Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Manfaat Dibalik Spirit Menolong Sesama

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِى الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَاكَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيْهِ
Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah Saw. bersabda: ‘Barangsiapa yang membebaskan seorang muslim dari satu kesulitan dari berbagai kesulitan dunia, maka Allah akan membebaskannya dari satu kesulitan dalam berbagai kesulitan di hari kiamat. Dan barangsiapa memudahkan seseorang yang mendapat kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat, dan Allah selalu akan menolong hamba-Nya selama ia menolong saudaranya’.” (HR. Muslim).
Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Manfaat Dibalik Spirit Menolong Sesama img pixabay.com 
“Tolonglah sesamamu maka Tuhanmu akan menolongmu.” Barangsiapa berbuat kebaikan kepada sesama, maka ia akan diberi balasan kebaikan pula. Sebaliknya, barangsiapa yang berbuat kemungkaran terhadap sesama, maka karma akan mendatangi dirinya kapan saja. Setiap manusia akan merasakan benih perbuatan yang ditanam. Jika yang ditanamnya adalah kebaikan maka kebahagianlah yang akan dicapai. Dan jika keburukan yang ia tanam, maka kesengsaraan hidup sedang menantinya di masa mendatang.

Tolong-menolonglah dalam kebaikan, niscaya kebaikan itu akan bertambah keberkahannya. Allah Swt. memerintahkahkan untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan, “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (Qs. Al-Maidah 5: Ayat 2).

Tolong menolong membuat sebuah tatanan sosial menjadi positif. Jika kita sedang berada kesulitan, maka orang pun akan menolong kita. Dan jika orang lain kesulitan, kita bisa menolong mereka. Manusia akan mencapai martabat dan tingkat kemakmuran yang sempurna jika setiap elemen masyarakat memiliki jiwa tolong menolong yang tinggi.[]

Tolong menolong atau dalam istilah ajaran Islam dikenal dengan konsep taawun ini merupakan dasar bahwa Islam itu tidak hanya menekankan hubungan kepada Allah Swt. semata, namun juga sinergi dengan hubungan antara manusia. Konsep tolong menolong ini juga berhubungan erat dengan konsep persaudaraan dan menjalin keamanan serta ketertiban bersama. Kepedulian serta spirit tolong menolong yang diajarkan dalam Islam menjadikan manusia sebagai manusia untuk dengan kehidupan damai dan sejahtera secara bersama-sama.


Powered by Blogger.