Halloween party ideas 2015


Seiring bertambahnya waktu, harga laptop pun menjadi semakin mudah dijangkau. Kalau pada beberapa tahun lalu laptop masih menjadi barang mewah dimana yang dapat membeli hanya benar-benar orang yang berduit, sekarang laptop sudah menjadi kebutuhan masyarakat luas.

img pexels.com
Para produsen laptop pun berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai jenis produk yang bermacam-macam dengan harga yang semakin terjangkau. Kenyataan ini di satu sisi membuat konsumen serasa diuntungkan karena dengan mereka memiliki banyak pilihan dengan melihat harga yang paling bersahabat. Tetapi disisi lain, hal ini malah membuat konsumen kebingungan untuk memilih laptop yang sesuai. Apa lagi konsumen yang belum tahu menahu tentang komputer atau laptop.

Dalam artikel ini kita akan mengulas tentang Tips dan Trik Membeli Laptop Baru dan Laptop Second atau Bekas:

Tips dan Trik Membeli Laptop Baru dan Laptop Second atau Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop baik baru maupun bekas, ada hal utama yang bisa anda perhatikan. Di antaranya adalah:

Jangan terburu-buru!

Saat anda berjalan di toko-toko untuk membeli barang  pasti keinginan untuk langsung membeli datang begitu saja saat melihat ada barang bagus. Begitu pula saat anda ingin membeli laptop dan melihat laptop yang bagus pasti ada keinginan untuk langsung membeli. Ingat itu hanyalah keinginan sesaat. Urungkanlah niat untuk membeli sedini mungkin. Anda masih perlu berjalan-jalan di toko-toko yang lain untuk melihat-lihat laptop yang ada.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop. Pertimbangan yang perlu dilihat ada banyak aspek, salah satunya adalah perlengkapan-perlengkapan yang ada pada laptop itu sendiri.
Kunci yang harus anda ketahui saat membeli laptop adalah spesifikasi. Ya benar, anda harus mengetahui spesifikasi laptop yang akan anda beli. Spesifikasi laptop adalah gambaran terperinci tentang laptop itu sendiri. Disana akan disebutkan merek, ukuran, kapasitas memori, processor, storrage, warna, dan lain sebagainya.

Di bawah ini akan dicoba untuk dijelaskan secara rinci satu persatu tips memilih dan membeli laptop.

1. Notebook atau netbook

Sebelum membeli alangkah baiknya anda menimbang seperti apa laptop nanti anda gunakan. Apakah anda punya mobilitas tinggi atau hanya sekedar untuk dirumah saja dan sesekali menggunakan laptop diluar rumah (bepergian). Pertimbangan ukuran menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan dulu. Netbook dengan ukuran yang kecil serta ringan lebih mudah dibawa kemana-mana.

Ukuran selain pertimbangan praktis bisa dibawa kemana-mana, juga perlu dipertimbangkan besar layarnya. Jika anda ingin layar yang lumayan luas dengan keyboard yang sesuai dengan jari pilihlah notebook anda. Jika ukuran layar serta keyboard terlalu kecil juga kurang nyaman rasanya.

2. Harddisk/Storage (ruang penyimpanan)

Semakin besar harddisk laptop tentu semakin baik pula laptop itu karena pastinya mampu menyimpan semakin banyak data. Anda bisa mengisi lagu, film, game, dan banyak data tanpa takut harddisk penuh karena punya ruang yang luas.

Sebagaimana paparan sebelumnya, laptop memiliki harddisk yang bermacam-macam. Ada yang 150 Gigabyte, 300 Gigabyte, 500 Gigabyte, dan lain sebagainya. Semakin besar ruang harddisk tentu semakin bertambah harganya. Sesuaikan besar ruang harddisk dengan kebutuhan dan finansial anda. Jika pada suatu saat ternyata ruang harddisk laptop anda sudah penuh, anda bisa membeli harddisk eksternal dengan besaran ruang yang berbeda juga.

