Halloween party ideas 2015


Manusia diberi kemampuan untuk belajar bahasa. Namun menguasai banyak bahasa bagi manusia biasa pada umumnya sangatlah sulit. Tetapi orang-orang berikut ini memiliki kemampuan yang luar biasa, yaitu bisa menguasai berbagai bahasa (polyglot). Di antaranya ada yang menguasai ratusan bahasa, bahkan bahasa yang sudah punah.
img pixabay.com


1. Ziad Fazah
Lelaki berkebangsaan Liberian ini konon mampu berbicara dalam 59 bahasa. Kemampuannya tersebut menjadikannya masuk dalam catatan The Guinness Book of World Records edisi tahun 1998. Sebuah stasiun televisi pernah mengundang dirinya untuk mengetahui kemampuannya. Benar saja, dirinya mampu bercakap-cakap dengan para tamu yang berasal dari berbagai negara dengan bahasa yang berbeda.

2. Powell Alexander Janulus
Dirinya berhasil mencatat sejarah dalam the Guinness World Records pada tahun 1985 sebagai orang yang fasih berbicara dalam 42 bahasa. Untuk menyabet gelar ini, dirinya telah melalui 2 jam tes dengan para native speaker dengan ke 42 bahasa tersebut. Konon dirinya mendapatkan julukan "the most fluent person on earth" atau orang yang paling fasih (dalam bahasa) di dunia.

3. Giuseppe Caspar Mezzofanti
Dirinya dikenal sebagai sosok hyperpolyglot yang mampu berbicara kurang lebih dengan 30 bahasa. Ia ditunjuk sebagai asistan perpustakaan Institut Bologna dan kemudian dijadikan seorang profesor bahasa ketimuran. Selain dikenal sebagai ahli bahasa, dirinya juga dikenal sebagai ahli arkeologi dan astronomi.

4. John Bowring
Pria berkebangsaan Inggris ini konon mampu berbicara dengan 100 bahasa, dan mengetahui 200 bahasa lainnya. Ia bekerja pada bidang politik dan ekonomi pada pemerintahan. Ia sempat ditunjuk sebagai profesor Sejarah di Universitas College London, namun tidak terealisasikan. Dirinya meninggal pada tahun 1872 dalam umur 80 tahun.

5. Kenneth L. Hale
Kenneth adalah seorang ahli bahasa berkebangsaan Chicago, mengajar di  Massachusetts Institute of Technology. Dirinya mempelajari banyak jenis bahasa yang belum banyak dipelajari sebelumnya, dan seringkali bahasa yang ia pelajari adalah bahasa pribumi dan hampir punah. Terutama bahasa pribumi kawasan Amerika Utara, Amerika Tengah dan Australia. Konon ia menguasai kurang lebih 50 bahasa.

6. Ioannis Ikonomou
Salah satu hyperpolyglot yang masih hidup adalah Ioannis Ikonomou. Lelaki berkebangsaan Yunani ini konon menguasai 32 bahasa yang masih hidup dan dikabarkan juga menguasai 47 bahasa, termasuk bahasa yang sudah punah.

7. Georges Dum├ęzil
Lelaki berkebangsaan Prancis ini adalah seorang ahli Filologi (pernaskahan) yang dikenal sebagai kontributor tentang masyarakat kuno. Sejak kecil dirinya tertarik belajar bahasa-bahasa kuno dan di akhir hidupnya konon ia telah berbicara dan membaca dengan lebih dari 200 bahasa.

8. Emil Krebs
Dikenal sebagai polyglot berkebangsaan Jerman yang menguasai sebanyak 68 bahasa baik dalam hal berbicara maupun menulis. Dirinya konon juga belajar lebih dari 120 bahasa lain. Emil juga seorang Sinologist, yaitu orang yang ahli tentang kebudayaan-kebudayaan Cina. Saat meninggal, dirinya mewariskan perpustakaan pribadi dengan lebih dari 3500 jilid dan tulisan yang kurang lebih ada 120 macam bahasa.

9. Timothy Doner
Pada umurnya yang baru 17 tahun, dirinya telah mampu berbicara dengan lebih dari 20 bahasa, seperti perancis, Wolof, Rusia, Jerman, Arab, dan lain-lain. Hingga kini pun konon dirinya masih belajar untuk terus menambah pengetahuan bahasanya.

10. Gayatri Wailisa
Indonesia pun punya orang-orang yang hebat dalam bahasa, salah satunya adalah Gayatri Wailisa. Gayatri disebut sebagai anak ajaib karena pada usia SMA telah menguasai 14 bahasa dengan fasih. Di antara bahasa yang ia kuasai adalah Arab, Jerman, Perancis, Korea, Jepang, India, dan lain-lain. Dirinya tidak mengikuti kursus, tetapi dengan belajar secara otodidak di rumahnya. Namun sayangnya dirinya meninggal karena pecahnya pembuluh darah di otak.


Powered by Blogger.