Halloween party ideas 2015


Bahasa Inggris sekarang ini merupakan bahasa yang populer dan digunakan dimana-mana. Kebutuhan akan bahasa Inggris pun semakin besar karena beberapa pekerjaan dan pendidikan menuntut adanya kemampuan bahasa Inggris.

Namun mungkin karena waktu atau sebab yang lain, anda kesulitan untuk belajar di Kursus sehingga memutuskan untuk belajar bahasa Inggris sendiri atau otodidak.

Jika demikian, maka artikel berikut ini bisa menjadi informasi bermanfaat bagi anda yang sedang berusaha belajar bahasa Inggris sendiri atau otodidak

Tips dan Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri atau Otodidak

Bergaul Bersama Para Penutur Bahasa Inggris

Kebutuhan untuk berbicara dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris harus menjadi dorongan terbesar untuk belajar bahasa Inggris. Oleh karenanya, kita harus menemukan orang-orang yang berbahasa Inggris, entah yang sedang belajar, yang sudah mahir atau penutur asli dan berbaur dengan mereka.
Foto Winter di Turki Tahun 2018 / Cara dan Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Sendiri atau Otodidak
Sejatinya bahasa adalah alat komunikasi, maka tips terbaik untuk bisa belajar bahasa termasuk bahasa Inggris adalah bergaul dengan penutur bahasa Inggris dan menggunakannya sebagai alat komunikasi. Tanpa niatan belajar pun kita bisa berbahasa Inggris dengan sendirinya.

Banyak pengalaman mengatakan demikian, bahwa jika ingin belajar bahasa secara cepat, termasuk bahasa Inggris, maka akan sangat efektif jika bisa bergaul dengan mereka.

Konon ada seorang wanita dari India yang datang ke Spanyol dan lemah dalam bahasa Spanyol. Namun dia  bisa berbicara bahasa Spanyol dalam beberapa minggu karena saya dikelilingi oleh orang-orang yang hanya berbicara bahasa Spanyol dan wanita itu terpaksa harus berbicara dengan mereka.

Tetapi dalam kasus lain, konon wanita tersebut masih tidak dapat berbicara dalam bahasa Kannada, bahasa lokal Bangalore, karena hampir semua orang di Karnataka yang ia temui berbicara bahasa Inggris.

Oleh karenanya, carilah komunitas penutur bahasa Inggris. Terlebih carilah penutur asli bahasa Inggris.

Saat kita berkomunikasi dengan penutur bahasa Inggris asli, maka kita tidak hanya memiliki kebutuhan untuk berbicara bahasa mereka tetapi kita juga akan memiliki akses ke seseorang yang mengerti bahasa inggris secara menyeluruh. Berbicara dengan penutur bahasa Inggrisasli akan membuat anda berpikir dalam bahasa yang ingin anda pelajari.

Tetapi bagaimana kita bisamenemukan penutur bahasa Inggris tersebut?

Anda bisa menemukan banyak orang penutur bahasa Inggris asli. Banyak dari mereka yang juga sedang belajar bahasa Indonesia, seperti kita yang ingin belajar bahasa Inggris.

Kita dapat dengan mudah menemukan penutur bahasa Inggris, baik native maupun orang yang sudah fasih dengan salah satu dari sekian banyak aplikasi dan situs web pembelajaran bahasa online gratis.

Beberapa situs yang menawarkan pertukaran bahasa adalah iTalki, Language exchange, The Mixxer, klub Polyglot, LingoGlobe, SprachDuo, Verbling dan lain-lain.

Tonton, dengarkan dan Hayati penutur asli Bahasa Inggris 

Perhatikan bagaimana orang-orang saling menyapa, bagaimana mereka mengucapkan selamat pagi dan selamat tinggal, apa yang mereka katakan ketika mereka makan berlebihan atau terlambat untuk menghadiri undangan atau kegiatan, seberapa cepat mereka berbicara, bagaimana suara yang mereka buat, dan lain-lain.

Dengarkan dan amati, sebanyak yang kita bisa. Maka dengan mengamati ekspresi semacam ini bisa membuat kita akan mulai mengucapkan kata-kata yang mereka gunakan dalam aksen yang sama dan sambil membuat suara yang sama.

Memulai berbicara bahasa Inggris

Saya masih teringat ketika dulu belajar bahasa Inggris di sebuah les, saya memiliki kawan dekat dan saya bersepakat untuk selalu menggunakan bahasa Inggris semampunya. Dan ternyata dari komitmen tersebut, saya merasakan bahwa bahasa Inggris saya mulai meningkat secara signifikan.

Ingi dari belajar bahasa, termasuk bahasa Inggris adalah dengan praktek. Dimanapun itu, gunakan dan praktekkan.

Mulailah berbicara bahasa Inggris terlepas dari tata bahasa yang salah, kalimat yang tidak lengkap, susunan kata yang hilang, dan aksen canggung. Jangan malu atau bersembunyi di balik kenyamanan karena tidak tahu bahasa.

Jika Anda tidak memiliki siapa pun untuk mendengarkan Anda ketika Anda ingin berbicara, cukup rekam pesan audio dan putar nanti untuk anda koreksi ulang. Langkah ini akan lebih membuat anda sukses dalam belajar bahasa Inggris sendiri atau otodidak

Gunakan ekspresi wajah dan Aktifkan Gerakan Tangan

Ekspresi wajah dan gerakan tangan adalah tanda bahwa kita telah melebur dengan bahasa Inggris itu sendiri. Tanpa ekpresi wajah dan gerakan tangan, maka seakan bahasa Inggris akan kehilangan inti atau makna dalam pembicaraan.

Perhatikan bagaimana native speaker bahasa Inggris menggunakan ekpresi mereka, dan mulaialah gunakan pada diri sendiri.

Jangan Malu

Malu itu buang-buang waktu. Malu itu tidak ada wujudnya karena memang datang dari diri sendiri dan sangat tidak beralasan. Oleh karenanya, jika anda masih malu mungkin dalam berbahasa Inggris, saya sarankan untuk segera bertaubat dan kembali ke jalan yang benar. 

Masih salah dalam berbahasa Inggris, janganlah malu karena namanya juga belajar. Kalau tidak pernah salah berarti tidak pernah belajar kan. Jika anda sudah bisa mengatasi rasa malu, maka anda akan lebih berhasil dan sukses dalam belajar bahasa Inggris sendiri atau otodidak.

Itulah informasi tentang Cara dan Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Sendiri atau Otodidak. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 


Powered by Blogger.