Halloween party ideas 2015


Halo para guru semuanya, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini saya akan menuliskan tentang tips lengkap Cara Menjadi Guru Yang Baik, Profesional dan Disayangi Murid.
Semua guru pasti ingin menjadi guru yang baik, profesional, handal mengajar secara efektif dan tentu disukai murid. Namun butuh proses untuk menjadi seperti itu karena memang berat. Ada banyak sisi positif menjadi guru yang Baik, Profesional dan Disayangi Murid.
 
cara menjadi guru yang baik / gobankingrates.com

Manfaat Menjadi Guru yang Baik, Profesional dan Disayang Murid

Beberapa hal positif tersebut adalah:

1. Mengajar menjadi Efektif

sebenarnya hal ini adalah timbal balik atau sebab akibat. Sebab menjadi guru yang baik dan profesional akibatnya mengajar menjadi efektif. Atau mengajar dengan efektif menjadikan guru sebagai seorang guru yangn baik dan profesional.

2. Disayangi Murid

Hal ini juga timbal balik, karena menjadi guru baik, otomatis akan disayangi murid. Namun disayangi murid atau jadi favorit murid belum tentu guru adalah guru yang baik dan profesional dalam mengajar.

Dalam proses mencerdaskan generasi penerus bangsa, peran guru sebagai tenaga pendidik memang sangatlah penting dan bisa jadi faktor utama kemajuan sebuah bangsa. Nasib bangsa tergantung pada performa guru. Jika guru mampu mendidik dan mengajar dengan baik, maka kemajuan peradaban sebuah bangsa dan negara akan terwjud.

Meskipun idealnya seorang guru harus mampu menjadi guru yang baik dan mengajar secara baik, namun banyak guru yang belum mampu memenuhi standar ini karena mengajar memang sulit. Meskipun demikian kita sebagai guru harus terus menerus belajar agar menjadi guru baik yang profesional.

Bagaimana Tips Lengkap Cara Menjadi Guru Yang Baik, Profesional dan Disayangi Murid?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru agar dapat mendidik dan mengajar lebih baik:

1. Menata Hati, Niat yang tulus ikhlas, dan perbanyak doa

Percaya atau tidak, ketulusan seorang guru memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan belajar  murid-muridnya. Keikhlasan niat dan ketulusannya bisa memberikan dampak besar terhadap cara mengajarnya. Menurut para bijak, ilmu itu tersalurkan kepada murid melalui wadah seorang guru. Jika wadah atau guru penyalur itu punya niat yang tidak baik, maka ilmu itu pun tidak akan sampai secara sempurna kepada para murid.

Oleh karenanya, penting bagi guru untuk memiliki niat bahwa mendidik dan mengajar itu semata-mata untuk mengabdikan ilmu serta memberi manfaat bagi banyak orang. Coba terapkan ini maka cara mengajar anda akan meningkat drastis. Anda akan lebih memikirkan tentang bagaimana cara mengajarkan murid secara baik daripada mengajar dengan niat yang salah.

Doakanlah para murid dan diri sendiri agar proses belajar berjalan lancar. Ajak murid semua berdoa dengan keyakinan masing-masing karena doa juga termasuk bagian dari niat. 

2. Memiliki Rencana Mengajar Dengan Baik

Anda tidak akan bisa menjadi guru yang mengajar secara baik tanpa mengetahui rencana mengajar secara total. Anda harus tahu materi apa yang akan diajarkan secara total dalam satu semester. Mengapa? Karena dengan mengetahu perencanaan secara baik anda bisa menentukan bagaimana metode mengajar secara baik pula. Anda harus tahu rencara satu semester itu dan menemukan rencana mengajar dengan baik.

Mungkin banyak pula guru yang hanya datang dan pergi mengajar namun tidak tahu bagaimana rencana mengajar dan aspek apa yang menjadi tujuan pengajaran itu. Cara mengajar semacam ini membuat evaluasi belajar juga sulit.

3. Penting! Mengenali Individu Siswa Serta Karakter siswa

Hal ini bisa jadi sulit untuk guru yang mengajar di banyak kelas dan murid. Namun jika guru punya niatan menjadi guru yang baik, maka tentu megenali individu siswa serta karakternya adalah hal yang penting. Pentingnya apa? Jelas untuk menentukan bagaimana metode belajar yang cocok untuk siswa semacam ini. 

Sebagian guru mungkin masih terfokus pada materi pembelajaran saja. Padahal yang jauh lebih penting dalam mengajar adalah  mengenali identitas dan karakter siswa. Manfaat lainnya adalah siswa menjadi simpati dengan guru karena dikenalnya. Tidak harus mengenal nama sebenarnya, mengetahui karakter secara kelompok juga bagus jika tidak memungkinkan mengenal karakter individu. Guru bisa memberikan prioritas pada murid yang memiliki performa lemah dalam belajar.
 

4. Membangun komunikasi dengan siswa

Guru punya kewajiban untuk membuat rencana belajar dengan baik serta mengenal siswa secara baik, bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah membangun komunikasi secara baik dengan siswa. Studi membuktikan bahwa komunikasi yang baik dengan siswa bisa meningkatkan efektifitas belajar.
Membangun komunikasi dengan siswa bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar /  irishtime.com

Anda sebagai guru yang telah dikenal baik dengan siswa membuat siswa punya intuisi untuk bisa berakselerasi dengan anda. Nyatanya ketika anda sudah punya hubungan komunikasi yang bagus dengan siswa, siswa pun mampu membuka diri untuk bisa bekerjasama secara baik dalam rangka belajar mengajar.

5. Berusaha Mencari dan Menggunakan metode yang mudah dan menyenangkan

Guru pasti tahu bahwa belajar bisa jadi sangat sulit atau berat bagi siswa. Cara mengatasinya salah satunya adalah dengan mencari metode yang paling sesuai dan menyenangkan. Guru harus ingat, sesuatu yang tidak dikemas sesuai kapasitas akan membuatnya sulit dicerna. 

Anda bayangkan saja bayi. Jika kita memberikan kentang utuh, bayi akan sakit saat memakannya. Anda perlu menghancurkannya sehingga menjadi bubur. Kentangnya sama namun bentuknya berbeda. Begitupula mengajar. Dengan bahasa yang sesuai dan metode yang bagus, sesuatu yang sulit dipahami bisa ditangkap dengan mudah oleh murid. 

6. Motivator sekaligus Inspirator

Motivasi bisa berguna untuk membakar semangat murid agar terus belajar. Seorang guru yang berhasil memotivasi siswanya dan memberikan inspirasi akan mendapatkan peningkatan hasil belajar yang signifikan.

7. Memberikan keteladanan Baik

Teladan yang baik dalam perbuatan terutama bisa meningkatkan kepercayaan dan kewibawaan seorang guru. Murid akan menemukan rasa simpati kepada guru karena guru tersebut konsisten dalam memberikan contoh yang baik. Jika anda berusaha memberikan contoh yang baik, murid pun akan mudah meniru karena salah satu cara terbesar murid untuk belajar adalah dengan meniru.


Powered by Blogger.