Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kata Bijak Motivasi Kata Mutiara Orang NU alias Warga Nahdiyin

Halo semuanya assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini saya akan menuliskan tentang kata bijak motivasi orang NU atau warga Nahdiyin.
Add caption

Selalu Ikut Kyai

Entah apapun yang terjadi, aku pasti ikut kyai nderek kyai. Para kyai mendapatkan ilmu dari para guru dan ulama yang sambung menyambug hingga Rasulullah Saw.

Menjunjung Sikap Moderat

Silahkan anda berkata apapun tentang kami warga NU, kami tetap menjunjung sikap toleran, moderat, dan seimbang sebagaimana yang diajarkan oleh para kyai kami.

Pasukan Tahlil dan Istighasah

Malam Jumat ibadah tahlil, berbondong-bondong menuju rumah tetangga bak pasukan jihad untuk bertahlil. Kalimat Tauhid tidak kami tulis namun ada di dalam sanubari kami.

Istighasah adalah cara kami mencontoh sunah nabi ketika beristighasah saat perang badar. Semangat istighasah ini membuat jiwa kami tenang dan hati kami semakin dekat dengan Sang Pencipta.

Sarung

Kemanapun dan dimanapun tak akan lupa membawa pakaian kebesaran, sarung dan peci. Meskipun bukan pakaian baru namun yang penting tidak lupa dicuci.

Mazhab Empat

Kemanapun dan dimanapun ibadah tetap berjalan lancar dan menjadi hal utama. Dalam fikih memilih Imam Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali adalah hal pokok yang tak bisa diabaikan. 

Bidah

Bila engkau mengatakan semua yang kami lakukan bidah, maka kami hanya menjawab bahwa itu diajarkan oleh para ulama yang memiliki kapasitas keilmuan yang matang. Kami mengikuti para ulama salih yang mewarisi ilmu turun-menurun melalui bingkai ahlu sunnah wal jamaah.

Yasinan

Tiada minggu kecuali terisi dengan acara yasinan. Bukan karena kami pilih-pilih surah al-Quran karena tiap minggu pun kita juga mengadakan khataman.

Shalawatan

Kami mencintai para Nabi dan Rasul dengan cara kami sendiri. Mengikuti ajaran mereka dan memuji-muji mereka dengan shalawat. Hal ini pun juga telah dicontohkan oleh para guru kami. 

Maulid Nabi

Kami senang dengan kehadiran Nabi Muhammad Saw. Setiap tahun kelahirannya kami peringati. Kami mengadakan pengajian untuk membahas teladan beliau karena dengan ini kami mengenal nabi kami dan bersemangat untuk meneladani beliau.

Itulah beberapa kata bijak motivasi dan kata mutiara orang NU alias warga Nahdiyin. Semoga bisa menginspirasi.