Halloween party ideas 2015


Pernah anda bertanya-tanya mengapa anda sepertinya tidak dapat mencapai potensi akademik seperti yang anda inginkan? Pencapaian keberhasilan akademik yang kurang itu disebabkan oleh banyak faktor. Kemungkinan kemampuan otak pun bukanlah penyebabnya.

Namun yang lebih penting adalah gaya hidup mahasiswa itu sendiri. Langkah atau cara menjadi mahasiswa yang lebih baik ini sangat dipengaruhi oleh kepribadan mahasiswa itu sendiri.
Langkah-langkah dan Cara Menjadi Mahasiswa yang Lebih Baik dan Sukses / nsidermonkey.com

Kali ini saya akan berbagi tips tentag bagaimana langkah-langkah dan cara untuk bisa menjadi mahasiswa yang lebih baik dengan hasil akademik yang lebih memuaskan.

Langkah-langkah dan Cara Menjadi Mahasiswa yang Lebih Baik dan Sukses

1. Tetapkan tujuan 

Hal utama untuk menjadi koreksi bagi mahasisa sebagai langkah agar menjadi mahasiswa yang lebih baik adalah dengan menetapkan tujuan mengapa dirinya belajar. Mahasiswa harus tahu alasan mendasar mengapa ia memutuskan untuk belajar di perguruan tinggi. Tidak hanya karena agar bisa mendapatkan pekerjaan dan hidup lebih baik, namun ia harus punya alasan kuat yang bisa mengubah hidup dan dunianya.

Tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang adalah cara yang bagus untuk mengukur kesuksesan seorang mahasiswa. Jika mahasiswa tidak memiliki tujuan yang jelas, maka dirinya tidak akan memiliki seuastu pun untuk dicapai atau diperjuangkan dalam studinya. Jika anda seorang mahasiswa yang telah menetapkan tujuan konkret untuk diri sendiri, maka anda akan lebih mudah untuk termotivasi dan mengukur kesuksesan Anda dalam tujuan tersebut.

Pastikan tujuan Anda realistis atau kemungkinan tercapainya bisa diperhitungkan. Meskipun Anda harus menantang diri sendiri untuk tujuan-tujuan besar, Anda juga tidak harus membuat diri Anda gagal dengan tujuan yang kemugkinannya tidak akan bisa dicapai. Ingat, Anda selalu dapat menetapkan tujuan yang lebih tinggi setelah Anda mencapai tujuan pertama Anda.

Langkah dan cara menjadi mahasiswa yang lebih baik dan sukses dengan menetapkan Tujuan Belajar

a. Tetapkan tujuan besar secara utuh, misalnya hendak melanjutkan S2
b. Catat cara-cara agar bisa S2, misalnya syarat toefl, tesis yang bagus, nilai yang bagus
c. Fokuskan belajar pada pemenuhan syarat-syarat di atas dalam beberapa tujuan
d. Beri target setiap tujuan di atas, misalnya harus bisa dapat skor toefl sekian dalam waktu sekian.
e. Beri penjelasan cara spesifik untuk pemenuhan target, misalnya untuk mendapatkan skor toefl bagus harus ikut kursus ini, menyelesaikan kursus ini dst.
f. Menetapkan tujuan secara jelas dan sesuai target akan membuat tujuan besar lebih mudah tercapai.

2. Patuh terhadap Jadwal Studi

Memahami dan mematuhi jadwal studi sangat penting untuk menjaga keseimbangan belajar yang bagus dan mengikuti kursus yang ketat.

3. Atur Istirahat Dengan baik

Langkah dan cara menjadi mahasiswa yang lebih baik dan sukses ini salah satunya yang penting adalah tetap beristirahat dengan baik. Jika Anda cukup istirahat, fikiran anda akan menjadi fresh. Anda tentu lebih mungkin menyerap informasi yang diberikan di kelas, selama sesi belajar dan dalam kegiatan kelas maupun saat bepartisipasi dengan kegiatan ekstra yang bisa meningkatkan kualias akademik anda.

4. Manfaatkan sumber daya Kampus Selain menghadiri kelas

Menjadi mahasiswa yang lebih baik dan sukses berarti adalah menjadi mahasiswa yang pandai dalam memanfaatkan sumber daya atau fasilitas yang ada di kampus selain menghadiri kelas. Ada berbagai sumber daya yang tersedia untuk membantu mahasiswa dalam berkembang dan mencapai keberhasilan di kampus.

Biasanya ada foreign corner yang dijadikan pusat-pusat pembelajaran untuk negara-negara asing tertentu di kampus-kampus tertentu. Selain itu, banyak sekolah menengah dan perguruan tinggi menawarkan sesi bimbingan belajar gratis bagi mahasiswa yang mencari bantuan tambahan dengan kursus mereka.

