Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Meraih Keberkahan Di Waktu Pagi

Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Meraih Keberkahan Di Waktu Pagi

عَنْ صَخْرٍ الْغَامِدِىِّ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا وَكَانَ إِذَا بَعَثَ سَرِيَّةً أَوْ جَيْشًا بَعَثَهُمْ فِى أَوَّلِ النَّهَارِ. وَكَانَ صَخْرٌ رَجُلاً تَاجِرًا وَكَانَ يَبْعَثُ تِجَارَتَهُ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ فَأَثْرَى وَكَثُرَ مَالُهُ
Dari Shakhr al-Ghamidi Radhiyallahu ‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda: “Ya Allah, berkahilah umatku di pagi harinya.” Dan dahulu Rasulullah shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila mengutus pasukan kecil atau besar, pada awal hari. Dan Shakhr Radhiyallahu ‘Anhu adalah seorang pedagang, beliau mengutus kafilah dagangnya di awal hari hingga meraup kekayaan dan menjadi banyak hartanya. (HR. Abu Dawud).

Pagi hari adalah waktu yang penuh dengan semangat sehingga sangat disayangkan jika terlewatkan dengan kegiatan yang kurang produktif. Ada beberapa alasan kuat kenapa seorang pengusaha sukses harus cekatan di pagi hari. Waktu adalah hal yang sangat berharga, tetapi ia berlalu dengan cepat sekali. Jika usaha ditangguhkan menunggu siang hari misalnya, seseorang akan kehilangan banyak kesempatan yang aktif dan melimpah di pagi hari. Lebih cepat lebih baik! Anda akan kehilangan banyak klien jika Anda terlambat menghampiri mereka. Bangun pagi bisa memberi motivasi kuat dalam menjalankan usaha, dan persiapan pun bisa dilakukan lebih matang karena kondisi udara yang fresh dan tubuh yang segar.

Banyak ide segar muncul di pagi hari karena tubuh telah mengalami masa istirahat melepas penat di malam harinya. Frank Lloyd Wright seorang arsitek terkenal Amerika, mengaku kerap terbangun jam empat pagi dan kepalanya langsung dipenuhi beragam ide. Ia pun bekerja tiga sampai empat jam di pagi hari itu, kemudian kembali tidur siang untuk istirahat kembali. Pagi hari adalah saat yang paling tepat untuk mewujudkan mimpi indah di malam hari. Raihlah berkah pagi dengan mengingat Allah saat mengawali hari. Ketika bangun, lisan dan hati segera berucap “Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami kembali setelah Dia menidurkan kami dan hanya kepada-Nya tempat kami kembali”, berikut doa-doa memohon kepada Allah agar memberikan rahmat-Nya secara maksimal.

Pagi hari bisa menjadi rahmat bagi orang yang dermawan, dan bisa menjadi musibah bagi orang kikir. Demikianlah karena dua malaikat tiap pagi berdoa kebaikan bagi sang dermawan dan kehancuran kepada sang kikir. Dari Abu Hurairah Ra., beliau berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Tidak ada hari pada setiap bangunnya hamba di pagi hari, kecuali dua malaikat turun, dan salah satu dari mereka berkata, ‘Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang telah menginfakkan hartanya’ dan yang satunya berkata, ‘Ya Allah berikanlah kemusnahan kepada orang yang kikir’.” (HR. Muslim).[]