Halloween party ideas 2015


Menjadi Murid atau Siswa Berprestasi pasti menjadi impian bagi banyak siswa. Hal ini karena dengan prestasi yang ia dapatkan, ia akan menemukan banyak keuntungan. Di antaranya adalah kesempatan karir yang lebih baik, meraih beasiswa, dan tentu saja membanggakan orang tua.

Kiat dan Cara Agar Menjadi Murid Berprestasi di Sekolah. Sudah Terbukti! / srinakshatraschool.com

Namun menjadi siswa berprestasi itu bisa dibilang tidak mudah. Bagi kebanyakan siswa, belajar  adalah salah satu kegiatan yang paling sulit dilakukan. Sebenarnya, sulitnya belajar sehingga membuat banyak pelajar enggan melakukannya ini karena ia merasa pelajaran itu sulit. Namun, semuanya akan terasa lebih mudah apabila seorang muid mengetahui cara belajar yang efektif sehingga murid bisa menjadi berprestasi ketika berhasil belajar.


Ada beberapa kiat atau langkah-langkah tertentu dalam usaha menjadi murid berprestasi di sekolah. Kali ini kita akan membahas kiat tersebut secara lengkap dan gamblang.

Kiat dan Cara Agar Menjadi Murid Berprestasi di Sekolah

1. Persiapan Sebelum Belajar / Sebelum Berangkat Sekolah

a. Tata niat dan Tekad

Hal utama yang perlu kita tekankan saat berusaha menjadi siswa berprestasi adalah dengan menata niat dan tekad. Bayangkan hal-hal indah saat kamu menjadi siswa berprestasi, misalnya mendapatkan beasiswa, menang dalam kejuaraan dan bisa membanggakan orang tua.

Dengan memikirkan kelebihan-kelebihan itu kamu akan menemukan energi dan tekad untuk berusaha meraihnya. Buatlah komitmen kepada diri sendiri bahwa mulai hari ini aku bakalan berubah menjadi siswa yang berprestasi. Ingat, niat dan tekad tanpa sadar akan mempengaruhi perilaku manusia.

b. Persiapkan Diri Secara baik Sebelum Berangkat ke Sekolah

Siapkan semua barang yang akan diperlukan saat belajar di sekolah. Mulai buku pelajaran, bolpoin, pensil, dan alat-alat peraga yang mungkin akan diperlukan di sekolah.

Penting sekali untuk mengerjakan pekerjaan rumah, karena jika kamu berangkat kesekolah dengan pekerjaan rumah yang belum selesai, pikiran kamu akan terpengaruh sehingga menjadikan belajar kamu selama satu hari itu kurang efektif.

Jangan lupa membawa buku wajib, buku catatan, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan atau diinstruksikan oleh guru. Intinya adalah bawalah semua yang Anda perlukan untuk belajar di sekolah. Penting sekali karena ketika kamu kehilangan satu kesempatan dalam belajar, selanjutnya bisa jadi kamu juga akan kesulitan karena biasanya materi pelajaran itu beruntun saling berhubungan.

c.  Berpenampilan dan Bertindak Secara Rapi 

Percaya atau tidak berpenampilan secara rapi saat berangkat ke sekolah bisa membantu kita lebih mudah belajar dan menjadi berprestasi. Alasannya adalah kerapian itu sendiri adalah bukti kalau kita adalah pelajar yang disiplin dan memperhatikan kerapian. Rapi juga sebagai bukti kalau kita memiliki jiwa terstruktur dan teratur.

Kamu sudah selangkah lebih maju dalam mencapai keberhasilan jika mampu menjaga kerapian. Dengan menjaga kerapian itu, guru dan teman-teman akan lebih menaruh rasa simpati. Kerapian disini tidak hanya bermakna kerapian dalam berpakaian, tetapi juga dalam mepersiapkan peralatan-peralatan untuk belajar. Misalnya buku yang tertata rapi, tulisan dan catatan yang rapi.

