Halloween party ideas 2015


Dalam perkembangannya, sumber dalam kitab tafsir tidak hanya berasal dari riwayat saja. Banyak juga muncul tafsir bil Ra'yi atau tafsir dengan akal yang menghiasi perjalanan perkembangan keilmuan tafsir.

Pengertian Tafsir Bil Ra'yi

Tafsir bil Ra'yi atau tafsir bil Ma'qul juga dikenal dengan tafsir bid Dirayah adalah menafsirkan al-Quran beradaskan ijtihad setelah seorang mufassir menguasai bahasa Arab dan mengetahui seluk-beluknya, mengetahui asbabunnuzul, nasikh mansukh ayat dan lain sebagainya juga beragam syarat-syarat yang dibutuhkan dalam menafsirkan al-Quran.
Daftar Kitab-kitab Tafsir Bil Ra'yi atau Bil Ma'qul / memo-rise.com 
Tafsir ini disebut dengan tafsir menggunakan dalil aqli karena banyak mendasarkan penjelasan pada analisis ijtihad daripada dari dalil yang bersumber hanya dari al-Quran, hadis, maupun sumber dari sahabat dan tabiin.

Pembagian Kitab Tafsir Bil Ra'yi atau Bil Ma'qul

Kitab-kitab tafsir bil ra'yi ini dibagi menjadi dua, yaitu tafsir bil ray'i yang mahmud atau terpuji dan yang mazmum atau yang dicela.

Karena al-Quran harus dipahami dengan pendekatan al-Quran serta hadis itu sendiri, maka ulama membatasi penggunaan akal karena akal berpotensi pada pemahaman yang menyimpang terhadap al-Quran.

Oleh karenanya muncullah istilah tafsir birra'yi mahmud dan mazmum ini karena ada tafsir yang menyimpang dari pemahaman syariat dan al-Quran itu sendiri.

Tafsir bil ra'yi mahmud adalah tafsir yang penjelasannya sesuai dengan syariat, jauh dari keterangan yang menyesatkan dan sesuai dengan kaidah bahasa Arab.

Tafsir ini juga mendasarkan keterangannya pada pemahaman terhadap nash al-Quran serta penafsiran nabi, sahabat dan tabiin.

Sedangkan tafsir bil Ra'yi yang mazmum adalah tafsir yang menjelaskan al-Quran tanpa berdasarkan ilmu atau menjelaskan dengan hawa nafsu serta ketidaktahuan terhadap kaedah bahasa Arab atau syariat. Juga tafsir yang menjelaskan kalam Allah dengan cenderung pada mazhab yang fasid dan bid'ah.

Daftar Kumpulan Kitab Tafsir Bil Ra'yi Al-Mahmud

1. Jamiul Bayan fi Ta'wilil Quran Karya Abu Ja'far al-Thabari (304 H)
جامع البيان في تأويل آي القرآن Kitab tafsir ini termasuk kitab tafsir Bil Ma'tsur dan Bil Ra'yi. Disebut sebagai bil ma'tsur karena tafsir ini mendasarkan penjelasnnya pada al-Quran dan riwayat-riwayat hadis nabi, sahabat atau tabiin dengan riwayat yang sahih. 

Kitab ini pun juga termasuk bil ra'yi karena dalam mengunggulkan suatu pendapat imam Thabari pun juga menggunakan analisa atau ijtihad sendiri.

2. Ta'wilatu Ahli Sunnah Karya Abu Manshur al-Matudiri (333 H)
Kitab ini تأويلات أهل السنة ditulis oleh Abu Manshur al-Maturidi yang wafat pada tahun 333 H. Tafsir ini ditulis berdasarkan akidah atau mazhab ahli sunnah wal jamaah dengan berpedoman pada akal dan dalil riwayat dalam menafsirkannya. 

Kemungkinan besar Imam Maturidi adalah ulama ahli sunnah pertama yang menafsirkan al-Quran dengan metode sebagaimana dalam kitabnya, dimana beliau menolak setiap pendapat yang tidak sesuai dengan pendapatnya ahli sunnah dari kalangan mu'tazilah, mujassimah, hasywiyah dan kelompok lainnya. 

Imam Maturidi memperkuat pendapat akidah ahli sunnah di dalam tafsirnya dengan dalil-dalil aqli dan nakli atau riwayat.

