Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar:Berusahalah! Hindari Meminta-minta

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَأَنْ يَغْدُوَ أَحَدُكُمْ فَيَحْطِبَ عَلَى ظَهْرِهِ فَيَتَصَدَّقَ بِهِ وَيَسْتَغْنِيَ بِهِ مِنْ النَّاسِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ رَجُلًا أَعْطَاهُ أَوْ مَنَعَهُ ذَلِكَ فَإِنَّ الْيَدَ الْعُلْيَا أَفْضَلُ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ
Dari Abu Hurairah Ra., beliau berkata, “Aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda, ‘Hendaklah di antara kamu di pagi hari berusaha dan pulang dengan membawa kayu bakar di pundaknya, lalu bersedekah dari hasilnya dan tidak meminta kepada orang lain. Semua itu lebih baik baginya daripada meminta kepada seseorang, baik diberi atau tidak. Sesungguhnya tangan yang di atas lebih mulia dari tangan yang di bawah, dan mulailah dari mereka yang menjadi tanggunganmu’.” (HR. Muslim).

Rasulullah Saw. selalu memotivasi umatnya untuk mandiri dalam segala hal dan menjadi unggul tak terkalahkan. Dalam kesempatan lain Rasulullah Saw. bersabda tentang unggulnya Islam, “Islam itu tinggi dan tidak ada yang mengalahkan ketinggiannya.” (HR. Al-Daruquthni). Oleh karenanya, sebagai umat Islam kita dituntut untuk menjadi kuat dalam segala hal, termasuk dalam ekonomi. Meminta-minta adalah sikap kontra-mandiri, yang menunjukkan kelemahan sebagai penganut Islam. Bagaimana pun keadaannya, seorang muslim dengan sekuat tenaga selalu didorong untuk bisa mencukupi kebutuhan diri sendiri dan menghindari meminta-minta.

Dalam hadis lain, Rasulullah menceritakan perihal nasib orang yang di dunia selalu meminta-minta dalam keadaan yang berkecukupan. Nabi Saw. bersabda: “Barangsiapa yang meminta-minta harta orang lain untuk dikumpulknnya maka sungguh dia telah meminta barak api jahannam, maka hendaklah dia mempersedikitnya atau memperbanykanya”. (HR. Muslim). Dan dalam hadis lain disebutkan, “Tidaklah seseorang yang selalu meminta-minta kecuali ia akan bertemu dengan Allah dengan muka yang tak berdaging?.” (HR. Muslim). Imam Zubaidi memberi pesan bahwa ancaman perbuatan meminta-minta itu berlaku bagi orang yang meminta untuk keperluan pribadi sendiri. Berbeda lagi jika seseorang meminta-minta untuk memenuhi keperluan orang lain maka ia tidak mendapatkan ancaman karena hal ini termasuk perbuatan yang baik. Dengan meminta-minta ia memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.[]


Powered by Blogger.