Buatlah buku catatan sesuai mata pelajaran. Simpan dalam catatan yang sama dan terstruktur. Mungkin kamu perlu memberi label agar bisa membuka catatan secara lebih mudah. Jangan lupa memberi tanggal setiap catatan.

2. Menjadi Murid Berprestasi Saat Berada Di Kelas

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk berusaha menjadi murid yang berprestasi saat di kelas.

a. Belajar Serius dan Memperhatikan Materi yang Dijelaskan

Inti dari pelajar berprestasi adalah dia bisa menguasai pelajaran yang disampaikan guru dengan baik. Dan cara untuk mencapainya adalah tidak lain dengan memberikan perhatian penuh pada materi yang dijelaskan di dalam kelas. Catatlah materi yang guru ajarkan pada hal-hal yang penting. Perhatikan disini, kamu harus tahu kapan waktunya mencatat dan kapan waktunya memperhatika keterangan guru. Bisa juga kamu bicarakan pada guru kapan bisa mencatat.

Angkat tangan untuk bertanya jika kamu belum mengerti pada apa yang guru terangkan. Atau kamu punya pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran maka tanyakanlah. Ini bukti kalau kamu berpikir mengenai materi yang sedang diajarkan. Kamu akan semakin pintar dengan semakin banyak bertanya. Mencatat bisa membuatmu punya memori tentang materi pelajaran juga bisa membuatmu lebih banyak berpikir dan lebih memahami materi yang diajarkan.

b. Berkonsentrasi Penuh

Ada beberapa tipe siswa yang harus berkonsentrasi penuh saat belajar. Artinya ia kesulitan jika kondisi kelas tidak kondusif. Oleh karenanya, mungkin kamu bisa memilih tempat atau kursi yang sesuai dengan keinginanmu dalam belajar.

Bisa jadi tempat di depan guru atau kursi paling depan bisa membuat kamu lebih bisa konsentrasi belajar.

c. Terus Mengulang Membaca Catatan Dan berkonsultasi

Cara untuk bisa menjadi murid berprstasi adalah dengan sering membaca catatan di waktu luang. Bisa jadi kamu perlu untuk menyalin lagi apa yang kamu catat di kelas agar bisa lebih mudah dibaca.

Saat mengulang catatan ini bisa jadi kamu menemukan kesulitan sehingga perlu untuk berkonsultasi dengan guru.

d. Sering Berlatih Soal

Agar pelajaran lebih bisa kamu kuasai kamu harus menyisihkan waktu untuk mengerjakan soal latihan atau mintalah teman memberikan soal untukmu. Dari sini jelas kamu bakalan bisa lebih berprestasi dengan adanya kawan sebagai tim yang kompak untuk berhasil bersama. Salah satu cara belajar yang baik adalah mempelajari lagi materi yang sudah pernah dipelajari.

Menjadi Siswa Berprestasi dengan Belajar Intents dan Fokus

1. Perbanyak Membaca

Memperbanyak membaca bisa mendatangkan banyak manfaat. Salah satunya adalah melatih otak agar terbiasa dengan proses mengolah informasi. Hasilnya, kamu bakalan lebih mudah menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru. Manfaat lainnya adalah wawasan kamu bakalan tambah luas. Jika kebetulan kamu tidak terlalu suka membaca, mulailah membaca sedikit demi sedikit sesuai kemampuan. Carilah buku-buku motivasi kelebihan membaca.

2. Sering buatlah Mindmapping atau peta pikiran

Bagi kamu yang belum tahu apa itu mindmapping, adalah cara kita membuat pelajaran menjadi peta-peta secara keseluruhan. Misalnya mengenai materi surat persuratan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kamu bisa membuat peta pikiran dengan membuat topik besar dan kecil. Contohnya adalah seperti di bawah ini.
Percayalah, dengan mindmapping otak kamu bakalan lebih mudah menguasai sebuah topik. Juga kamu akan lebih ingat karena otak terkadang lebih suka dengan objek besar dalam satu media. Saya sendiri sudah membuktikannya.