Memanfaatkan sumber daya kampus untuk menetapkan tujuan dan menciptakan kebiasaan belajar yang positif sangat membantu keberhasilan mahasiswa. Sumber daya sekolah berlimpah dan mahasiswa yang memanfaatkan sumber daya tersebut jauh lebih mungkin untuk berhasil. Sumber daya tersebut termasuk pemanfaatan perpustakaan sekolah, pusat karir dan pusat sekolah yang menyediakan bimbingan belajar dan pengetahuan (misalnya: pusat menulis mahasiswa, pusat matematika, dll).

5. Teknik studi yang sehat untuk persiapan ujian yang tepat

Langkah kelima ini sangatlah penting untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik. Terkadang mahasiswa keliru dalam teknik persiapan ujian sehingga ia gagal dalam ujiannya. Teknik studi yang dianggap “sehat” mencakup keseimbangan, manajemen waktu, dan menghindari sesi “menjejalkan” studi sepanjang malam atau dalam bahasa mahasiswa, kebut semalam.

Informasi tentu lebih mudah diserap ketika ditinjau secara bertahap, daripada menunda-nunda hingga menit terakhir.

6. Mengembangkan keterampilan membuat catatan 

Mendengarkan dan mencatat secara aktif selama pelajaran tidak hanya memastikan pencatatan informasi yang akurat, tetapi juga memperkuat informasi melalui pencatatan informasi saat Anda menerimanya. Pernahkah Anda kembali membaca catatan Anda ketika tiba saatnya untuk belajar untuk ujian dan menemukan bahwa catatan-catatan tersebut tidak terbaca atau sulit dipahami?

Anda perlu untuk memeriksa catatan Anda setelah kelas usai dan menulis ulang kembali atau menguraikan informasi utama saat ingatan pelajaran masih segar di pikiran Anda. Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk menggunakan catatan Anda dan menyimpan informasi yang lebih jelas terutama saat ujian datag. Jelas, itu juga memberi Anda informasi penting yang hanya disebutkan di kelas ketika tiba saatnya untuk meninjau dan mempelajari materi ujian.

7. Kegiatan ekstrakurikuler 

Cobalah menciptakan kehidupan ngampus di luar akademk, seperti berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, misalnya olahraga atau klub asah kemampuan di perguruan tinggi. Mungkin ada yang bilang kalau kegiatan ekstra bisa membuat kegiatan belajar terganggu. Ini tergantung dari bagaimana mahasiswa bisa mengatur jadwalnya saja.

Kegiatan ekstrakurikuler bisa meningkatkan pengalaman kuliah mahasiswa secara lebih baik dan bisa memberi kontribusi positif pada proses pembelajaran dan membantu menyeimbangkan keterampilan mengatur waktu

8. Teman belajar

Berkolaborasi dengan mahasiswa lain adalah cara yang bagus untuk belajar - selama Anda yakin akan memilih mahasiswa yang sesuai. Cobalah mencari berbagai tema mahasiswa di kelas Anda yang sekiranya bisa bekerjasama untuk meningkatkan kualitas akademik. Hal ini dapat memperluas grup sosial Anda dan Anda lebih cenderung untuk tetap fokus pada tugas kuliah.

Mahasiswa yang membentuk kelompok belajar satu sama lain seringkali dapat belajar lebih banyak melalui belajar dan mengajar. Ketika mahasiswa menjelaskan konsep satu sama lain, mereka dapat belajar dan menyerap informasi dengan lebih mudah. Sebaliknya, mahasiswa yang mungkin membutuhkan klarifikasi pada bidang studi dapat meminta teman grupnya agar dapat lebih memahami materi pelajaran.

9. Mengambil Kursus

Kursus yang tepat bisa membuat mahasiswa menjadi lebih baik dan sukses dalam karir akademiknya. Ambillah kursus yang bisa membantu anda dalam meraih kebehasilan dan kesuksesan untuk mewujudkan tujuan-tujuaan anda.

11. Kehadiran

Hal ini menjadi hal mutlak bahwa kehadiran adalah langkah utama untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik dan sukses. Jelas, memperhatikan materi pelajaran disajikan selama periode kuliah adalah kunci utama menjadi mahasiswa sukses dan berhasil. Mahasiswa yang memperhatikan kuliah dengan baik jelas cenderung berprestasi dengan baik pada ujian.

12. Aktif di Kelas

Kuliah itu bukan hanya datang, absen dan mendengarkan kuliah saja. Anda adalah mahasiswa yang dituntut untuk aktif menentukan pola akademik di kelas juga. Aktif di kelas tidak hanya membuat anda menjadi mahasiswa yang baik dan sukses namun langkah anda akan menjadi inspirasi untuk membuat kelas menjadi lebih baik pula. Sekian dulu semoga artikel ini bermanfaat


Powered by Blogger.