Halloween party ideas 2015


Pengertian dari tafsir bilma'tsur adalah tafsir yang menjelaskan al-Quran dengan sumber al-Quran sendiri atau al-Quran bil Quran, sumber sunnah dan atsar atau riwayat dari para sahabat atau tabiin.

Disebut dengan tafsir bilma'tsur yang berarti penjelasan terhadap al-Quran bersumber dari dalil atau petunjuk al-Quran, hadis dan ucapan sahabat serta tabiin.
Daftar Kitab-kitab Tafsir Bil Matsur atau Bir Riwayah / mosoah.com
Tafsir ini juga disebut dengan tafsir bil manqul yang berarti tafsir yang dinukil dari ayat atau riwayat. 

Pengertian lain menyebutkan bahwa definisi tafsir bil ma'tsur adalah penafsiran yang didasarkan pada sumber sahih atau sumber yang benar yang diambil dari atsar atau hadis yang berkaitan dengan ayat-ayat al-Quran.

Seorang mufassir tidak menjelaskan makna al-Quran kecuali berdasarkan dalil tersebut serta tidak menjelaskan secara panjang lebar pada hal yang tidak bermanfaat dan tidak terdapat dalil yang sahih.

Berikut ini adalah beberapa kitab terpenting dalam tafsir bil ma'tsur.

Jamiul Bayan Fi Ta'wilil Quran Karya Thabari

جامع البيان في تفسير القرآن Tafsir ini dicetak dengan nama-nama yang agak berbeda misalnya Jamiul Bayan fi Ta'wilil Quran dan Jamiul Bayan an Ta'wilil Quran.

Kitab ini dikenal dengan kitab tafsir mil ma'tsur terbaik karena mendasarkan dalil pada riwayat yang lengkap serta memberi analisis yang bagus terhadap beragam perbedaan pendapat dalam riwayat yang ada.

Dikarang oleh Imam Abu Ja'far Muhammad bin Jarir al-Thabari yang wafat pada tahun 310 H. Biasa juga dikenal dengan tafsir al-Thabari

Bahrul Ulum Karya Abu Lais al-Samarkandi

بحر العلوم tafsir ini dikarang oleh Abullais Nasr bin Muhammad bin Ahmad bin Ibrahim al-Samarkandi yang wafat pada tahun 375 H. Tafsir ini juga biasa disebut dengan tafsir al-Samarkandi. Tafsir ini dicetak dalam 3 jilid.

Al-Kasyful Bayan Karya al-Tsa'labi

الكشف والبيان kitab tafsir ini dikarang oleh Abu Ishaq al-Tsa'labi yang wafat pada tahun 437 H. Kitab ini dicetak dalam 10 jilid dengan total halaman lebih dari 3425 halaman. Beliau juga menjelaskan lebih banyak pada masalah hukum yang terdapat di ayat-ayat ahkam.

An-Nukat wal Uyun Karya Al-Mawardi

النكت والعيون Kitab tafsir ini dikarang oleh Abul Hasan Al-Mawardi yang wafat pada tahun 450 H. Dicetak menjadi 6 juz dengan tebal rata-rata 500 halaman per juznya.

Tafsir ini juga menggunakan analisis bahasa untuk menjelaskan ayat dengan aspek ilmu bahasa dan dalil dari syair-syair.

Pengarangnya yaitu Abul Hasan al-Mawardi adalah ulama besar yang dalam riwayat hidupnya disebut sebagai Qadil Qudat atau Hakimnya para hakim dimana gelar ini diberikan pada alim yang punya kapasitas keilmuan yang mendalam.

Ma'alimut Tanzil Karya Al-Baghawi

معالم التنزيل kitab ini dikarang oleh al-Baghawi yang wafat pada tahun 516 H. Kitab tafsir ini termasuk dalam  Daftar Kitab-kitab Tafsir Bil Matsur atau Bir Riwayah karena di dalamnya banyak disebutkan dalil-dalil hadis.

Pengarangnya sendiri, al-Baghawi memang dikenal sebagai penghidup sunnah, seorang ahli hadis yang sangat alim.

Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsiril Kitab al-Aziz Karya Ibnu Athiyyah

المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز kitab ini dikarang oleh Imam Ibnu Athiyyah al-Andalusi yang wafat pada tahun 546 H.

Lubabut Ta'wil fi Maanittanzil Karya Alauddin Al-Khazin 

لباب التأويل في معاني التنزيل kitab ini dikarang oleh Alauddin al-Khazin yang wafat pada tahun 741 H.

Tafsir al-Quran al-Adhim Karya Ibnu Kasir

تفسير القرآن العظيم Kitab ini dikarang oleh Ibnu Kasir yang wafat pada tahun 774 H.

Al-Jawahirul Hisan fi Tafsiril Quran Karya al-Tsaalibi

الجواهر الحسان في تفسير القرآن kitab ini dikarang oleh Abdurrahman al-Tsaalibi yang wafat pada tahun 875 H.

Addurrul Mantsur fittafsir Bil Ma'tsur Karya al-Suyuti

الدر المنثور في التفسير بالمأثور Kitab ini dikarang oleh Imam Suyuti yang wafat pada tahun 911 H.

Taisirul Karimirrahman fi Tafsiri Kalamil Mannan Karya al-Sa'di

 تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان Tafsir ini dikarang oleh al-Sa'di yang wafat pada tahun 1376 H. Tafsir ini disebut-sebut sebagai tafsir bil ma'tsur yang berupa ringkasan.

Itulah informasi mengenai Contoh dan Daftar Kitab-kitab Tafsir Bil Matsur atau Bir Riwayah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.


Powered by Blogger.