Halloween party ideas 2015


Cara menjadi Mahasiswa yang Sukses di Kampus-Sebagian besar mahasiswa tahun pertama atau mahasiswa baru tidak tahu tentang kiat apa saja yang diperlukan untuk menjadi mahasiswa yang sukses.

Mereka mungkin tahu perbedaan antara mana yang harus dikerjakan dan mana yang tidak harus dikerjakan atau hal-hal yang tak penting.

Namun terkadang mereka tidak tahu bagaimana cara agar bisa menjadi mahasiswa yang sukses di universitas.
Cara menjadi Mahasiswa yang Sukses di Kampus
Jadi seperti apa mahasiswa yang sukses di kampus itu? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari mahasiswa yang sukses:

Ciri-ciri dari mahasiswa yang sukses

1. Bertanggung jawab dan aktif dalam belajar.

Jika ingin menjadi mahasiswa sukses anda harus bisa mengendalikan gaya hidup Anda. Meskipun mungkin punya kesibukan bekerja atau hobi tertentu tetap tidak ketinggalan kelas dan kegiatan belajar selama studi.

2. Telah memiliki komitmen untuk tetap pada tujuan pendidikan.

Untuk menjadi mahasiswa sukses dengan komitmen pada pendidikan, anda bisa bertanya pada diri anda sendiri, mengapa anda kuliah?

3. Saat di kelas menjadi mahasiswa yang aktif belajar.

Mahasiswa yang sukses itu tak canggung dalam mengajukan pertanyaan. Tidak takut untuk bertanya. Mahasiswa yang sukses harus memulai kemitraan dengan dosen atau pembimbingnya.

4. Memiliki kehidupan Terorganisir.

Mahasiswa yang sukses itu bisa merencanakan tempat dan waktu untuk belajar yang cocok dan proporsional.

5. Cerdas dalam Manajemen Waktu

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, cara agar menjadi mahasiswa sukses adalah punya kemampuan bagus dalam manajemen waktu. Ikuti jadwal harian dan cobalah belajar setidaknya 20 jam seminggu.

6. Tahu cara belajar.

Menjadi mahasiswa berarti memiliki perubahan dalam gaya belajar dan tidak seperti siswa SMA. Mahasiswa yang sukses itu adalah mahasiswa yang mengetahui semua tips dan trik untuk belajar secara optimal sesuai kemampuan dirinya.

7. Serahkan tugas secara rapi.

Luangkan waktu untuk menghasilkan tugasyang terlihat bagus dan mencerminkan kerja keras Anda.

Penyebab atau Faktor Yang Menjadikan Mahasiswa Tidak Sukses atau Gagal

Sekarang mari kita melihat masalah umum yang seringkali bisa menghambat kesuksesan Seorang mahasiswa. Artinya karnea faktor-faktor ini mahasiswa menjadi gagal dalam menjalani studinya.
1. Kurangnya Memiliki tujuan pendidikan.
Mahasiswa ini memiliki ciri-ciri seperti tidak memiliki sasaran apa pun dalam belajar dan mengerjakan tugas.
2. Kurang motivasi
3. Buruk dalam manajemen waktu.
4. Suka Menunda-nunda
5. Tidak Bisa Mengatasi Masalah Secara Baik
6. Tidak dapat menyelesaikan tugas
7. Terlalu Bergantung Pada Orang Lain.

Terlalu bergantung pada orang lain adalah ciri-ciri ketidakmandirian, dan tidak mandri adalah ciri-ciri mahasiswa yang tak sukses. Misalnya bergantung pada dosen untuk memberi tahu semua yang perlu dipelajari untuk ujian adalah contoh ciri-ciri mahasiswa yang akan menemui kegagalan.

Melangkah Menjadi Mahasiswa Sukses 

Jadi, dari mana kita memulai untuk menjadi mahasiswa sukses? Bagaimana caranya menjadi mahasiswa yang lebih sukses?

