Halloween party ideas 2015


Banyak pelajar yang mendambakan bisa masuk pesantren/mondok sekaligus kuliah secara gratis. Salah satu keinginan ini karena terkendala biaya keuangan yang tidak dapat dijangkau.

Bisa mondok sekaligus kuliah memiliki keuntungan yang besar, karena selain mendapatkan pendidikan formal perguruan tinggi, juga tetap bisa melanjutkan pendidikan agama di pesantren.
Pertanyaannya, mungkinkah kuliah sambil mondok atau nyantri secara gratis di pesantren? Jawabannya mungkin dan memang ada.

Hal inilah yang saya lakukan ketika melanjutkan pendidikan S1 di Yogyakarta, dimana saya kuliah sambil nyantri di pesantren Krapyak Wetan.

Dan saya kuliah sambil mondok secara gratis karena melalui beasiswa santri berprestasi. Artinya pasti ada jalan jika kalian ingin kuliah sambil mondok gratis.

Cara dan Tips Untuk Kuliah Sambil Mondok Nyantri Di Pesantren Gratis

Nah kali ini saya hendak berbagi pengalaman, tips dan cara gar bisa kuliah sambil nyantri atau mondok di pesantren secara gratis. 
Gambar kuliah via uin-suka.ac.id

1. Mencari Beasiswa

Cara pertama yang saya sarankan agar bisa kuliah gratis adalah dengan mencari beasiswa yang menawarkan kuliah sekaligus mondok di pesantren secara gratis.

Misalnya seperti yang saya lakukan saat menyelesaikan kuliah S1, saya mendapatkan beasiswa Santri Berprestasi. Beasiswa ini menawarkan uang saku, kuliah gratis dan mondok di pesantren gratis. 

2. Mengikuti Program Student Loans

Carilah beragam informasi dan memperbanyak relasi kepada siapapun agar kamu bisa memilih program student loans yang sesuai.

Bisa jadi kamu bakalan menemukan lembaga atau individu yang tertarik untuk membiayaimu untuk kuliah sambil nyantri di pesantren.

Namun kelemahan dari student loans adalah dirimu harus membayar kembali biaya kuliah yang dikeluarkan. Artinya student loans itu adalah pinjaman dana yang harus dikembalikan saat sudah lulus.

3. Bekerja Sambil Kuliah sekaligus Menjadi Santri di Pesantren

Saya sering menemui teman-teman yang kuliah sambil bekerja sebagai sumber keuangan atau uang saku untuk kuliah.

Dengan cita-cita dan semangat kuat saya yakin kalian bisa kuliah sambil kerja di pesantren. Bisa membantu di warung, toko, atau tempat-tempat bekerja lainnya.

Tentu bekerja, kuliah plus mondok memang tak mudah dan butuh perjuangan yang ekstra kuat. Namun kenyataannya ada banyak sekali santri yang kuliah sekaligus bekerja menjalankan bisnis mereka.

4. Mencari Pondok Sekaligus Kuliah Gratis

Saat ini banyak sekali pondok yang menawarkan kuliah gratis. Ada banyak pondok pesantren yang menawarkan fasilitas mondok sekaligus kuliah gratis yang bisa dicari informasinya di internet.

Namun kamu juga harus tahu secara detail pondok pesantren tersebut agar bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang bagus.

Itulah informasi mengenai Cara dan Tips Untuk Kuliah Sambil Mondok Nyantri Di Pesantren Gratis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Powered by Blogger.