Halloween party ideas 2015


Cara Menjadi Guru Terbaik-Tidak ada seorangpun manusia yang sempurna. Itulah kata bijak yang senantiasa kita dengar. Begitu pula seorang guru, tak ada yang namanya guru yang sempurna. Meskipun demikian, kita bisa berusaha untuk menjadi guru terbaik bagi para siswa. 


Kita semua mengetahui bahwa setiap punya karakter dan kecenderungan yang berbeda. Oleh karenanya, pasti semakin sulit untuk menjadi guru sempurna bagi semua siswa. Setiap guru punya model dan karakter bawaan yang berbeda, begitu juga siswa-siswa pun masing-masing dari mereka memiliki gaya belajar sendiri. Namun meskipun guru tidak bisa menjadi guru yang sempurna bagi semua siswanya, paling tidak guru bisa berusaha untuk menjadi seorang guru terbaik bagi para siswa.

Ketika gaya mengajar seorang guru sesuai dengan gaya belajar atau kecenderungan siswanya, maka guru tersebut pasti akan menjadi guru terbaik. Hal ini bagaikan gelombang radion yang ada pada frekwensi yang sama. Bayangkan saja radio, jika tidak menemukan gelombang frekwensi yang sama dengan stasiun pemancarnya, maka suara yang keluar akan berisik. Namun ketika ketemu pada frekwensi yang sama, hasil suaranya pun sangat jernih. Itulah gambaran antara guru dan murid. Disinilah guru bisa dibilang telah menemukan cara menjadi guru terbaik bagi para siswanya.

Namun masalahnya, jelas bahwa semua siswa dengan jumlah 30 siswa misalnya, mereka tidak akan pernah memiliki pendapat yang sama tentang metode pengajaran dari seorang guru. Bisa jadi 20 siswanya cocok namun 10 nya tidak cocok. Dalam hal ini kesalahpahaman atau ketidak cocokan tidak mungkin untuk dihindari.

Namun yang perlu anda ingat adalah anda selalu bisa menjadi guru yang lebih baik bagi siswa anda. Kunci terbesar dan utama dalam menjadi guru terbaik bagi siswa dalam hal ini adalah anda mau mendengarkan mereka dengan cermat. Anda perlu menerima saran dari para murid untuk menyesuaikan gaya belajar agar satu frekwensi.

Prinsip menjadi guru terbaik bagi para siswa pada pembahasan ini adalah, anda harus memperhatikan kecenderungan murid dan tidak mengabaikan apa yang mereka katakan.

Cara Menjadi Guru Terbaik Bagi Para Siswa

Mengidentifikasi Perilaku Siswa atau Murid

Bisa jadi suatu waktu siswa anda dapat mengalami masalah sehingga membuat hari-harinya menjadi tidak optimal dalam belajar. Ia mungkin mengalami stres,atau bahkan depresi juga. Jika Anda melihat fenomena semacam ini dengan tanda siswa tersebut mulai terlihat kemundurannya dalam belajar, anda bisa mengambil langkah untuk identifikasi masalah siswa tersebut. Tanda lain dari siswa yang mengalami masalah adalah mereka tidak memiliki keinginan untuk mengerjakan tugas sekolah yang Anda berikan kepada mereka.

Jika anda menemui fenomena semacam ini, jangan terburu-buru untuk marah dan memberi tahu mereka tentang performa belajar yang buruk atau mereka menjadi malas. Bersikaplah bahwa anda adalah seperti orang tua mereka. Beri dukungan pada siswa anda dengan menanyakan tentang apa yang terjadi padanya. Dorong dia untuk berusaha berbuat lebih baik. Jika Anda melihat siswa anda mengalami depresi, mungkin akan lebih baik untuk bertemu dengannya setelah pelajaran dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Studi membuktikan bahwa pendekatan semacam ini bisa membangkitkan intuitif siswa untuk bisa bersikap koperatif dan memberi perhatian lebih kepada guru yang bersangkutan.

Dekat dengan Murid Tapi Jangan Melangkah 

Menjadi guru terbaik berarti berusaha untuk dekat dengan para murid. Namun anda juga tidak bisa menjadi terlalu dekat dengan mereka. Tetaplah bersikap profesional. Siaplah untuk membantu siswa dalam menjalani tugas sekolah. 

Berusahalah untuk mendengarkan mereka. Anda bisa menanayakan tentang kehidupan mereka. Bisa jadi aktivitas atau hobi mereka. Bisa jadi karena hobi negatif membuat siswa malas untuk belajar. Dan anda bisa tahu bagaimana cara menegur mereka dengan menanyakan dan lebih dekat dengan siswa. 

Jadikan pelajaran Anda relevan dengan kehidupan mereka

Cara untuk menjadi guru terbaik bagi siswa adalah membuat pelajaran yang anda sampaikan berbekas dan berharga bagi mereka. Dan salah satu caranya adalah dengan menjadikan pelajaran Anda relevan dengan kehidupan mereka.

Jika Anda ingin siswa Anda mengingat pelajaran Anda, coba sambungkan informasi yang Anda berikan dengan beberapa momen dalam kehidupan siswa Anda. Anda dapat memanfaatkan beberapa kehidupan murid sebagai contoh. Misalnya menggambarkan pentingnya ibadah puasa dengan mencontohkan siswa yang suka berpuasa. Mencontohkan pentingnya bertani dengan menyinggung siswa yang memiliki orang tua seorang tani.

