Halloween party ideas 2015


Laptop adalah barang yang rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu kita harus merawat serta menjaganya dengan baik agar laptop dapat berumur lama mengingat harga laptop tidak semurah harga nasi goreng. Banyak orang memperlakukan laptop seenaknya sehingga cepat rusak.
Cara Merawat Komputer atau Laptop Secara Baik dan Benar / pixabay.com
Berikut ini beberapa cara dalam merawat laptop:

1. Berhati-hati dalam membawanya.

Gunakan tas sebagai aksesoris yang didapat saat melakukan pembelian. Tas yang bukan didesain untuk laptop bisa malah merusak atau menggores beberapa bagian laptop.

2. Jangan meletakkan laptop ditempat sembarangan.

Terutama jika anda punya anak dimana mereka masih kecil dan belum tahu mana yang bisa digunakan bermain dan mana yang tak sepatutnya digunakan untuk bermain.

3. Hindari tempat penyimpanan dengan suhu ekstrim.

Misalnya meletakkannya di jendela yang terpapar langsung sinar matahari atau di tempat yang lembab akan membuat laptop berumur pendek.

4. Hindari meletakkan barang atau sesuatu diatas laptop.

Bisa berarti meletakkan di atas laptop secara langsung atau meletakkan laptop di bawah rak yang ada kemungkinan ada barang yang bisa jatuh ke laptop.

5. Hindari meletakkan minuman atau benda cair di dekat laptop. 

Tentu saja hal ini wajib karena benda cair bisa merusak komponen laptop jika tumah di atasnya. Meskipun anda sangat ingin minum kopi, soda, air atau cairan lain di dekat laptop Anda, ketidak sengajaan yang mengakibatkan cairan tumpah ke laptop bisa terjadi dengan sangat mudah.

Sebagai alternatif, gunakan cangkir dengan penutup di atasnya, sehingga meskipun tumpah, cairan tidak mengalir ke mana-mana. Cairan yang tumpah dapat merusak komponen mikroelektronika internal atau menyebabkan kerusakan listrik.

Sirkuit pendek dapat merusak data atau bahkan secara permanen menghancurkan beberapa bagian laptop. Solusinya sangat sederhana: Jauhkan minuman Anda dari komputer Anda. Bahkan jika Anda berhati-hati, orang lain mungkin menumpahkan minuman Anda.

6. Jauhkan makanan dari laptop Anda. 

Jangan memakan makanan apapun di dekat laptop Anda karena remah-remah itu bisa jatuh di antara tombol keyboard dan yang dalam waktu lama bisa merusak sirkuit. Bisa jadi makanan entah biskuit atau cips yang anda makan mengandung minyak yang sedikit-demi sedikit remahnya bisa masuk ke dalam bagian laptop.

7. Hindari sentuhan atau goresan pada layar atau LCD. 

LCD laptop merupakan bagian yang sangat rentan terhadap kerusakan. Berbeda kalau laptopnya berupa tablet dengan layar sentuh biasanya sudah dilengkapi dengan pengaman LCD tetapi tetap harus berhati-hati.

8. Pasang Antivirus

Memiliki perangkat lunak atau software antivirus yang terpasang di komputer atau laptop adalah pilihan wajib untuk melawan virus yang banyak tersebar di internet. File apapun yang anda unduh dari internet punya potensi terkena virus yang bisa berakibat fatal pada komputer atau laptop anda.

Jika Anda memilih untuk tidak memasang aplikasi atau perangkat lunak antivirus, maka Anda berisiko terhadap kesalahan sirkuit atau masalah perangkat lunak di sistem Anda. Virus juga dapat memperlambat operasi dan kinerja sistem, bahkan bisa menghapus dan menyembunyikan file-file penting dalam laptop atau komputer anda.

9. Jangan gunakan komputer Anda di ruangan tempat binatang berada. 

Bulu dan rambut hewan misalnya kucing dapat masuk ke bagian internal dan merusak komponen tersebut. Juga hewan yang lebih besar misalnya kucing dapat secara tidak sengaja merusak laptop dengan menjatuhkan. Idealnya simpan komputer atau laptop di ruangan yang bersih dari lingkungan hewan dan bebas debu.

10. Selalu pastikan tangan yang bersih saat menggunakan laptop Anda. 

Tangan yang bersih membuatnya lebih mudah untuk menggunakan touchpad pada laptop Anda dan bisa meminimalisir risiko tertinggalnya kotoran dan noda lain di komputer.

11. Lindungi monitor layar LCD.

Saat Anda menutup laptop, pastikan tidak ada benda kecil, seperti pensil atau headset yang tertinggal di keyboard. Benda-benda ini dapat merusak tampilan layar jika laptop dimatikan dan ditutup tanpa kita ketahui. Layar tidak hanya akan akan tergores, namun bisa pecah sehingga memunculkan noda hitam yang dalam waktu lama bisa menyebar ke seluruh bagian layar laptop.

Tutup laptop dengan hati-hati dan pegang di bagian tengah atas. Menutup tutupnya dengan hanya menggunakan satu sisi seperti dari satu pojok saja bisa menyebabkan tekanan berlebih pada salah satu engsel layar dan seiring waktu dapat menyebabkannya bengkok dan patah.

12. Pegang dan angkat komputer pada bagian dasar atau tubuhnya, bukan pada layar LCD-nya

Jika Anda mengangkatnya hanya dari layar, Anda dapat merusak layar atau engsel yang menempelkan monitor ke pangkalan. Layar juga mudah tergores atau rusak karena tekanan langsung dan yang paling penting adalah hindari menekan layar.

