Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar Ke-1: Awali Dengan Basmalah

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ كَلاَمٍ أَوْ أَمْرٍ ذِى بَالٍ لاَ يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فَهُوَ أَبْتَرُ أَوْ قَالَ أَقْطَعُ
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw. bersabda: “Setiap perkataan atau urusan, pekerjaan yang tidak dibuka dengan menyebut nama Allâh ‘Azza wa Jalla, adalah sia-sia atau terputus.” (HR. Ahmad).

Bacaan bismillahirrahmanirrahim, yang berarti “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang” memiliki fadhilah yang luarbiasa. Dengan selalu membaca Basmalah saat memulai suatu pekerjaan, seorang muslim akan senantiasa dituntun untuk menjadi hamba yang memenuhi hakikat tujuan hidup. Apakah hakikat tujuan hidup seorang hamba di dunia ini? Allah Swt. befirman dalam al-Qur’an, “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Qs. Al-Dzariyat 51: Ayat 56). Rutinitas bacaan Basmalah saat memulai segala bentuk aktivitas akan memberikan pengaruh kuatnya diri seorang muslim dalam mengingat Allah Swt., dan ia juga tidak akan mudah melenceng dari tujuan diciptakannya oleh Allah.

Dengan membaca Basmalah dalam memulai segala urusannya, manusia akan lebih terjaga dari kesalahan dan kelalaian, baik yang bersifat manusiawi maupun disertai unsur kesengajaan. Ia akan mudah terhindar dari perbuatan buruk dan keji, begitu pula sebaliknya ia senantiasa dihiasi sifat agung dan mulia. Akan muncul rasa malu level menengah ke atas apabila ia sampai melakukan perbuatan yang buruk dan terlarang. Bukankah sangat kontra sekali jika seseorang membaca Basmalah untuk memulai aksi pencurian, pemerkosaan, atau bahkan pembunuhan tanpa adanya wewenang? Awal yang baik, akan diakhiri dengan yang baik pula. Kata bijak inilah yang mungkin bisa menggambarkan tentang bacaan Basmalah yang mampu mencegah keburukan dan menjadikan segala urusan beraromakan kebaikan.

Membaca Basmalah, berarti berusaha menghadirkan Allah dalam setiap usaha yang ingin dicapai. Basmalah mampu memberi pengaruh terhadap hati agar hati menjadi tenang karena selalu dalam perlindungan Allah Swt. Lagi pula, dengan Basmalah, suatu pekerjaan yang baik akan menjadi berkah. Dan berkah adalah ziyatadul khair, bertambahnya kebaikan. Sebaliknya, meninggalkan Basmalah akan menjadikan pekerjaan seakan hampa karena tanpa kehadiran rahmat Allah disisi seorang hamba, yang siap siaga memberi pertolongan dan kasih sayang-Nya.

Jadi untuk memulai suatu sukses yang besar, kunci utamanya adalah dengan mengawali semua kegiatan dengan Basmalah. Bismillah merupakan simbol, bahwa semua perbuatan memiliki tujuan kebaikan, untuk kebaikan, dan demi mendapatkan kebaikan. Jika dalam berusaha kita mendapatkan tujuan itu, maka kita akan bersyukur dan pasti berusaha untuk mendapatkan kebaikan berikutnya. Namun jika ada kegagalan, kita aka tetap positif thinking dan termotivasi karena kita telah menyandarkan segala perbuatan kepada Allah Swt.

Sekian dulu semoga artikel ini bermanfaat


Powered by Blogger.