Halloween party ideas 2015


Jalan-jalan atau traveling yang menyenangkan merupakan impian semua orang yang ingin melakukan traveling saat liburan. Namun mewujudkan traveling atau jalan-jalan yang menyenangkan dan juga hemat perlu strategi dan cara serta persiapan tertentu agar traveling yang menyenangkan dan tentunya hemat itu bisa terwujud.
Stasiun Kereta Cepat Ankara Turki / poto pribadi
Berikut ini adalah beberapa tips dan trik komplit untuk traveling biar menyenangkan dan hemat berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Makan Makanan Lokal

Kalau anda sedang traveling, jangan lupa untuk menyantap jajanan atau makanan lokal. Karena mencicipi kuliner adalah setengah dari kenikmatan traveling bukan? Buat apa traveling tapi tak tahu cita rasa makanan lokal. Namun sobat juga perlu hati-hati kalau ada makanan yang membuat alergi atau makanan yang tidak memenuhi prinsip anda seperti makanan halal bagi orang muslim.

2. Rencanakan Traveling atau Liburan secukupnya

Lho kok secukupnya? Maksud secukupnya adalah perjalanan, tempat tinggal dan rencana wisata. Ini saja kalau sudah tersedia dan kita tentukan kita tidak pelu memerinci acara secara detail karena apa yang akan kita alami belum tentu sesuai dengan rencana yang mendetail.

Contoh anda rencana untuk pergi ke pantai, setelah bermain dan menikmati pantai lalu makan seafood. Itu saja sudah cukup. Jangan diperinci, nanti mandi di pantai sambil foto, makanannya ada kepitingnya, pas panas nanti pakai krim anti sinar matahari. Pas sampai di tempat ternyata tidak seperti yang kita rinci. Ini bisa mengurangi kesenangan kita saat liburan.

3. Kalau Tidak Tahu Tempat Tujuan Mending Jangan Pergi

Jika memang anda tidak pernah pergi atau tidak mendapatkan informasi yang jelas tentang suatu tempat tujuan maka keputusan untuk tidak pergi kesana adalah sesuatu yang bagus. Bisa jadi ada bahaya atau sesuatu diluar perkiraan kita sehingga membuat liburan tak jadi menyenangkan.

4. Jangan lupa dokumen penting

Jangan lupa untuk untuk membawa dokumen penting seperti paspor, ktp, surat nikah kalau bersama pasangan dan dokumen yang diperlukan lainnya seperti tiket dll. Jangan sampai saat ada kontrol dari pihak berwenang anda lupa membawa  dokumen penting sehingga liburan yang menyenangkan pun jadi terganggun.

5. Asuransi Travel

Asuransi travel adalah sebuah kewajiban bagi anda yang liburan ke luar negeri. Dengan pilihan yang disesuaikan anda akan merasa aman dan mendapatkan liburan yang menyenangkan karena jika suatu saat ada hal-hal yang tak diinginkan anda telah memiliki asuransi travel.

6. Siapkan Tas Yang Tak Pernah Lepas

Anda pasti membutuhkan sebuah tas kecil yang selalu melekat di tubuh anda. Gunanya adalah untuk menyimpan dokumen, uang atau ponsel.

7. Ambil foto sebanyak-banyaknya

Dengan peralatan dari foto handphone atau kamera jangan sungkan-sungkan untuk mengambil foto sebanyak mungkin. Liburan yang menyenangkan tidak hanya saat anda berada di tempat liburan saat traveling. Namun saat anda sudah pulang dan setelah bertahun-tahun anda harusnya masih bisa mengenang foto-foto indah saat liburan itu.

8. Belajar Sedikit Bahasa Lokal

Traveling yang menyenangkan tidak hanya bisa anda harapkan datangnya dari penduduk lokal saja tanpa anda berusaha untuk membuat liburan anda menjadi menyenangkan. Cobalah belajar sedikit bahasa lokal, dimana penduduk lokal yang bertemu anda akan memberikan respon balik yang menyenangkan.

Mereka biasanya terkejut sehingga memberikan apresiasi seperti harga barang yang lebih murah atau hadiah kecil dimana hal ini tentu menjadikan liburan anda menjadi lebih hemat dan menyenangkan.

9. Bisa Bawa Beberapa Karu Kredit Debit

Membawa beberapa kartu kredit dan debit saat liburan akan sangat membantu anda mendapatkan traveling yang menyenangkan. Hati anda akan lebih tenang karena punya persediaan dana cukup dan aman untuk berkeliling di beberapa tempat tujuan.

10. Mengabarkan Bank Tentang Kegiatan Traveling

Beberapa bank bisa jadi tidak membuka fasilitas penarikan uang atau transaksi pada negara tertentu. Jadi dnegan memberi kabar pada bank sebelum traveling adalah keputusan bagus agar traveling anda tidak terganggu jika ada masalah dalam pembayaran menggunakan kartu kredit debit.

11. Siapkan Uang Darurat

Selain uang yang cukup dan kartu kredit, anda perlu menyiapkan uang tambahan agar kalau sewaktu-waktu dibutuhkan anda bisa menggunakannya.

12. Catat Detail Alamat Tujuan

Jangan hanya menggantungkan mencatat alamat di handphone. Anda tidak tahu apa saja yang akan terjadi selama perjalanan liburan. Jadi catat alamat tujuan dalam kertas dan simpan di dompet dan tempat manapun yang aman agar anda bisa menggunakannya saat dibutuhkan.

13. Bagi Barang Di Beberapa Tempat

Bagilah barang menjadi terpencar di beberapa tempat agar jika ada satu yang hilang atau tertinggal bisa ditemukan dalam tempat lain. Misalnya adalah uang. Jangan jadikan uang dalam satu tempat.

14. Belilah Souvenir Meski Sebesar Jempol

Souvenir sebagai kenang-kenangan akan sangat berharga. Jangan sampai menyesal karena tidak punya kenang-kenangan dari tempat yang anda kunjungi.

15. Jangan Lupa Mengabari Keluarga

Jika ada hal yang terjadi saat liburan maka keluarga anda telah siap untuk melakukan suatu tindakan.

16. Jangan Tukar Uang di Bandara

Menukar uang di bandara akan membutuhkan biaya tukar yang lebih besar. Jadi keluarlah dari bandara dan carilah penukaran yang lebih murah.

17. Cek Kesehatan Sebelum Traveling

Mengecek kesehatan sebelum liburan adalah keputusan terbaik agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama traveling.

18. Backup Dokumen Penting dalam bentuk File

Cobalah untuk memfoto atau menscan dokumen penting dalam bentuk file dan simpanlah di penyimpanan online atau di handphone yang mudah diakses.

19. Bawa Makanan Sendiri

Mau hemat untuk liburan maka pilihan yang tepat adalah dengan membawa makanan dan minuman sendiri untuk persediaan karena makanan di tempat liburan harganya akan sangat mahal.

20. Minum Banyak Air

Minum banyak air bisa membantu tubuh untuk tetap fit selama perjalanan.


Powered by Blogger.