3. Tafsiru Ibnu Faurak Kaya Ibnu Faurak (406 H)
Tafsir تفسير ابن فورك ini dikarang oleh Imam Mawardi yang wafat pada tahun 406 H.

4. An-Nukat Wal Uyun Karya Al-Mawardi
Tafsir النكت والعيون ini dikarang oleh Imam Mawardi yang wafat pada tahun 450 H. Tafsir ini disebut-sebut sebagai tafsir yang memiliki dua corak, yaitu tafsir bir riwayah dan tafsir bid dirayah atau birra'yi. Meskipun demikian, corak pertama yaitu corak riwayahnya lebih banyak daripada corak ra'yinya.

Untuk mengetahui seluk beluk lebih lanjut kitab Tafsir al-Mawardi ini bisa dibaca: Seluk-beluk dan Metode Tafsir Kitab Al-Nukat Wal Uyun Tafsir Al-Mawardi Untuk mendownload atau baca online kitab ini silahkan kunjungi: Download dan Baca Online Tafsir Kitab Al-Nukat Wal Uyun Tafsir Al-Mawardi PDF

5. Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsiril Kitab al-Aziz karya Ibnu Athiyyah al-Andalusi
Tafsir ini dikarang oleh Ibnu Athiyyah yang wafat pada tahun 546 H. Kitab ini termasuk kitab yang paling masyhur dalam jenis-jenis kitab tafsir bil ma'tsur dan birra'yi sekaligus. 

6. Al-Tafsir al-Kabir atau Mafatihul Ghaib karya Fakhruddin al-Razi (w. 606)
Tafsir kabir ini dikarang oleh Imam Fakhruddin al-Razi yang wafat pada tahun 606 H. Kitab tafsir ini termasuk kitab tafsir birra'yi tabg oakubg besar. Di dalamnya Imam Ar-Razi menyebutkan munasabah antar ayat, ilmu-ilmu kauniyah dan memberikan ketenragan yang luas. Juga disebutkan masalah ushul, nahwu balaghah dan istinbat akal.

Dalam tafsir ini juga disebutkan makna ayat beserta makna isyarahnya, disebutkan pembahasan bermacam-macam dari ilmu-ilmu islam seperti ilmu kalam, ucapan para hakim, mazhab fikih serta dalilnya dalam ayat-ayat ahkam, menjelaskan mazhab ahli sunah dan akidahnya, menolak pendapat muktazilah dan pendapat kelompok yang menyimpang dan juga menolak pendapat para filosof.

7. Al-Jami' Liahkamil Quran karya al-Qurtubi (w. 671 H)
Kitab tafsir الجامع لأحكام القرآن ini dikarang oleh Imam Qurtubi yang wafat pada tahun 671 H. Tafsir ini sesuai namanya dikenal sebagai tafsir fikih yang lebih mengedankan pembahasan pada aspek fikih. Di dalamnya juga disebutkan pengetahuan mengenai qiraat, bahasa dan nahwu.

8. Anwaruttanzil wa Asrarutta'wil Karya Nashiruddin al-Baydhawi (w. 685 H)
Kitab tafsir أنوار التنزيل وأسرار التأويل ini dikarang oleh Nashiruddin al-Baidhawi atau dikenal dengan mana Imam Baidhawi yang wafat pada tahun 685 H. 

9. Madarikuttanzil wa Haqaiqutta'wil Karya al-Nasafi (w. 710 H)
Tafsir مدارك التنزيل وحقائق التأويل ini dikarang oleh Hafidzuddin al-Nasafi yang wafat pada tahun 710 H. Di dalamnya dijelaskan penjelasan al-Quran mengenai qiraat-qiraat, bahasa, serta ditarjihkan atau diunggulkan madzhab ahlu sunnah. 

10. Lubabutta'wil fi Ma'anittanzil Karya Alauddin al-Khazin (w. 725 H)
Tafsir ini dikarang oleh Alauddin al-Khazin yang wafat pada tahun 725

11. Gharaibul Quran wa Raghaibul Furqan karya Nidzamuddin al-Naisaburi
Gharaibul Quran ini termasuk tafsir yang meringkas dari tafsirnya Fakrurrazi dengan disertai seleksi yang ketat terhadap tafsir tersebut.