3. RAM/Memori

Memory memiliki fungsi yang sangat penting pada kinerja laptop. Sebagaimana pemaparan sebelumnya, ia merupakan perangkat keras yang bertugas untuk menyimpan data sementara dari program yang dijalankan. Semakin besar kapasitas memori maka semakin baik pula karena anda akan dapat menjalankan banyak program secara bersamaan.

Memori dengan kapasitas 1 GB sudah cukup untuk menjalankan program pengolah dokumen dan program-program ringan lainnya. Berbeda kalau anda ingin memainkan game berat, anda membutuhkan lebih banyak kapasitas memori.

4. Processor

Pilihlah laptop dengan processor yang bernilai tinggi. Semakin tinggi ukuran kecepatannya maka semakin baik pula laptop itu. Contoh yang ada pada pasaran saat ini adalah istilah Core untuk menyebut tingkat sebuah processor. Semakin tinggi Core-nya maka kecepatan komputer dalam mengolah data pun juga semakin tinggi.

5. Baterai

Pertimbangan dalam melihat baterai tidak bisa dipandang sebelah mata. Semakin lama baterai dapat bertahan tentunya semakin membuat pekerjaan anda terasa nyaman. Tidak akan ada masalah jika anda memiliki mobilitas tinggi dengan laptop disisi anda yang berdaya lama. Baterai laptop ada yang tiga cell dan ada yang enam cell. Tentunya enam cell bisa menyimpan daya dua kali lebih lama daripada baterai yang cuman tiga cell.

Semakin bertambah umur laptop memang daya baterai semakin menurun. Bahkan kalau sudah parah biasanya tidak mau nyala kalau tidak sambil dicharger atau tersambung adapter. Baterai memang punya umur. Membeli baterai baru mungkin jadi pilihan terbaik saat anda benar-benar punya mobilitas yang tinggi.

6. Keyboard

Keyboard pun dari masing-masing jenis terdapat perbedaan. Untuyk letak karater huruf dan nomor kebanyakan sama. Tetapi pada beberapa tombol biasanya punya letak yang berbeda. Misalnya tombol Fn, PgUp (Page Up)/PgDn (Page Down), End, Home, Windows, Del, dan lain-lain. Anda perlu memilih letak tombol yang paling nyaman menurut anda.

Ada hal penting lagi yang harus anda perhitungkan dalam memilihi laptop, yaitu hotkey atau tombol kombinasi antara Fn dan F1, F2, F3, dan seterusnya. Pada beberapa laptop untuk mengaktifkan wifi, mengatur kecerahan (intensitas cahaya), mengunci touchpad, dan beberapa fungsi lain dapat dioperasikan lewat tombol ini.

Ada kasus yang menarik tentang hotkey ini. Teman saya saat membeli laptop memilih laptop yang cara menghidupkan atau mematikan wifinya lewat hotkey. Saat operating sistem (saat itu menggunakan windows vista diganti windows 7) diinstal ulang, laptop tersebut mengalami kerusakan pada hotkeynya, artinya hotkey tidak berfungsi lagi. Wifinya jadi tidak bisa dipakai padahal saat ngopi bareng pasti cari tempat yang ada wifinya. Jadinya repot deh.

Memilih laptop dengan menghidupkan atau mematikan sebuah layanan/fungsi secara langsung bisa menjadi pilihan yang bagus. Lebih aman memilih laptop dengan tombol on-off wifi secara khusus mungkin lebih bagus daripada lewat hotkey yang dimana terkadang tombol wifi disediakan seperti tombol on-off power atau dengan tombol yang digeser.

Terkadang kerusakan hotkey ini memang umum terjadi karena operating system itu bermacam-macam. Belum tentu driver yang melengkapi laptop itu sesuai dengan operating system yang ada. Nah, penulis rasa masalah kecil ini juga perlu diperhatikan.

7. Kamera

Sebagian orang menganggap adanya kamera atau webcam sangat penting fungsinya. Ini menjadikan salah satu alasan memilih laptop jika memang itu sangat anda perlukan. Lihatlah jenis kamera yang ada dengan kualitas bagus. Semakin tinggi resolusi kamera maka gambar yang didapatkan semakin baik pula.

