Halloween party ideas 2015


Dalam dunia Islam, kitab al-Quran adalah pedoman utama yang menempati posisi pertama sebagai pedoman dalam hidup umat Islam. Baik sebagai pedoman hukum, beradab, berkeyakinan dan semua seluk-beluk kehidupan. Oleh karenanya memahami al-Quran adalah kewajiban untuk bisa menjalani hidup sesuai perintah Allah.
Al-Quran diturunkan sebagai penjelas atas firman Allah kepada manusia. Namun demikian karena al-Quran memiliki aspek bahasa Arab yang indah serta beragam balaghah yang mengandung mukjizat, manusia tidak serta-merta kemudian bisa memahami isi al-Quran secara langsung. Manusia perlu mempelajari isi al-Quran dengan tuntunan tafsir.

Tafsir al-Quran berusaha untuk memperjelas maksud dari al-Quran karena untuk memahami al-Quran diperlukan banyak sekali ilmu, seperti asbabun nuzul, qiraat, nasikh mansukh dan lain sebagainya.

Beragam Macam Kitab Tafsir

Dalam sejarahnya, beragam kitab tafsir telah muncul sebagai upaya para ulama untuk bisa menyelami kedalaman makna al-Quran. Sejak zaman Nabi sebenarnya tafsir telah ada, dimana sumbernya adalah nabi sendiri. Namun penulisan tafsir hingga menjadi kitab-kitab yang berjilid-jilid muncul beberapa waktu setelah masa Nabi.

Kitab tafsir ini beragam, sesuai dengan ragam keilmuan pengarangnya, juga berdasarkan aspek mana yang dibahas. Al-Quran bisa dibahas dengan aspek hukum, bahasa, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya sehingga tafsir pun bisa muncul dengan corak berdasarkan aspek-aspek tersebut.

 Download Kitab Tafsir Pdf Secara Lengkap

Berikut ini adalah beberapa kitab tafsir yang bisa di download untuk bisa dibaca atau juga bisa menjadi koleksi pribadi di media digital. Insya Allah daftar download untuk kitab tafsir disini akan diupdate sehingga menjadi lebih lengkap.

Tafsir Ibnu Juraij تفسير ابن جريج
Tafsir Al-Nukat Wal Uyun Karya Al-Mawardi
Tafsir Al-Jawahirul Hisan atau Tafsir al-Tsa'labi Karya Al-Tsa'labi
Tafsir Al-Bahrurl Muhit karya Muhammad Yusuf Abul Hayan Al-Andalusi
Tafsir Al-Quran al-Adhim karya Ibnu Katsir
Tafsir Al-Fatihah karya Ibnu Rajab al-Hanbali
Tafsir Al-Durr al-Mansur fi Tafsir bil Ma'tsur karya al-Suyuti







Powered by Blogger.