Halloween party ideas 2015


Halo semuanya assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera sehat semua. Kali ini saya hendak berbagi unek-unek dan inspirasi mengenai peluang usaha makanan khas Turki yang juga menjadi makanan terkenal di wilayah Arab, Timur tengah bahkan Eropa. Makanan ini adalah manisan Turkish deligh atau dalam bahasa Turki disebut Lokum.

gambar / balkon3.com

Mengenal Lebih Jauh Tentang Lokum

Lokum ini terbuat dari bahan gula dengan campuran bahan-bahan seperti tepung, kacang dan perasan lemon. Untuk selanjutnya bisa diberi rasa dan warna secara variatif dan topping atau isi yang berbeda-beda.

Saya pribadi menilai bahwa makanan ini adalah makanan yang rasanya waw sekali. Teksturnya seperti dodol tapi hanya mirip. Lokum tidak terlalu lengket. Juga rasanya tidak melulu gurih enek, melainkan lebih kepada rasa segar. Juga gurih kacang, termasuk yang paling gurih adalah kacang Antep yang harganya sangat mahal. Namun sepertinya sangat cocok kalau dipadu dengan kacang tanah.

Lokum bisa dicampur dengan gula bubuk atau parutan kelapa kering. Makanan ini merupakan makanan para sultan Turki dan para tamu agung yang datang mengunjungi istana.

Rasa lokum bisa menjadi eksotik jika dicampur dengan bahan-bahan yang estetik. Misalnya lokum dengan rasa delima yang dibungkus dengan daun mawar. Rasanya waw segar manis dengan bau mawar. Memakannya seakan sedang makan seperti raja hehehe.

Peluang Usaha Makanan Turki Lokum Atau Turkish Delight, Makanan khas Turki, Timur Tengah Arab / gambar haciserif.com

Bahan-Bahan dan Proses Pembuatan Lokum

Lokum bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan sebagaimana berikut:
1 liter susu
1,5 cangkir gula pasir
2 cangkir tepung kanji
100 gram mentega
2 bungkus vanilla
Parutan Kelapa Kering
kacang-kacangan

Untuk kapasitas besar sebenarnya tidak membutuhkan susu. Lokum bisa dibuat dengan gula dan perasan limon untuk perasanya.

Langkah Memasak

1. Masak tepung, susu dan gula dalam panci yang dalam dengan terus-menerus diaduk dengan api kecil. Anda bisa memasukkan kacang yang sudah matang juga.
2. Angkat dari kompor setelah adonan mendidih.
3. Tambahkan mentega dan vanila ke dalamnya dan aduk selama 10 menit dengan mixer.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan.
5. Biarkan di kulkas selama satu malam. Sebenarnya adonan sudah selesai jika sudah mendingin.
6. Potong kotak hasil adonan tersebut sesuai ukuran yang anda minati.
7. Potongan tersebut selanjutnya bisa anda beri toping kacang-kacangan dan parutan kelapa kering.

Mesin Otomatis Pembuatan Lokum

Mesin Pemasak Adonan

Berikut ini adalah mesin yang bisa memproduksi lokum dalam kapasitas besar. Mesin ini dilengkapi dengan pengaduk dan bisa menuangkan lokum ke cetakan besar secara otomatis dengan sistem hidrolik. 
Pemanas mesin bisa menggunakan gas atau listrik.


Mesin Pemotong Otomatis

Mesin pemotong otomatis ini bisa digunakan untuk memotong lokum atau manisan lainnya dengan bentuk yang serasi. 




Powered by Blogger.