8. Letak port usb, port modem, plug charger, dan beberapa input-output lainnya.

Setiap laptop punya jumlah port usb yang berbeda. Ada yang jumlahnya hanya dua, tiga, empat dan lain sebagainya. jumlah serta tempat perlu anda perhatikan. Ada sebuah laptop yang letak port usb disisi kiri semua dengan jarak yang terlalu dekat. Ini akan sangat risih kalau anda ingin menggunakan mouse, modem internet, dan flashdisk secara bersamaan. Tempatnya pasti tidak muat kan?.

Kalau tempatnya dikanan dan dikiri mungkin lebih sesuai karena mouse lebih bagus diletakkan disebelah kanan supaya lebih mudah. Plug untuk charger pun ada yang letaknya di kanan, di kiri, ataupun di belakang. Bentuknya ada yang seperti hurug “L” (leher angsa) atau lurus saja. Penting anda perhatikan demi kenyamanan.

9. Touchpad

Touchpad punya fungsi yang benar-benar penting. Laptop pada masa awal tidak ada touchpadnya tetapi ada sebuah tombol bulat kecil yang diletakkan ditengah keyboard untuk memindahkan kursor/pointer.
Touchpad setiap laptop berfariasi dari segi permukaan serta fungsi. Ada yang memiliki permukaan licin seperti permukaan plastik mika, ada yang kasar, dan ada yang licin berkerut.  Pertimbangkan dengan kenyamanan jari anda apakah jari anda mudah basah atau cukup kering untuk memilih permukaan kasar atau licin. Jelas kalau permukaan licin akan mengganngu anda. Sekarang ini sudah ada laptop dengan touchpad yang dapat digunakan untuk membesar dan mengecilkan obyek dengan dua buah jari serta beberapa fungsi terkait lainnya.

10. Terkenal tidaknya produk

Jangan anda tinggalkan poin yang satu ini. Produk yang terkenal dan banyak ditemukan dimana-mana dapat menjadi pilihan anda. Banyaknya konsumen atas sebuah produk menunjukkan produk itu memang memiliki kualitas baik selain harga murah dan kelebihan-kelebihan yang lain.

Layanan purna jual juga tak dapat dipandang remeh. Laptop yang banyak penggunanya biasanya banyak juga gerai servicenya. Jika suatu saat terjadi apa-apa dengan laptop anda, anda tidak akan kebingunan mencari gerai service karena gerainya tersebar dimana-mana. Selain itu gerai service akan menyediakan spare-parts yang diperlukan. Sayang kalau laptop rusak tidak ada spare-partsnya. Jadinya rugi lah.

11. CD/DVD Drive Internal

Netbook dari segi ukuran serta berat yang lebih ramping dan ringan dibanding notebook. Akan tetapi dengan ukuran yang kecil pun netbook tidak disertai dengan CD/DVD Internal untuk mengolah data dari CD/DVD. Hal ini bisa jadi pertimbangan pula. Akan tetapi sebagian produk netbook juga disertai dengan CD/DVD Drive Eksternal. Kalaupun tidak disertai, anda bisa membeli CD/DVD Drive Eksternal untuk keperluan mengolah data dari CD/DVD.
Gambar : CD/DVD Drive Eksternal untuk laptop yang tidak dilengkapi dengan CD/DVD Drive Internal

12. Konektifitas

Lihat dulu perlengkapan koneksi yang ada dan lihat pula kebutuhan anda. Apakah anda membutuhkan bluetoot atau Infrared (IrDA) atau bahkan tidak membutuhkan kedua-duanya. Sekarang ini banyak perangkat koneksi seperti bluetooth dan IrDA dipasaran. Jadi jika anda membeli laptop tanpa ada Bluetooth atau IrDA anda tidak usah khawatir.

13. Built in Operating System

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengoperasikan laptop nantinya. Sistem operasi sebagaimana yang kita kenal ada Windows, MacOs untuk Apple, dan Linux. Untuk Windows pun ada macamnya lagi, yaitu Windows XP, Vista, dan Seven.

