Halloween party ideas 2015


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini saya akan berbagi tentang contoh pidato keislaman dengan tema tentang Peringatan Tahun Baru Hijriyah. Pidato ini bisa digunakan untuk lomba pidato, belajar pidato, mengisi kegiatan di sekolah, kampus, masjid, ataupun pidato di depan masyarakat umum. Anda bisa memodifikasi atau merubah pidato ini juga sesuai dengan alur yang anda inginkan. 

Contoh Pidato Dengan Tema Tentang Peringatan Tahun Baru Hijriyah

بسم الله اللرحمن الرحيم
Ma’asyiral Muslimin Rakhimakumullah
Pada kesempatan kali ini, marilah kita menghaturkan puji syukur tak terhingga kehadirat Allah SWT., dimana telah memberikan karunia dan rahmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama dengan perasaan gembira dan bahagia dalam majlis ini. Alhamdulillah kita semua dapat menyambut dan memperingati Tahun Baru Hijriyah 1434 H ini.
Img pixabay.com
Shalawat beserta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW., yang telah membimbing kita, umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benerang yaitu agama islam. Agama rahmat yang diperuntukan kepada semesta alam.

Hadirin hadirat yang dimuliakan Allah SWT.
Hari ini adalah adalah tahun baru Hijriyah yang bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1430 H. Ini berarti kita akan melalui perjalanan hidup baru di tahun baru ini. Kita telah memulai lembaran-lembaran baru kehidupan. Lembaran-lembaran lama yang penuh sesak telah kita tutup. Kita jadikan sama-sama lembaran lama itu menjadi refleksi bagi lembaran baru berikutnya. Apa saja yang terjadi pada masa lalu merupakan pengalaman dan guru yang paling berharga. Nabi pernah bersabda bahwa bukanlah seorang muslim jika terjerembab dalam lubang yang sama. Artinya apa? Kita seorang muslim tidak boleh melakukan kesalahan yang kedua kali. Maka dari itu, kesalahan yang pernah kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya janganlah sampai terulang pada tahun ini dan untuk seterusnya.

Di tahun baru ini pun kita harus senantiasa berusaha sekuat Tenaga untuk meningkatkan segala bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT. Kita perbaiki bersama kekurangan-kekurangan kita masing-masing. Seorang yang amalnya lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung. Seorang yang amalnya sama dengan hari sebelumnya adalah orang yang rugi apalagi seseorang yang amalnya lebih buruk dari hari sebelumnya, Ia adalah orang yang sangat merugi.

Hadirin-hadirat sekalian.
Kita sebagai manusia telah diberi petunjuk untuk senantiasa menghargai waktu. Di dalam al-Quran banyak ayat yang memuat ibarat-ibarat dengan menggunakan waktu. Allah SWT., berfirman: 
“demi masa .Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-‘Ashr ayat 1-3).

Di dalam ayat tersebut diterangkan, bahwa manusia itu berada dalam kerugian kecuali orang yang melaksanakan amal-amal baik dan saling menasehati satu sama lain dengna kebaikan. Orang yang tidak mampu mengatur waktunya dengan baik, ia akan merugi karena waktu telah meninggalkannya. Hari ini bukanlah hari kemaren, dan kesempatan hari kemarin tidak akan ada lagi untuk hari esok.

Hadirin-hadirat sekalian.
Kita sebagai hamba Allah SWT., telah diberi nikmat yang luar biasa dan umur yang senantiasa berkurang. Dalam momen tahun baru ini, marilah kita senantiasa intropeksi diri. Mari kita renungkan bersama sudahkah kita menyiapkan bekal untuk menemui ajal yang diantara kita tidak tahu kapan datangnya?, apakah kita sudah cukup dengan amal kita sehingga kita sanggup untuk mempertanggungjawabkannya?. Kita harus ingat, mungkin pada tahun baru ini kita masih bisa merayakannya bersama-sama, akan tetapi siapakah yang mampu menjamin bahwa tahun baru esok kita masih dapat merayakannya bersama?
Hadirin-hadirat sekalian.

Demikianlah kata-kata yang dapat saya sampaikan dalam rangka menyambut tahun baru 1430 H. ini, semoga apa saja yang saya sampaikan tadi dapat berbuah manfaat bagi kita semua amin yarabbal alamin. Akhirul kalam, ihdinasshiratal mustaqim, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh pidato keislaman dengan tema peringatan tahun baru hijriyah. Semoga contoh pidato ini bermanfaat.


Powered by Blogger.