3. Fokus Sebentar Lebih Baik daripada Belajar Lama Tapi Tak Fokus

Belajarlah dengan cara yang bermanfaat. Belajar adalah salah satu faktor penting di setiap jenjang pendidikan. Nilai Anda akan semakin tinggi dengan belajar 2 jam setiap hari. Akan tetapi, waktu 2 jam ini harus digunakan untuk belajar dengan cara yang bermanfaat. Jauhkan dahulu hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian, misalnya ponsel, TV, musik yang keras/cepat, dan jauhkan diri dari teman atau anggota keluarga yang suka mengobrol agar suasana di sekeliling Anda menjadi tenang.

4. Tekuni Jadwal Belajar 

Membuat jadwal rutin untuk diri sendiri akan sangat bermanfaat. Jauhkan dahulu perangkat elektronik, misalnya ponsel iPod, dan laptop Anda sebab bisa menimbulkan gangguan. Sepulang sekolah, baca lagi semua materi yang diajarkan di kelas dan kerjakan beberapa soal matematika sebagai latihan agar Anda bisa menjadi juara kelas.

6. Pelajari Materi Yang Akan Diajarkan Besok

Cari tahu topik atau bab apa yang akan dibahas besok di sekolah. Bacalah topik dan catat poin penting dalam bab tersebut sebelum mengikuti pelajaran. Cara ini bisa membuat kamu lebih siap untuk mengikuti pelajaran yang akan dibahas dan kamu bakalan lebih mudah memahami materi yang sulit dimengerti.

Otak punya karakter belajar lebih baik pada kali kedua. Dan membaca pada kali pertama akan membuat otak punya kesempatan untuk berpikir. Hal ini seakan membuat pondasi sebuah pemahaman untuk diperkuat pada pembelajaran di sekolah. Banyak siswa berprestasi melakukan metode ini.

7. Menambah Durasi dan Porsi Belajar

Menjadi murid berpestasi mau tidak mau akan memaksa kamu untuk belajar lebih banyak. Kamu harus rela mengerjakan soal-soal dan tugas tambahan untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Meskipun kamu mungkin baru memahami 80% materi yang diajarkan di dalam kelas, cara tersebut bisa membantumu untuk bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi dan memahami pelajaran lebih baik.

Jika tugas telah kamu selesaikan, tanyakan kepada guru apakah ada tugas lain yang bisa kamu kerjakan. Jawablah soal-soal yang ada di buku tahun ajaran berikutnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Jangan takut untuk melihat pelajaran tahun berikutnya atau tahun yang akan datang. Hal ini bisa melatih kamu dalam meningkatkan dalam berpikir secara progresif. Kamu akan menjadi lebih siap untuk mengikuti tahun ajaran yang akan datang.

8. Belajarlah dengan giat

Berusahalah untuk masuk sekolah setiap hari agar tidak ketinggalan materi pelajaran yang penting. Hal ini sangat diperlukan untuk memperdalam kemampuan bepikir dan belajar. Jika ujian akan datang, sebaiknya kamu telah selesai belajar beberapa hari sebelum ujian. Ingat bahwa belajar di saat hari ujian itu tidak efektif, kecuali tujuannya hanya untuk mengingat-ingat saja.

Buatlah jadwal belajar secara bagus dan teratur. Jika jadwal kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan tambahan itu bersamaan dengan jadwal belajar atau jadwal les, mintalah izin kepada pembina agar diperbolehkan absen atau pulang lebih awal. 

Jika ada suatu keadaan dimana membuat kamu menunda belajar pada hari itu, kamu harus menandainya untuk melunasi belajar yang ditunda itu.  Inilah gunanya jadwal belajar yang tercatat secara jelas. Catatlah jadwal belajar dan jadwal ujian berikut semua kegiatan selama satu minggu da satu semester agar kamu tahu kapan ada waktu luang. 

Ingat salah satu keberhasilan seseorang dalam menggapai keberhasilannya, termasuk menjadi murid berprestasi adalah tergantung dari kepintarannya adalam membuat jadwal kegiatan yang pasti dan bertujuan.

