Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Manajemen Pergaulan

عَنْ أَبِى مُوسَى عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً.
Dari Abu Musa, dari Nabi Saw., beliau bersabda: “Perumpamaan teman duduk yang baik dengan teman duduk yang jelek adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Adapun penjual minyak wangi, maka mungkin dia akan memberikannya kepadamu atau mungkin juga kamu akan membeli darinya atau paling tidak kamu mencium bau wangi di sekitarmu. Adapun pandai besi, maka adakalanya dia bisa membakar pakaianmu dan adakalanya kamu mencium bau tidak sedap.” (HR. Muslim)

Syeikh al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim mendendangkan sebuah bait syair, “Tentang seseorang, jangan Tanya (siapa dia), tapi tanyalah siapa temannya. Sebab setiap teman akan mengikuti siapa yang dia temani. Bila ada teman yang buruk, maka jauhilah dia serta merta. Bila bagus budinya, maka temanilah dia, engkau akan mendapatkan petunjuk.” Jika berteman dengan tukang pandai besi, walaupun kita tidak ikut mengerjakan apa yang ia kerjakan, pasti kita tetap akan terkena asapnya sehingga badan menjadi bau. Dan jika kita berteman dengan penjual minyak wangi, setidaknya kita bisa mencium bau yang wangi, atau mungkin ia menyemprotkannya ke tubuh kita agar kita bisa menikmatinya. Itulah gambaran seorang teman yang dijelaskan oleh Rasulullah Saw.

Teman mampu merubah diri kita sebagaimana lingkungan yang membentuk pribadi kita. Oleh karenanya, bertemanlah dengan orang yang memiliki visi hidup terarah, maka kita juga akan mendapatkan pengaruh dari teman kita tersebut. Charles “Tremendeous” Jones, Presiden Life Management Services, Inc. mengatakan, “Hari ini Anda adalah orang yang sama dengan Anda di lima tahun mendatang, kecuali dua hal: orang-orang di sekeliling Anda dan buku-buku yang Anda baca.” Bertemanlah dengan orang besar karena ia akan mengajak anda untuk menjadi orang besar, Mark Twain mengatakan, “Menjauhlah dari orang yang merendahkan ambisi-ambisi Anda. Orang kecil selalu melakukan itu, tetapi orang yang benar-benar besar membuat Anda merasa bahawa Anda juga dapat menjadi besar.”[]



Powered by Blogger.