Halloween party ideas 2015


Menjadi Guru atau Pengajar

Ada banyak alasan mengapa orang tertarik untuk menjadi seorang guru. Kita semua memiliki guru-guru inspirasional yang berkontribusi pada kehidupan kita sehingga menjadikan kita seperti saat ini. Kita pun tidak akan pernah melupakan jasa mereka kepada kita.

Kita pun pasti ingat dan dapat menyebutkan para guru yang paling penting dalam hidup kita.

Disinilah kita merasakan bahwa kehadiran para guru adalah sangat besar dalam keberhasilan hidup para generasi bangsa. Sehingga guru adalah pahlawan yang memiliki jasa tak terhitung.
Manfaat Menjadi Seorang Guru atau Pengajar / photo: pixabay.com
Jika ada yang bertanya, apa sih manfaat menjadi seorang guru? Jawabannya adalah manfaatnya sangat luar biasa karena ia menjadi pahlawan bangsa pendidik para generasi penerus bangsa.

Para guru akan setuju bahwa manfaat utama menjadi guru adalah memiliki kesempatan untuk membantu anak-anak menjadi individu yang sadar diri dan menanamkan dalam diri mereka tentang arti hidup.

Manfaat Menjadi Guru atau Pengajar

Banyak Pengetahuan

Guru adalah profesi untuk menyebarkan ilmu dan mengamalkan ilmu. Hal ini menjadikan seorang guru akan terus belajar dan mengajar sehingga ilmu yang ia miliki semakin banyak. Artinya guru itu punya manfaat sebagai orang yang banyak tahun.

Menjadi Pencetak Pemimpin di Masa Depan

Guru memiliki peran penting dalam masyarakat karena mereka mempersiapkan dan memengaruhi para pemimpin untuk masa depan.

Setiap hari, siswa belajar pelajaran yang penting bagi mereka tentang konsep berbagi, menghormati, menghargai perbedaan, dan membuat keputusan secara etis.

Guru yang dapat membuat siswa mereka merasa sukses dan hebat akan menciptakan ruang kelas yang sukses pula. Anak-anak akan mencontoh perilaku yang harus ditiru oleh para pemimpin hebat.

Kesejahteraan sebuah bangsa tergantung pada pemimpin yang berpendidikan, etis, dan bertanggung jawab dan tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah.

Dan hal ini tergantung dari keberhasilan seorang guru. Jadi menjadi guru akan mendapatkan manfaat bahwa dirinya terhitung sebagai promotor pemimpim hebat.

Menginspirasi dan Memotivasi

Kebanyakan di antara kita pasti dapat mengingat guru favorit yang kita sukai saat belajar di kelas dan guru inilah yang membuat belajar menjadi menyenangkan.

Guru sering kali merupakan orang yang pertama kali menemukan bakat siswa yang unik dalam mata pelajaran tertentu.

Menjadi seorang guru memberikan kesempatan untuk mendidik dan mendorong siswa untuk menghargai dan mengembangkan kemampuan alami dan minat khusus mereka.

Seorang guru yang inpsiratif ini dapat membuat beragam motivasi pada siswa agar mereka bisa mengembangkan bakatnya sendiri dan bakat yang tersembunyi dalam diri mereka.

Hal ini menjadikan guru sebagai sosok bermanfaat yang inspiratif dan motivator. Itulah manfaat guru atau pengajar, menjadi seorang motivator perubahan.

Selalu Dikenang

Peran seorang guru dalam kehidupan muridnya tidak akan pernah berakhir. Henry Brooks Adams mengatakan,

"Seorang guru memengaruhi keabadian; ia tidak akan pernah tahu, di mana pengaruhnya berhenti." Bayangkan bahwa setiap hari seorang guru selalu bersama siswa, dan dengan gurulah mereka tumbuh.

Guru punya peran banyak mulai dari orang tua dan teman yang terus membimbing dan terus memengaruhi siswa sepanjang hidup mereka.

Para murid akan selalu mengingat guru atas apa yang telah mereka dapatkan dari guru tersebut. Mereka berterima kasih kepada guru atas apa yang telah guru ajarkan kepada mereka.

Itu salah satu manfaat menjadi guru - yaitu akan selalu dikenang.

Mendapatkan Pahala

Dalam Islam misalnya, mengajar juga mengandung nilai pahala karena sama saja menebarkan kebaikan dan ilmu.

Dan jika murid mengajarkan pada muridnya kelak, maka sang guru juga akan mendapatkan pahala yang sama tanpa dipotong sedikitpun.

Hal inilah yang menjadikan mengajar sebagai ladang untuk mencari pahala jariyah.

Itulah informasi tentang Manfaat Menjadi Seorang Guru atau Pengajar. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.


Powered by Blogger.