9. Menyelesaikan Pekerjaan Rumah dengan Baik

Guru atau pengajar memberikan PR kepada siswanya dengan alasan yang baik, yaitu agar murid lebih memahami materi yang baru saja diajarkan hari ini. Oleh karenanya, mengerjakan PR tidak hanya bertujuan agar guru tidak marah, tetapi PR berguna untuk melatih siswa agar berprestasi dan tidak lupa terhadap pelajaran yang diajarkan.

Beberapa Hal Penunjang Agar Bisa Menjadi Murid Berprestasi di Sekolah

1. Berlatih agar bisa menulis secara bagus

Bisa dibilang hal sepele tapi punya pengaruh besar dalam membuat dirimu bisa menjadi pelajar yang berprestasi di sekolah. Tulisan yang bagus bisa punya banyak manfaat. Salah satunya adalah kamu bisa betah mempelajari catatan kembali. Yang kedua adalah gurumu tidak kesulitan dalam memberi nilai dan bisa mengevaluasi hasil belajarmu dari ujian tulis secara mudah.

2. Buat Buku Khusus Yang Mencatat Progress Belajarmu

Siapkan buku khusus untuk mencatat hal-hal penting, misalnya tanggal ujian, presentasi, dan tugas-tugas. Buku ini juga berguna untuk digunakan dalam mencatat proses belajar, kekurangan atau kelemahan diri sendiri mengenai pelajaran tertentu serta target tambahan yang harus dipenuhi.

3. Perhatikan Pola Makan, Tidur dan Olahraga

Menjadi murid berprestasi juga harus didukung dengan tubuh yang sehat. Bisakah kamu meraih prestasi jika kamu sakit-sakitan? Oleh karenanya, perhatikan pola makan, tidur dan pola hidup sehat agar proses belajar bisa menjadi lebih baik. Studi membuktikan bahwa pikiran yang sehat dari raga yang sehat mampu meningkatkan prestasi murid di sekolah.

gambar / oukas.info

Biasakan tidur malam setiap hari dengan teratur dan cukup. Jika kamu hendak mengikuti ujian, sesuaikan jadwal kegiatanmu dengan baik dan cukupi kebutuhan tidur malam.

3. Mengetahui Diri Sendiri

Keberhasilanmu dalam mencapai menjadi murid berprestasi di sekolah dipengaruhi oleh kemampuan mu dalam mengenal diri sendiri. Bisa jadi kamu punya gaya belajar yang berbeda dengan gaya belajar murid lainnya. Misalnya kamu lebih suka pada jenis belajar visual, audio, atau cenderung pada jenis kinestik. Pada kasus tertentu kamu bisa berkonsultasi pada guru BK atau guru konseling di sekolah.

4. Buatlah Hubungan Baik dengan Guru

Keberhasilan murid dalam belajar dan meraih prestasi bagus di sekolah sedikit banyak dipengaruhi oleh kualitas hubungan muid dengan guru. Jika murid punya hubungan bagus dengan guru maka guru akan punya intuisi yang kuat untuk membantu keberhasilan murid

5. Buat Grup Belajar Yang Solid dengan cita-cita prestasi bagus

Seringkali murid gagal menjadi siswa yang berprestasi karena terpengaruh dari teman yang buruk. Namun sebaliknya, dengan memiliki teman yang bagus, murid bisa bersama-sama berusaha menjadi murid yang berprestasi. Oleh karenanya penting bagi kamu untuk bisa meningkatkan prestasimu dengan bergaul bersama-sama murid yang punya tujuan yang sama.

Buatlah grup belajar yang solid dimana semua anggota punya cita-cita yang sama yaitu bisa mendapatkan prestasi yang bagus agar bisa menjadi siswa berprestasi. 

Mungkin cukup sekian artikel tentang Kiat dan Cara Agar Menjadi Murid Berprestasi di Sekolah. Sudah Terbukti! Share kepada teman-temanmu jika kamu peduli.


Powered by Blogger.