Halloween party ideas 2015


Anda bisa belanja oleh-oleh di Turki semurah maupun semahal yang anda inginkan. Tetapi yang lebih penting dalam berbelanja dan membeli souvenir atau oleh-oleh adalah sisi menyenangkannya atau kenang-kenangannya. Sebab di Turki banyak sekali dijual beragam buah tangan dan oleh-oleh yang menarik, maka anda kudu pintar dalam memilih oleh-oleh tersebut.
Oleh-oleh Turki berwarna-warni / alamy.com
Barang-barang terkenal untuk dibeli banyak sekali variasinya, tergantung di mana Anda berkunjung.

Misalnya di Cappadocia, barang tembikar dari kota Avanos sangat populer sedangkan, di Ephesus, patung-patung Perawan Maria dijual secara luas karena adanya hubungan Alkitabiah di kota kuno itu.

Juga kalau anda keluyuran di Konya, anda akan mudah menemukan hiasan simbol tari sema atau Mevlana di pusat pembelian oleh-oleh atau souvenir Turki.

Namun anda juga perlu berhati-hati mengenai barang palsu jika anda membeli barang-barang yang katanya merek asli yang harusnya dengan harga yang mahal namun dijual murah.

Misalnya jam tangan, kacamata, pakaian bermerek dan lain-lain. Karena di Turki barang palsu bisa tersebar dimana-mana.

Pembeli pun harus jeli karena ada pula barang yang seperti buatan Turki namun ternyata buatan Cina.

Karpet misalnya. Karena tidak bisa membedakan, karpet buatan pabrik Cina palsu dianggap asli Turki. Pembeli membayar harga penuh untuk sesuatu yang bahkan tidak seperti barang asli.

Karpet dan Permadani Turki

Beberapa orang membeli karpet atau permadani Turki karena mereka menyukai pola dan cerita bagaimana mereka dibuat.

Sayangnya, saya beberapa pembeli membeli satu karpet karena mereka tidak bisa meninggalkan penjual.

Penjual karpet Turki sering bekerja berdasarkan komisi, karena itu, kadang-kadang, pola dan prosedur penjualannya keras hingga membuat pembeli mengeluarkan uang untuk membelinya.

Setelah tiga puluh menit, penjual mengatakan Anda adalah sahabatnya sehingga Anda mendapatkan harga khusus.

Setelah 1 jam, dia mengatakan karpet itu sebenarnya ditunda untuk orang lain, tetapi dia lebih menyukai Anda. Saya kira ibu-ibu lebih bisa efektif kalau belanja dengan model semacam ini.

Setelah 60 menit, Anda membeli karpet karena kasihan karena dia mengatakan dia berjuang untuk memberi makan keenam anaknya dan membayar tagihan medis saudaranya yang ada di rumah sakit.

Penjual itu secara terbuka memberi tahu Anda mengenai kondisinya yang mengenaskan bersamaan pada saat dirinya mengenakan perhiasan dalam jumlah berlebihan dan menggunakan model ponsel terbaru.

Jadi anda bisa berhati-hati dalam memilih barang yang tepat dan jeli berkomunikasi dengan penjual.

Turkish Delight Atau Lokum

Dijual di mana-mana dan dalam banyak rasa yang berbeda, oleh-oleh makanan Turki murah dan mudah dikemas tetapi ingat untuk selalu memeriksa tanggal kedaluarsanya.

Sebagian besar toko suvenir menawarkan sampel dan menjual penawaran khusus seperti beli lima, dapatkan satu gratis.

Makanan khas Turki terbaik ini konon dikatakan berasal dari wilayah Laut Hitam Safranbolu.

Jika Anda kebetulan berada di Istanbul, berjalanlah ke Haci Bekar di distrik Eminonu. Disanalah letak dari sebuah rumah satu keluarga yang pada masa dahulu membuat makanan khas ini untuk sultan Utsmani.

