Halloween party ideas 2015


Melanjutkan kuliah untuk mencari ilmu pada jenjang yang lebih tinggi merupakan impian banyak orang. Namun impian tersebut bisa berarti benar-benar mimpi yang tak terwujudkan karena beberapa kendala.

Faktor utama yang menjadi penghalang untuk meraih mimpi lanjut kuliah adalah masalah dana. Ya! Kuliah membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi kuliah di luar negeri.

Namun bagi kita yang punya kendala dana tidak perlu terlalu khawatir. Sekarang ini banyak lembaga yang berlomba-lomba memberi beasiswa kepada pelajar yang memiliki kompetensi dan memenuhi persyaratan.

Salah satunya adalah beasiswa dari pemerintah Turki atau disebut TÜRKİYE BURSLARI. Penulis adalah salah satu penerima beasiswa ini. Beasiswa ini menawarkan beberapa fasilitas seperti:
1. Kuliah gratis semua jenjang sampai lulus
2. Asrama gratis beserta makan
3. Tiket pesawat pulang pergi (kedatangan dan kelulusan)
4. Uang saku tiap bulan. Untuk jenjang S1 sebesar 750 lira, S2 sebesar 980 lira, S3 sebesar 1400 lira (1 lira = 2.600 rupiah).
5. Asuransi kesehatan
6. Kursus bahasa Turki selama 1 tahun
7. Fasilitas kegiatan dan lain-lain

Jurusan Dalam Beasiswa Turki

Apa saja jurusan yang ditawarkan beasiswa ini? Ada beberapa kategori dalam beasiswa ini, di antaranya adalah:
1. Bosphorus Scholarship Program
Beasiswa ini ditujukan untuk studi S1 semua bidang kecuali ilmu Medis, Studi Islam dan Studi Bahasa atau Sastra Turki
2. Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship
Beasiswa ini ditujukan untuk studi Pascasarjana (S2 dan S3) dalam bidang Ilmu Pengetahuan, Teknik dan Teknologi
3. İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship
Beasiswa ini ditujukan untuk studi Pascasarjana (S2 dan S3) dalam bidang Ilmu Sosial
4. İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program
Beasiswa ini ditujukan untuk studi S1 dalam bidang Kedokteran
5. Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program
Beasiswa ini ditujukan untuk studi S1, S2 dan S3 dalam bidang Bahasa dan Sastra Turki
6. Islamic Studies Scholarship Program
Beasiswa ini ditujukan untuk studi S1, S2 dan S3 dalam bidang Ilmu Ke-Islaman
7. Research Scholarship
Beasiswa ini ditujukan untuk pelajar yang lulus jenjang doktor untuk melaksanakan riset
8. Support Scholarship
Beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa asing yang sedang melanjutkan studi di Turki

Persyaratan Beasiswa Turki

Apa saja syarat yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini? Ada beberapa hal yang perlu dipenuhi oleh para pelamar dalam mengajukan beasiswa ini. Di antaranya adalah:
1. Menyelesaikan jenjang pada tingkat pendidikan sebelumnya. Misalnya jika ingin mendaftar S2 harus melampirkan ijazah atau surat keterangan lulus S1
2. Syarat umur, yaitu untuk jenjang S1 bertanggal lahir tidak melebihi 01 Januari 1996, jenjang S2 tidak melebihi 01 Januari 1987, untuk jenjang S3 tidak melebihi 01 Januari 1982, untuk Research Program tidak melebihi 01 Januari 1972.
3. Tidak memiliki masalah kesehatan yang bisa mengganggu studi.
4. Memiliki skor atau nilai minimum pada spesifikasi yang dijelaskan pada form aplikasi. Pada beberapa program studi disyarakatkan adanya minimal skor Toefl.
5. Beberapa program dan kampus mensyaratkan beberapa syarat tertentu seperti kemampuan bahasa Arab pada program Studi Islam dan kemampuan bahasa Inggris pada program Hubungan Internasional. Syarat tersebut bisa dilihat di form aplikasi.
6. Semua lamaran beasiswa hanya bisa dibuat pada waktu penerimaan, biasanya sekitar bulan Januari, Februari, Maret pada website www.turkiyeburslari.gov.tr.

Cara Mendaftar Beasiswa Turki

Langkah dalam pendaftaran adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke dalam website www.turkiyeburslari.gov.tr pada saat pendaftaran dibuka, lalu membuat akun sebagaimana yang tertulis dalam panduan yang muncul.
2. Memasukkan beberapa dokumen yang diperlukan berikut form yang perlu diisi serta syarat-syarat yang muncul dalam form aplikasi.
3. Setelah pendaftaran selesai, akan diumumkan kandidat yang lolos untuk selanjutnya mengikuti wawancara.
4. Jika lolos untuk mengikuti wawancara, kandidat akan mendapatkan undangan wawancara berisi waktu, tempat, dan dokumen yang perlu di bawa melalui email. Wawancara tiap tahun dilaksanakan di Kedutaan Turki Jakarta.
5. Setelah mengikuti wawancara, maka menunggu pengumuman lolos wawancara. Setelah mendapatkan pemberitahuan lolos lewat email akan ada pemberitahuan lain tentang bagaimana langkah selanjutnya.

Pengalaman pribadi penulis, beasiswa ini termasuk bagus dan hampir tidak ada kendala. Tiap bulan uang saku lancar masuk rekening dan tidak ada masalah yang berat sehingga mengganggu studi. Saat ini penulis tinggal di kota Konya dan sedang mengikuti studi bahasa Turki untuk persiapan.

Setelah selesai studi bahasa Turki, penulis akan melanjutkan studi S3 jurusan Tafsir di Necmettin Erbakan Universitesi. Beasiswa ini merupakan pilihan yang bagus bagi para pelajar Indonesia yang menginginkan studi gratis dan bisa memilih kampus-kampus bagus yang ada di Turki.


Powered by Blogger.