13. Jangan menarik kabel Charger kecuali bagian kepalanya

Menarik kabel daya Anda dari soket listrik alih-alih menarik langsung steker dapat menyebabkan kabel putus dari steker atau merusak soket listrik. Juga, jika kabel listrik dekat kaki Anda, hindari menendang secara tidak sengaja; pada kenyataannya, yang terbaik adalah menahan diri dari menabrak steker sama sekali karena Anda bisa melonggarkannya dan akhirnya mematahkannya.

14. Jangan menggeser kursi Anda di atas kabel komputer 

Tempelkan kabel ke meja Anda dengan selotip atau dasi kabel komputer khusus yang dapat dengan mudah dilepaskan ketika Anda selesai menggunakan laptop. Usahakan selalu menjauhkan kabel dari lantai dan kaki Anda.

15. Pastikan untuk mencolokkan perangkat aksesori ke dalam slot yang tepat

Selalu perhatikan simbol di laptop dengan seksama sebelum memasukkan perangkat. Menyambungkan saluran telepon ke port Ethernet atau sebaliknya dapat merusak soket, sehingga tidak mungkin untuk menggunakannya lagi. Sangat penting untuk mengamati langkah ini.

16. Hindari Meninggalkan laptop di dalam mobil

Tidak hanya bagian dalam mobil mengalami perubahan suhu yang besar yang dapat merusak laptop, tetapi laptop (atau tas laptop) adalah target yang mengundang untuk pencuri dan pencuri.

17. Kalau perlu lakukan Pembersihan Komponen secara Tahunan

Anda bisa meminta bantuan dari seorang profesional komputer, atau anda bisa melakukan sendiri jika Anda bisa. Jika debu menumpuk, sistem tidak akan dapat mendinginkan dirinya sendiri dengan benar. Panas dapat menghancurkan motherboard.

18. Hindari Meletakkan Barang Berat di Atas Laptop

Hindari meletakkan barang-barang berat, seperti buku, di atas laptop Anda . Ini dapat mendorong layar LCD ke keyboard, dan pada akhirnya akan merusaknya. Selain itu, sisipan CD-ROM akan ditekan dan, pada akhirnya, akan pecah.

19. Gunakan casing laptop berukuran tepat

Apa pun yang Anda gunakan untuk membawa laptop Anda, apakah itu tas, tas, atau sesuatu yang Anda buat sendiri, pastikan itu cukup besar untuk memegang laptop. Ini akan membantu menghindari goresan, meremas atau berpotensi menjatuhkannya. Tas sangat mengurangi risiko kerusakan.

20. Pastikan Ventilasi Udara Bagus

Hanya gunakan dan simpan laptop Anda di area yang berventilasi baik. Saat Anda menggunakan laptop, lakukan di tempat yang memiliki sirkulasi udara konstan. Banyak orang merusak laptop mereka dengan menggunakannya di area tertutup dan dengan demikian menyebabkan laptop terlalu panas.

21. Bersihkan dnegan Sikat Gigi 

Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan area di sekitar layar kipas . Jika itu dipasang, aliran udara berkurang dan panas berlebih dapat terjadi.

22. Usahakan laptop berada di permukaan yang rata dan bersih

Hal ini adalah untuk mencegah kerusakan pada laptop. Ini bisa sulit dilakukan, terutama jika Anda berada di luar dengan laptop Anda, tetapi jika ada permukaan datar yang tersedia maka letakkan laptop Anda di atasnya.

23. Jangan gunakan laptop Anda di tempat tidur

Penggunaan berulang laptop di tempat tidur akan menyebabkan kipas menyedot debu dan bagian bantal atau kasur berupa serat-serat kecil di tempat tidur. Dalam waktu lama debu yang menumpuk akhirnya akan mengganggu kinerja kipas pendingin sehingga laptop mudah panas.

24. Jangan Instal Aplikasi Berlebih

Selalu periksa bahwa laptop Anda tidak memiliki terlalu banyak perangkat lunak atau aplikasi berjalan saat mereka terus menggunakan memori yang diperlukan untuk bermain game atau melakukan tugas-tugas yang membutuhkan daya besar lainnya.

25. Jangan Gunakan Installer saat Mengunduh File

Pastikan bahwa saat mengunduh hal-hal dari web Anda tidak mengunduh penginstal yang tidak diinginkan yang biasanya dibuat untuk menginstal perangkat lunak yang tidak diinginkan yang disediakan sebagai freeware untuk menyediakan file yang Anda butuhkan.

26. Instal Program Pembersih File

Anda bisa menggunakan perangkat lunak pembersihan seperti tune up utilities atau c cleaner dll untuk menjaga komputer Anda di bawah pengawasan konstan dari program yang tidak perlu diinstal selama berbagai kegiatan.

Jika memungkinkan lakukan instalasi bersih dari sistem operasi yang Anda gunakan setiap 2 hingga 3 tahun sekali. Ini benar-benar akan membantu laptop untuk memulai dari awal dan menjaga semuanya dengan sangat terorganisir dan efektif.

27. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi

Jangan mencoba menjalankan file multimedia yang besar atau tidak didukung melalui komputer Anda jika komputer Anda tidak memenuhi spesifikasi karena biasanya merusak komputer dalam jangka panjang.

Juga lebih baik jika Anda pergi ke toko lokal dan memeriksa pemeriksaan pemeliharaan lengkap untuk menyelesaikan kesalahan yang terus mengganggu Anda.

28. Hindari Menggunakan Laptop atau Komputer di Tempat Yang Berdebu

Berhati-hatilah jika Anda menggunakan laptop untuk tidak menggunakannya di tempat-tempat yang penuh debu beterbangan karena dapat memblokir rute keluar panas selama periode waktu tertentu dan dengan demikian membuat laptop Anda jauh lebih cepat panas dari biasanya.


Powered by Blogger.