Disana ada toko terkenal yang menjual lokum dan juga ada museumnya. Di sana juga dijual beragam manisan-manisan Turki yang memberikan rasa luar biasa lezatnya.

Teh Turki

Turki merupakan negara dengan konsumsi teh terbesar di dunia. Ada beberapa jenis teh Turki yang bisa anda buat sebagai oleh-oleh. Teh ini kebanyakan diproduksi di daerah laut hitam.

Pipa Nargile

Nargile, juga disebut pipa rokok Turki, berasal dari India dan mulai menyebar ke Turki selama Kekaisaran Ottoman. Variasi rasa tembakau yang unik termasuk apel, raspberry, dan pisang menjadikannya sebagai hadiah terbaik bagi para pecinta asap. Di Turki sendiri banyak sekali ditemui warung nargile.

Mata Jahat Biru Turki

Di beberapa tempat atau sudut bisa jadi anda menemukan sebuah simbol mata berwarna biru. Suvenir yang termasuk paling populer dan terkenal di Turki ini adalah mata jahat biru atau Nazar Boncuk. Souvenir ini merupakan barang paling otentik yang dapat Anda beli karena orang Turki menggunakannya secara luas di rumah dan kantor mereka dan memberikannya sebagai hadiah kepada bayi yang baru lahir.

Emas

Di Turki toko emas bisa berkumpul dalam satu pasar dan jumlahnya rentengan dipajang seperti jualan gorengan. Emasnya bervariasi mulai gelang tebal, kalung hingga yang kecil-kecil berbentuk cincin. Motifnya pun banyak sekali. Anda harusnya membeli emas Turki sebagai kenang-kenangan berharga.

Lampu Mosaik Turki

Lampu mosaik Turki sangat cocok untuk oleh-oleh. Selain dibuat dengan baik dan standar tinggi, bahan-bahannya pun biasanya tidak murahan. Biasanya dari kaca plus kuninangan. 
Lampu ini bermotif warna-warni seperti zamrud atau rubbi. Harganya memang sesuai dengan usaha membuatnya yang membutuhkan tangan terampil. Kalau beli jangan lupa minta pengemasan terbaik agar tidka pecah

Ide Souvenir Keramik

Keramik Turki bisa dibilang keramik terbaik karena muncul sejak abad ke 8 dan juga menjadi perkembangan seni dalam sejarah Islam. Kualitas keramik Turki tidak diragukan lagi. Keindahannya pun bermacam-macam. Anda bisa membeli dalam beragam bentuk yang anda inginkan.

Tembaga

Tembaga sebagai oleh-oleh dan souvenir Turki tidak asing lagi. Selain sebagai oleh-oleh yang awet, tembaga untuk buah tangan dari Turki sangatlah cocok karena bentuknya yang beragam dan menarik. Anda bisa memilih souvenir terbaik dengan simbol sesuai tempat yang anda kunjungi.

Rempah-rempah Turki

Bisa jadi anda pecinta rempah dan bumbu dapur untuk bereksperimen membuat masakan luar negeri. Anda bisa berbelanja rempah. Tidak hanya untuk bumbu dapur, untuk minuman pun juga banyak ditemukan di Turki.

Kopi Turki

Siapa yang tak kenal dengan kata Kopi Turki. Bagi pecinta kopi pasti pernah mendengar kelegendarisan kopi ini. Dalam sejarahnya, bangsawan Eropa yang datang kepada Sultan Turki pun dijamu dengan kopi ini. Saat meminumnya terkaget karena rasanya yang nikmat. Hingga akhirnya pembuatnya pun diminta untuk bekerja dengan bangsawan tersebut, namun tawaran itu ditolak.

Kopi Turki dibuat dengan metode yang berbeda dengan kopi kebanyakan. Selain membeli kopinya, anda juga bisa membeli alat untuk membuatnya berupa cangkir bergagang panjang.



Powered by Blogger.