12. Al-Tashil Li Ulumittanzil Karya Ibnul Juzzi al-Garnati
Kitab التسهيل لعلوم التنزيل  ini dikarang oleh Ibnu Juzzi al-Gharanathi yang wafat pada tahun 741 H. Kitab ini bercorak tafsir bil ma'tsur atau riwayat dan tafsir bil ra'yi atau tafsir dengan ijtihad akal. Adapun tafsir dengan sisi ijtihad adalah dengan sumbernya yang menggunakan perangkat ilmu-ilmu keislaman meskipun bisa dibilang tafsir bil ma'tsurnya lebih banyak daripada tafsir bil Ra'yinya.

13. Al-Bahrul Muhit Karya Abu Hayyan al-Andalusi (w. 754 H)
Kitab البحر المحيط ini ditulis oleh Abu Hayyan al-Andalusi yang wafat pada tahun 754 H.

14. Addurrul Mashun fi Ulumil Kitab al-Maknun
Kitab الدر المصون في علوم الكتاب المكنون ini dikarang oleh Imam Al-Samin al-Halbi yang wafat pada tahun 756 H.

15. Tafsir Jalalain Karya Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin Suyuti
Kitab ini termasuk kitab tafsir yang bisa dibilang paling populer di seluruh penjuru dunia. Kitab tafsir Jalalain adalah kitab tafsir ringkas 30 juz yang ditafsirkan oleh dua orang, yaitu Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Imam Jalaluddin al-Suyuti. Karena namanya dua Jalal inilah tafsir ini kemudian disebut dengan tafsir Jalalain.

16. Al-Jawahir al-Hisan fi Tafsiril Quran Karya Abdurrahman al-Tsa'labi
Kitab الجواهر الحسان في تفسير القرآن ini dikarang oleh Abdurrahman al-Tsa'labi yang wafat pada tahun 875 H.

17. Allubab Fi Ulumil Kitab Karya Ibnu Adil al-Hanbali18. Irsyadil Aqli al-Salim Ila Mazayal Kitab al-Karim Karya Abu Su'ud Afandi (w. 951)
19. Assiraj al-Munir fil 'Ianati Ala Ma'rifati Ba'dhi Ma'ani Kalami Rabbinal Hakim al-Khabir Karya Khatib Syirbaini (w. 997)
Kitab tafsir السراج المنير في الإعانة على معرفة بعض معاني كلام ربنا الحكيم الخبير ini dikarang oleh Imam Khatib al-Syirbaini yang wafat pada tahun 997 H. Kitab ini mendasarkan penafsirannya pada metode munasabah antara surah-surah dalam al-Quran, cerita atau kisah-kisah serta riwayat-riwayat.



20. Jamul Imam al-Biqai Baina Tafsir bil Masur wa tafsir bil Maqul

جمع الإمام البقاعي بين التفسير بالمأثور والتفسير بالمعقول.[
21.Ruhul Ma'ani fi Tafsirl Quran al-Adhim wa Sab'il Matsani karya al-Alusi (w. 1270 H)

22. Tafsir al-Manar

23. Tafsir al-Maraghi Karya Ahmad Mustafa al-Maraghi (w. 1371)
24. Tafsir Mahmud Syaltut
25. Zahratuttafasir karya Abu Zahrah (w. 1394 H)
26.Khawatirussya'rawi
خواطر الشعراوي — محمد متولي الشعراوي

27. Nadzmuddurrar fi Tanasubil Ayat wa al-Suwar Karya Burhanuddin al-Biqai

28. Jam'ul Imam al-Biqai Bayna tafsir Bil Ma'tsur wa Tafsir bil Ma'tsur

Kitab Tafsir Birra'yi yang Madzmum

Kitab tafsir yang masuk dalam kategori tafsir bil ra'yi madzmum ini adalah kitab yang menyalahi madzab atau akidah ahli sunnah. Salah satu seginya adalah kitab-kitab yang ditulis berdasarkan akidah Mu'tazilah dan jenis tafsir sufi serta tafsir falsafi yang menyimpang.

1. Tafsir Abi Bakr al-Asham

2. Tafsir Abi Ali al-Juba'i
3. Tafsir Qadhi Abdul Jabbar
4. Tafsir al-Kasysyaf Karya al-Zamakhsyari
5. Tafsir karya Muhyiddin Ibnu Arabi

6. Tafsir Kelompok Ikhwanussaffa

Itulah informasi mengenai Daftar Kumpulan Kitab-kitab Tafsir Bil Ra'yi atau Bil Ma'qul (Penafsiran dengan Akal) Lengkap. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.


Powered by Blogger.