Halloween party ideas 2015


Halo semuanya kali ini kita akan membahas masalah wifi Android sudah Connect tapi tidak bisa Browsing atau mengakses internet. Entah sebelumnya karena diotak-atik oleh anak atau karena suatu sebab tiba-tiba handphone tidak bisa mengakses internet atau browsing padahal sudah connect wifinya.
Cara Mengatasi Wifi Android Sudah Connect Tapi Tidak Bisa Connect Internet atau Browsing
Dan setelah dicoba untuk direstart dimatikan ulang berulang kali tetap saja ponsel tidak bisa dibuat browsing atau akses internet padahal wifi sudah nyala sempurna dan bisa diakses pada perangkat lain. Lalu cara mengatasinya bagaimana? Berikut adalah jawaban lengkapnya.

Mengatasi Wifi Android Connect tapi tidak bisa Akses internet atau Browsing

1. Hidupkan Lalu Matikan Mode Pesawat

Langkah pertama cara mengatasi wifi android yang tidak bisa akses internet padahal sudah connect adalah dengan menghidupakan mode pesawat atau fligh mode karena dengan demikian semua akses sambungan akan ditutup oleh sistem secara paksa. Setelah itu matikan mode pesawat dan cobalah untuk menyambungkan ulang.

2. Lupakan Jaringan dan Hubungkan Kembali 

Jika cara sebelumnya tidak mempan, maka cobalah untuk masuk ke Menu Pengaturan–Lalu ke menu Wifi – Dan Pilih nama Jaringan wifi yang telah terhubung – kemudian klik Forget Network (menu lupakan jaringan). Setelah itu restart atau nyalakan ulang hp dan coba hubungkan kembali.

3. Cabut Baterai

Jika cara sebelumnya tidak mempan juga, cobalah untuk mencabut batere hp kalau handphone tidak menggunakan batere tanam alias removable. Tunggu sekitar 1 menit dan kemudian pasanglah kembali baterenya. Dan cobalah untuk menyalakan ponsel serta connectkan kembali wifinya.

Mencabut baterai ini berfungsi untuk mematikan seluruh komponen handphone agar semua sistem terestart secara keseluruhan.

4. Menyesuaikan Waktu pada Handphone

Jika tidak mempan juga cobalah lihat tanggal dan waktu handphone apakah sesuai dengan waktu zona tempat kamu berada? Jika tidak sama maka kamu perlu menyamakan waktu pada handphone kamu. Aturlah waktu pada handphone agar sama dengan waktu lokal.

Masuklah pada menu pengaturan –kemudian masusk ke Date & Time  (waktu&tanggal) – klik kolom centang Automatic Date&Time untuk mengatur waktu dan tanggal secara otomatis. Anda juga bisa mencentang bagian menu Use network-provided time untuk mendapatkan update waktu dari jaringan.

5. Mengganti IP menjadi Statis

Adalah dengan mengganti IP DHCP ke model IP Statis. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengerjakannya:

Pada ponsel anda masuklah ke menu pengaturan – kemudian masusk ke menu WIFI – lalu pilih jaringan dan klik modify Network Config atau modifikasi pengaturan jaringan–lalu pilih Show Advanced Setting atau tampilkan pengaturan lebih lanjut –klik pada IP Setting –pilih bagian Static –lalu masukan informasi jaringan. Jika sudah maka tinggal menyimpan dan mencoba mengakses internet apakah sudah bisa.

6. Membersihkan data Aplikasi

Adalah dengan membersihkan data aplikasi yang tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan –Apps Manager atau manager aplikasi –kemudian pilih Browser yang digunakan misalnya Opera atau Chrome kemudian klik Delete Data atau hapus bersihkan data.

7. Mematikan Mobile Data

Cara berikutnya untuk mengatasi andriod sudah connect wifi tapi internet tidak connect adalah dengan mematikan mobil data pada ponsel. Memang perangkat android akan memprioritaskan wifi daripada jaringan mobile data apabila keduanya terhubung. 

Namun pada beberapa kasus beberapa penyedia layanan internet mengharuskan pengguna untuk login menggunakan username dan password sebelum mengakses internet. Meskipun sudah login, bisa terjadi android tidak melihat wifi yang sudah connect sebagai jaringan yang aktif sehingga masih memprioritaskan internet dari mobile data.

8. Mematikan dan Menghidupkan Wifi dari Pengaturan Tersembunyi

Beberapa perangkat android akan memperbaiki masalah apabila kita menghidupkan ulang jaringan yang ada. Caranya adalah dengan menggunakan pengaturan tersembunyi yang bisa diakses dengan mengetikkan angka pemanggil di menu panggilan. 

Panggillah nomor berikut di menu pemanggilan #*#4636#*#* maka akan keluar menu yang tersembunyi. Lalu klik Wifi Information - Wifi API - lalu klik DisableNetwork.

Setelah itu silahkan klik EnableNetwork dan cobalah untuk menghubungkan ulang jaringan wifi.

9. Reset Factory Alia Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik

Jika cara-cara di atas telah dicoba dan tidak bisa menyambungkan internet padahal wifi sudah tersambung, maka anda bisa menempuh langkah terakhir ini dengan megnembalikan pengaturan handphone ke pengaturan pabrik alias reset factory. 

Hal ini akan mereset ulang sistem serta menghapus data-data dan mengembalikan pengaturan ponsel sama persis saat anda baru membelinya. Jadi anda perlu membackup data-data yang tersimpan di ponsel atau internal ke SD card atau penyimpanan cloud seperti Google Drive.

Jika anda punya solusi lainnya silahkan berbagi di kolom komentar. Terimakasih.


Powered by Blogger.