Halloween party ideas 2015


Nama Lengkap dan Kelahiran Imam Ibnu Qutaibah

Imam Ibnu Qutaibah memiliki nama lengkap sebagai Imam al-Alim al-Fadil Abu Muhammad Abdullah bin Muslim bin Qutaibah al-Dinuri, ada juga yang mengatakan al-Marwazi. Dikenal sebagai  Imam Nahwu dan ahli bahasa yang telah mengarang beberapa bidang tafsir, hadis dan beragam ilmu lainnya. Beliau lahir pada tahun 213 H.
Ilustrasi Imam Ibnu Qutaibah / abjjad.com

Masa Mencari Ilmu dan Mengajar

Setelah Ibnu Qutaibah terkenal akan keilmuannya yang mendalam, beliau pun dipilih untuk menjadi Qadi atau hakim di kota Dinuri yang termasuk bagian negara Persia saat itu. 

Di kota Dinuri ini terdapat kumpulan para ulama, ahli fikih dan para ahli hadis sehingga Ibnu Qutaibah pun banyak berdiskusi dengan mereka dan juga mengajar beragam masalah dalam fikih dan hadis.

Setelah beberapa waktu Ibnu Qutaibah kembali lagi ke Bagdat dan bertemu dengan Abu Hasan Ubaidillah bin Yahya bin Khaqan yang waktu menjabat sebagai menteri khalifah al-Mutawakkil. Di Baghdat Ibnu Qutaibah juga membuka majelis ilmu untuk mengajar.

Para Guru

Imam Ibnu Qutaibah tinggal di Baghdad dan beliau belajar dari para ulama terkenal di zamannya. Misalnya Muslim bin Qutaibah ayahnya sendiri, Qadi Yahya bin Aksam, Abi Hatim al-SIjistani, Syabah bin Suwar dan imam al-Jahidz.

Para Murid

Sedangkan para murid Imam Ibnu Qutaibah di antaranya adalah anaknya sendiri yang bernama Ahmad, Ibnu Darstuwaih, Ibnu Marwan al-Maliki, Wasin bin Isba al-Andrusı, Abul Qasim Abdullah bin Muhammad Al-Azdi dan lain-lain.

Wafatnya Imam Ibnu Qutaibah

Karya Ibnu Qutaibah

Imam Ibnu Qutaibah mengarang banyak sekali kitab di antaranya adalah tentang bahasa, adab serta ilmu al-Quran dan hadis yang karya-karyanya banyak sampai kepada kita dan bisa kita nikmati hingga saat ini.

Ada banyak perbedaan mengenai berapa jumlah karya beliau. Ada yang bilang antara 60, 62 65 hingga 300 jumlah karya beliau. Menurut sumber, karangan beliau ada yang memang dinamai oleh Imam Ibnu Qutaibah sendiri namun ada yang nama kitabnya dirubah dari nama aslinya.

Keilmuan dan Akhlak Ibnu Qutaibah

Ibnu Qutaibah dikenal sebagai pribadi yang memiliki ilmu yang sangat mendalam dalam bidang agama, fikih, tafsir hadis dan beragam bidang ilmu lainnya. Ibnu Nadim pun menyanjung Ibnu Qutaibah dengan mengatakan, "Ibnu Qutaibah itu ahli dalam bidang bahasa, Nahwu, Gharib al-Quran, serta beragam makna-maknanya, Syair, Fikih, dan juga memiliki karya yang sangat banyak."

Ibnu Kasir pun juga memuji Ibnu Qutaibah dengan mengatakan bahwa Ibnu Qutaibah adalah pemiliki beragam karya yang mendalam, bermanfaat, yang mengumpulkan beragam ilmu bermnfaat sehingga karangannya memiliki cirikhas bahwa pengarangnya adalah seseorang yang memiliki akal yang runtut dan terstruktur. Hal ini karena dirinya berusaha keras dalam mengambil manfaat dari pencarian pengetahuan dan ilmu. 

Karya Ibnu Qutaibah dalam bidang Tafsir dan Hadis

Beberapa karya dalam bidang tersebut adalah:
1. Ta'wilu Musykil al-Quran. 
Karya ini ditulis dengan metode menjawab pertanyaan dari orang-orang yang menyerang al-Quran. Dalam tafsir ini penafsiran ditulis dengan membahas segi ilmu tata bahasa, qiraat dan lain sebagainya.

Kitab ini pertamakali di cetak di Kairo pada tahun 1935.

2. Gharibul Quran
Kitab ini adalah kitab kedua karya Ibnu Qutaibah. Kitab ini disebut penyempurna dari kitab Ta'wilu Musykil al-Quran dimana kata yang gharib itu termasuk kata musykil yang samar dimana Imam Ibnu Qutaibah mencoba untuk menjelaskannya secara mendetail.

4. Almusytabih minal Hadis wal Quran

5. Ta'wiul Mukhtalafil Hadis
Kitab ini menjelaskan jawaban tentang tuduhan-tuduhan para ulama Muktazilah tentang pemikiran mereka yang menyimpang mengenai hadis.

6. Gharibul Hadis
Kitab ini menjelaskan tentang kata-kata gharib dalam hadis.

7. Islahu Galati Abi Ubeyd fi Garibil Hadis



Powered by Blogger.