Contohkan Diri Anda Secara Bijak

Untuk menjadi guru terbaik bagi siswa anda bisa memotivasi para siswa untuk menjadi yang terbaik dengan menceritakan pengalaman anda saat menjadi pelajar. Para siswa kadang tidak menyukai ketika anda membandingkan kehidupan anda sebagai pelajar yang sukses di masa silam dengan kehidupa murid anda sekarang. Anda bisa memotivasi mereka dengan menggambarkan masa muda anda dengan cara yang baik.

Memberi Penjelasan lebih lanjut

Guru terbaik bagi siswa berarti rela berusaha dengan cara apapun agar siswa mampu memahami pelajaran yang disampaikan. Salah satunya adalah dengan tidak bosan mengulang-ulang materi pelajaran hingga siswa paham.


Jangan malas dalam menjelaskan pelajaran kepada siswa meskipun harus beberapa kali. Dan yang paling penting disini adalah dengan beragam cara yang atau metode berbeda. Ingat, tetap jaga tata krama sebagai guru dengan tidak menghina kemampuan murid. Terkadang mereka benar-benar tidak mengerti. Jadi guru terbaik artinya sabar dalam mendidik siswa.

Bersabarlah dan jelaskan materi Anda berulang-ulang. Pastikan semua siswa memahami apa yang Anda ajarkan. Anda pasti tahu, betapa sulitnya bagi murid untuk belajar lebih jauh pada bab lanjutan jika mereka tidak mengerti pelajaran awal.

Mengajar Dengan Berbagai Metode dan Cara

Salah satu usaha untuk menjadi guru terbaik bagi para siswa adalah jangan malas untuk mencari dan menggunakan metode atau bahan ajar yang efektif. Siswa percaya bahwa guru terbaik mampu mengajar dalam berbagai cara dan sumber ajar secara variatf. Misalnya menggunakan buku, video, musik, presentasi, pidato, dan segala sesuatu yang menarik bagi siswa Anda agar bisa muda untuk diterima.


Jika Anda menunjukkan kepada mereka sebuah video, barengi dengan memberikan beberapa informasi mengenai fakta-fakta yang dijelaskan dalam video itu. Kemudian anda bisa menjelaskan kepada mereka semua info terkait dengan pelajaran yang bisa membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi.

Bersikap Tegas

Jangan salah paham. Tegas itu tidak berarti Anda harus menjadi seorang diktator. Tetapi siswa tidak menyukai guru yang terlalu lunak dan lembut atau tidak bisa mengambil keputusan. Menjadi guru yang tegas adalah salah satu cara menjadi guru terbaik bagi siswa. Saya mengamati misalnya pada satu kasus ada guru Sekolah Menengah Atas yang mengajak para murid membahas tentang soal pada pelajaran bahasa Indonesia.

Ada 5 jawaban untuk sebuah soal. Dan soal dibacakan pada murid. Lalu para murid menjawab sesuai analisa mereka. Jawaban pun berbeda-beda. Ketika ditanyakan pada guru mengenai jawaban yang benar, ternyata guru mengatakan, "Menurut saya yang benar adalah B. Kalau menurut kalian yang benar adalah C silahkan." Hal ini adalah kurang tepat. Mengapa? Karena guru harus bisa tegas dalam memutuskan jawaban yang benar karena kelas ini bukan kelas perguruan tinggi yang menimbulkan jawaban relatif. Juga guru harus bisa menentukan mana jawaban yang mutlak benar.

Guru yang baik selalu memiliki tujuan

Ketika Anda memulai pelajaran, buat siswa Anda memahami dengan jelas apa yang akan mereka pelajari hari itu. Anda harus memiliki tujuan yang jelas, karena rencana seperti itu akan membantu siswa berkonsentrasi dan mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan selama kelas ini.

Anda dapat menulis sesuatu seperti "lakukan sekarang" di papan tulis, atau cukup beri tahu mereka rencana Anda selangkah demi selangkah.

Jadilah contoh yang baik untuk siswa Anda

Menjadi guru terbaik berarti berusaha menjadi contoh yang baik kepada para siswa karena inti dari guru terbaik adalah guru yang bisa menjadi teladan siswa.

Percayalah Pada Mereka!

Cara menjadi guru terbaik bagi para siswa selanjutnya adalah jangan abaikan siswa Anda, jika Anda melihat dia tidak tertarik pada mata pelajaran Anda, atau dia tidak mengerti apa-apa. Cobalah untuk percaya pada semua orang bahwa mereka punya kemauan untuk belajar.


Mintalah masing-masing dari mereka untuk menjelaskan apa yang sebenarnya tidak mereka sukai atau pahami, jelaskan materi sekali lagi, pastikan mereka memahaminya kali ini. Sangat penting bagi seorang siswa untuk merasakan dukungan gurunya. Mereka harus tahu bahwa guru akan selalu membantu mereka ketika dibutuhkan.

Inilah artikel mengenai cara menjadi guru terbaik bagi para siswa. Silahkan share untuk menebar kebaikan.


Powered by Blogger.