Hal penting yang harus Anda lakukan adalah menjadi lebih aktif dalam tujuan belajar dan memiliki kebiasaan yang baik.

Hal-hal yang Anda lakukan secara teratur akan memisahkan Anda dari mahasiswa yang lebih tidak terorganisir, tidak mengikuti aturan, dan hanya mengikuti kesibukan mereka sendiri di luar kepentingan belajar.

Perlu anda tahu, ada banyak mahasiswa yang belajar secara teratur, tetapi tidak benar-benar tahu bahwa mereka dapat meningkat.

Langkah berikutnya agar bisa mejadi mahasiswa yang sukses adlaah anda harus aktif dan tidak menjadi mahasiswa yang pasif.

Studi membuktikan bahwa mahasiswa aktif jauh lebih sukses, dan mendapat nilai lebih baik.

Kita mungkin tidak terlalu fokus pada nilai, yang penting mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Ini pemikiran bagus.

Namun ingat, birokrasi kita mensyaratkan nilai yang bagus untuk bisa meraih tujuan yang lebih baik di masa mendatang, misalnya untuk bekerja dan melamar beasiswa.

Tak ada yang salah jika anda mengejar nilai namun tetap tidak mengindahkan kualitas sebenarnya dalam diri anda.

Tindakan-tindakan Mahasiswa yang Pasif dan Aktif

Seorang mahasiswa pasif biasanya melakukan hal-hal berikut:
Membaca buku pelajaran
Mencatat ulasan

Dan mahasiswa aktif melakukan hal-hal ini:
Mencatat ulasan
Membuat peta konsep
Membuat lembar ulasan materi dan panduan belajar
Membuat tes latihan

Ingat, membaca buku dan mencatat saja tidak cukup. Anda pelru membuat peta konsep untuk bisa mencakup semua materi yang anda pelajari. Tes latihan berguna untuk mengukur seberapa dalam anda menguasai materi.
Anda pelru membuat peta konsep untuk bisa mencakup semua materi yang anda pelajari
Bagaimana jika sudah terlambat untuk menjadi mahasiswa yang aktif ini? Ingat, tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang lebih baik.

Jangan sungkan untuk merubah kebiasaan anda karena kesalahan terbesar dari orang yang berbuat kesalahan adalah tidak mengetahui kapan ia akan berhenti melakukan kesalahnnya.

Mengukur Diri sendiri apakah Termasuk Mahasiswa Yang Sukses atau Tidak

Anda mungkin masih bingung apakah anda termasuk mahasiswa yang sukses atau cenderung pada mahasiswa dengan karakter gagal. Anda bisa mengukur kesuksesan diri sendiri dengan bebearpa indikator berikut:

Nilai jelek

Jelas sekail. Jika nilai Anda tidak setinggi yang Anda inginkan maka ada tanda bahwa Anda harus mengoreksi diri anda secara lebih lanjut.

Merasa Tertinggal

Anda merasa seperti ketinggalan dan tidak bisa mengejar ketinggalan. Sukses dan gagal sebenarnya bisa dirasakan oleh hati anda. Jika anda merasa telah tertinggal maka itu salah satu tanda anda lebih cenderung menjadi mahasiswa tak sukses.

Khawatir tidak lulus kelas

Kebiasaan buruk yang tak kita sadari bisa mempengaruhi diri sendiri. Dan pengaruh ini salah satunya bisa berbentk rasa khawatir akan tidak lulus kelas. Jika anda merasakan hal ini anda harus mulai mencari tahu kekurangan anda. 

Dan ingat, jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana atau bahkan jika Anda hanya ingin meningkatkan kebiasaan Anda, datanglah ke Pusat Dukungan Akademik yang biasanya disediakan kampus. 

Sekian dulu untuk informasi seputar Cara menjadi Mahasiswa yang Sukses di Kampus semoga artikel ini bermanfaat


Powered by Blogger.