Memilih laptop dengan disertai operating system bisa menjadi pertimbangan serius karena berpengaruh pada kecenderungan anda serta program-program yang mungkin nanti akan anda jalankan. Seperti pada windows vista yang sering ditemukan masalah pada kompatibilitas software.

B. Pertimbangan dari segi kegunaan atau kebutuhan

Jawablah pertanyaan ini, apa tujuan anda untuk membeli laptop?
Ada beberapa motif yang mendorong orang untuk membeli laptop dan ini akan menjadi tujuan yang paling dicari secara prioritas. Diantaranya yaitu,

1. Untuk main game, desain grafis, serta program berat lainnya

Kalau untuk main game dan desain grafis seperti Corel dan Photoshop, anda membutuhkan laptop dengan memori dan grafis yang tinggi. Mengoperasikan game lebih membutuhkan laptop berkemampuan ekstra dari pada mengoperasikan program-program untuk membuat dokumen semisal microsoft word dan aplikasi-aplikasi ringan lainnya. Jadi lihatlah spesifikasi VGA, Processor, dan RAM-nya.

2. Untuk Program Ringan

Kalau untuk sekedar mengolah dokumen, game ringan, memutar musik, video, dan beberapa program ringan lainnya anda tidak perlu membeli laptop dengan spesifikasi grafis yang tinggi mengingat kelengkapan grafis yang tinggi juga menambah biaya pembelian.

Periksa kelengkapan Sebelum Beranjak

Setelah anda melakukan transaksi pembelian laptop, periksalah laptop tersebut dengan mencoba fungsi-fungsi yang ada di dalamnya. Putar musik untuk mengetes suara, dan beberapa fungsi lainnya. Jangan ragu untuk bertanya apa bila anda menemukan kejanggalan atau kekurangan-kekurangan.

Mintalah saran apa saja yang harus anda lakukan untuk merawat atau tindakan-tindakan lainnya. Lakukan pengecekan terhadap surat garansi yang diberikan (kalau ada). Periksa kelengkapan-kelengkapan misalnya kaset driver atau perangkat lainnya.

Tips Membeli Laptop Second

Banyaknya stok laptop baik dari segi jumlah maupun varian membuat pasar memeliki persediaan yang banyak. Laptop juga barang-barang elektronik lainnya memiliki laju perkembangan yang sangat cepat. Kalau anda membeli sekarang maka mungkin dua bulan lagi akan ada barang baru dengan kualitas yang lebih baik.

Situasi seperti ini memicu konsumen untuk aktif pula menikmati barang-barang update dengan kualitas terbaik. Oleh karenanya, banyak kalangan atas yang mungkin gonta-ganti laptop demi menikmati barang baru. Hal ini membuat laptop second atau laptop bekas bertebaran dipasar-pasar.

Hal ini dapat anda jadikan alternatif untuk menjadi pilihan membeli laptop. Ya anda dapat membeli laptop bekas sekiranya anda telah memenuhi pertimbangan-pertimbangan yang ada. Tidak selamanya laptop second adalah laptop bekas dengan kualitas yang buruk. Ada kalanya laptop bekas adalah laptop yang baru dibeli beberapa bulan, tetapi karena alasan tidak cocok atau alasan-alasan lain, si pemilik menjual laptop tersebut.

Harga laptop second relatif murah dan turunnya harga dari harga keadaan baru biasanya sangatlah jauh. Sekiranya anda tidak memiliki finansial secara cukup yang akhirnya ingin membeli laptop bekas, anda perlu melakukan pertimbangan-pertimbangan untuk memastikan laptop yang akan anda beli tidak mengalami kerusakan.

Beberapa tips di bawah ini insyaallah dapat membantu anda untuk membeli laptop second dengan kualitas bagus. Saya penulis sudah membuktikan dan setiap membeli atau mencarikan laptop second alhamdulillah kualitasnya bagus dan sesuai dengan kondisi umur laptop.

Jika anda ingin membeli laptop second, anda baiknya melakukan hal-hal:
1. Jangan sungkan untuk bertanya dan bertanya kepada penjual
2. Jangan setengah-setengah untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik
3. Jangan terburu-buru. Pastikan dahulu apakah laptop itu memang sehat. Ini akan membutukan waktu yang lama akan tetapi dengan hasil yang lebih memuaskan.

