja murah di luar negeri, cara yang pasti saya terapkan adalah dengan mengunjungi market atau swayalan umum. Kalau di Indonesia kita mengenal alfamart atau di indomart. Di luar negeri pun ada jenis market yang sama, dan disana barang-barang sudah pasti murah karena memang untuk konsumen lokal. Juga harganya pun sudah tertera di barang atau rak barang.

Misalnya ingin membeli oleh-oleh makanan, bisa langsung masuk market dan memilih sesuka hati. Selain banyak pilihan, harganya murah, juga pembayaran biasanya menerima kartu kredit visa atau mastercard. Tak jarang di market ini juga dijual souvenir lokal dengan harga murah.

3. Tawarlah Harga

Jika terpaksa membeli di lokasi wisata, biasanya di pasar tradisional atau di pinggir jalan, maka jangan lupa untuk menawar. Bilang saja harganya terlalu mahal. Tawar menawar itu juga bernilai sunnah kan hehe. Kalau mau berhasil biasanya harus ada sosok ibu-ibu yang menjadi walinya, karena ibu-ibu biasanya punya cara jitu dalam belanja.

4. Bayar dengan Uang Cukup

Kalau belanja sebaiknya membawa uang pecahan agar transaksi lebih cepat dan mudah. Tips lama, jangan menunjukkan dompet sebelum deal tawar-menawar.

5. Belanja dengan Ramah

Tunjukkan sikap ramah, santun, dan berhati saat menawar. Jangan menawar terlalu murah karena mereka pun juga berjualan untuk mencari rezeki. Jika kita sudah menemukan harga yang cocok dan sekiranya tidak terlalu murah dan terlalu mahal, ya selesaikan saja belanjanya. Penjual juga punya keluarga untuk dihidupi. Jangan sampai belanja kita membuat mereka terdzalimi. Gini kan damai. 


Powered by Blogger.