Halloween party ideas 2015


Ilmu tasawuf berkembang seiring dengan perkembangan agama Islam di beragam daerah. Para ulama pun banyak mengembangkan tafsir-tafsir dengan corak tasawuf. Salah satunya adalah yang menjadi karya penting dalam bidang tafsir sufi adalah kitab tafsir Haqaiqut Tafsir karya Al-Sulami.

Sekilas Tentang Al-Sulami

Abu Abd al-Rahman al-Sulami lahir pada tahun 330 H. dan meninggal pada tahun 412 H. Beliau dikenal sebagai Syekh dan pemimpin para ulama sufi Khorasan. Beliau masyhur dengan kedalaman ilmu tasawufnya. Selain itu beliau juga dikenal sebagai ulama yang mendalam dalam bidang hadis. Di antara para muridnya adalah Hakim al-Naisaburi, Al-Qusyairi dan para ulama tafsir.

Tentang Kitab Tafsir Haqaiqut Tafsir karya al-Sulami

Kitab tafsir Haqaiqut Tafsir karya al-Sulami ini bisa dibilang sebagai pondasi kitab-kitab tafsir dalam ilmu sufi atau tafsir sufi. Kitab ini merupakan kitab awal dari kitab-kitab tafsir sufi yang membahas tentang tafsir al-Quran dengan corak sufi yang rinci.

Kitab Haqaiqut Tafsir ini dikarang dengan penjelasan yang mendalam dalam hal kesufian dalam memahami kalimat al-Quran.

Sikap Ulama Terhadap Tafsir Haqaiqut Tafsir

Tafsir dengan corak sufi pada sejarahnya memang menimbulkan kontroversi. Begitu pula dengan kitab Haqaiqut Tafsir ini. Ada yang setuju dengan memuji ada juga yang menolak bahkan mengkritik keras. Di antara ulama yang mengkritik keras adalah al-Wahidi yang mengatakan, Abu Abdurrahman al-Sulami telah mengarang kitab (Haqaiqut Tafsir). Jika ia mengangap bahwa itu adalah tafsir, maka ia telah kufur. 


Powered by Blogger.