Pertimbangan Saat Membeli laptop second atau Bekas

1. Pilihlah toko atau penyedia laptop bekas yang telah dikenal
Carilah informasi sebanyak-banyaknya baik lewat teman, internet, atau menjelajah langsung dipasaran. Penting sekali karena untuk menghindari penipuan-penipuan terhadap konsumen. Semakin ramai toko yang dikunjungi biasanya menunjukkan kualitas barang yang ditawarkan semakin baik.

2. Pilihlah laptop sesuai dengan apa yang anda butuhkan
Lihat secara jeli spesifikasi laptop yang anda pilih mulai harddisk, memori, processor, dan lain sebagainya sebagaimana pada bab sebelumnya.

3. Periksalah fisik laptop
Lakukan pengecekan dengan memperhatikan setiap bagian dari laptop. Pastikan apakah ada retakan, lecet, atau bekas jatuh dan lain sebagainya. Jika terdapat tanda-tanda yang menunjukkan tidak layak maka lebih baik tinggalkanlah.

4. Periksa Keyboard
Lakukan pengecekan apakah ada kerusakan pada beberapa fungsi laptop. Periksalah fungsi keyboard dengan menekan semua tombol yang ada. Lihat apakah ada tombol yang rusak, pecah, atau sudah tidak memantul lagi jika ditekan.

Anda bisa mencobanya pada program notepad atau pengolah dokumen lainnya misalnya microsoft word. Jangan lupa untuk memeriksa tombol kombinasi Fn (biasanya untuk mengatur intensitas cahaya LCD, mengunci touchpad, dan lain sebagainya). Jika saat pemeriksaan terdapat tombol yang tidak berfungsi, maka dapat dipastikan laptop tersebut mengalami kerusakan.
Gambar : Pemeriksaan terhadap tombol keyboard perlu dilakukan untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada keyboard.

5. Putarlah musik atau video untuk mengecek suara.

6. Perhatikan LCD secara jeli
Jika anda mendapati ada noda hitam, lebih baik tinggalkan saja karena LCD merupakan komponen yang lumayan mahal harganya dan rentan mengalami kerusakan. Bisa saja noda tadi lama-kelamaan menyebar kebagian LCD lainnya.

7. Bila pada laptop terdapat Drive untuk CD/DVD
Bukalah  Drive CD/DVD tersebut dan lihatlah apakah ada kerusakan. Kemudian cobalah untuk memasang CD/DVD dan lihatlah apakah terbaca secara normal.

8. Tes lah baterai laptop yang ada, apakah masih bertahan lama atau tidak. Tanyakan kepada penjual berapa lama daya baterai dalam kondisi biasa.

9. Lakukan juga pemeriksaan terhadap adapter laptop. Apakah kabelnya ada yang terbakar dan lain sebagainya.

10. Laptop second biasanya tidak ada garansi. Tetapi anda bisa membuat kesepakatan sendiri dengan penjual. Jangan sungkan untuk membuat kesepakatan mengingat laptop tidaklah murah.

Cash atau Kredit?

Tidak ada salahnya anda melakukan kredit untuk membeli sesuatu. Kredit merupakan jasa yang memang diperuntukan bagi orang-orang yang membutuhkan jasa ini. Jika anda ingin membeli laptop secara kredit, sebelumnya anda perlu melakukan pertimbangan-pertimbangan dalam segi untung-runginya.

Kalau anda merasa membeli dengan kredit ternyata kenaikan harga lebih besar anda sebaiknya menabung saja. Harga laptop dan jenis-jenis alat elektronik lainnya secara global cepat turun harganya, dan mungkin saja dengan menabung anda bisa membeli cash di samping harga laptop yang menurun. Sesuaikan dengan kebutuhan dan finansial yang anda miliki. Kalau anda memang membutuhkan laptop secepatnya dan finansial anda kurang mencukupi, kredit merupakan cara yang baik. Anda dapat langsung menggunakan laptop dan  mengangsur biaya sesuai kesepakatan.


Powered by Blogger.