Halloween party ideas 2015


Surah dalam al-Quran secara keseluruhan berjumlah 114 surah yang tertulis dalam 30 juz. Adapun juz ke 30 adalah juz yang memuat surat-surat pendek dan memuat surat paling banyak.

Salah satu surah yang pendek, bahkan termasuk yang terpendek adalah surah al-Kausar. Kali ini kita akan membahas tentang Fadhilah dan Keutamaan Surah Al-Kausar.

Selain itu kita juga akan membahas tentang asbabun nuzul atau sebab turunnya surah al-Kausar, selain kelebihan dari surah al-Kausar itu sendiri.

Tentang Surah al-Kausar

Surah al-Kausar ini merupakan surah jenis Makiyah atau diturunkan di Mekah menurut pendapat banyak ulama tafsir.

Sebagian ulama salaf mengatakan bahwa surah ini turun di Madinah. Yang mengatakan pendapat ini di antaranya adalah Mujahid, Hasan, Ikrimah dan Qatadah.
Fadhilah dan Keutamaan Surah Al-Kausar
Pendapat kedua ini didukung oleh ulama modern seperti Tahir bin Asyur.

Fadhilah dan Keutamaan Surah Al-Kausar

Bisa dibilang bahwa Fadhilah dan Keutamaan Surah Al-Kausar sebagaimana kebanyakan ayat al-Quran yang lain tidak disebutkan dalam hadis maupun riwayat-riwayat lainnya. 

Namun dengan merujuk pada kata Kausar atau telaga Kausar ini, maka kita bisa memahami fadhilah atau keutamaan al-Kausar ini. 

Adapun hadis tentang Kausar di antaranya adalah:
 بَيْنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ بَيْنَ أَظْهُرِنَا إِذْ أَغْفَى إِغْفَاءَةً ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ مُتَبَسِّمًا، فَقُلْنَا: مَا أَضْحَكَكَ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ: أُنْزِلَتْ عَلَيَّ آنِفًا سُورَةٌ فَقَرَأَ: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ)، ثُمَّ قَالَ: أَتَدْرُونَ مَا الْكَوْثَرُ؟ فَقُلْنَا اللهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: فَإِنَّهُ نَهْرٌ وَعَدَنِيهِ رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ، عَلَيْهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ، هُوَ حَوْضٌ تَرِدُ عَلَيْهِ أُمَّتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ، آنِيَتُهُ عَدَدُ النُّجُومِ، فَيُخْتَلَجُ الْعَبْدُ مِنْهُمْ، فَأَقُولُ: رَبِّ، إِنَّهُ مِنْ أُمَّتِي فَيَقُولُ: مَا تَدْرِي مَا أَحْدَثَتْ بَعْدَكَ). 
Rasūlullah shallallahu ‘alayhi wa sallam pernah saat berada di antara kami (sahabat) beliau terdiam kemudian Rasūlullah bangun sambil tertawa. Maka para shahabat pun bertanya: “Apa yang membuat engkau tertawa, wahai Rasūlullah?” Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam berkata: ”Baru saja turun kepadaku suatu surat.”

(Lalu Rasūlullah shallallahu ‘alayhi wa sallam membacakan surat ini, Kautsar)

Kemudian Rasulullah Saw. berkata: “ Tahukah kalian apa itu Al-Kautsar?” Para shahabat berkata: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Kata Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam: ” Ia adalah sungai yang Allah janjikan untukku.” (HR Muslim).

Makna Kata al-Kausar

Dalam bahasa Arab, kata kausar berarti sesuatu yang banyak atau berlebih. Lebih tepatnya artinya adalah sangat banyak dan sangat berlebih. 

Adapun secara istilah, kata al-Kausar punya beberapa arti. Di antaranya adalah:

1. Al-Kausar Nama Sungai Di Surga

Kata al-Kausar berarti nama sungai yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. di surga. Makna ini adalah makna untuk al-Kausar yang disebutkan pada surah al-Kausar.

2. Al-Kausar Nama Telaga di Surga

Telaga kausar ini juga berada di surga, dan airnya adalah berasal dari sungai al-Kausar, sungai dalam makna pertama di atas.

Keutamaan Membaca Surah al-Kausar

Dalam beberapa riwayat juga ditemukan informasi mengenai 
di antaranya adalah hadis berikut:
روي عن النبيّ صلّى اللّه عليه وآله وسلّم ، أنّه قال : «من قرأ هذه السورة سقاه اللّه تعالى من نهر الكوثر ، ومن كلّ نهر في الجنّة وكتب له عشر حسنات بعدد كلّ من قرّب قربانا من الناس يوم النحر ، ومن قرأها ليلة الجمعة مائة مرّة رأى النبيّ صلّى اللّه عليه وآله وسلّم في منامه رأي العين ، لا يتمثّل بغيره من الناس إلّا كما يراه
Barang siapa yang membaca surat al-kautsar maka Allah Swt. akan memberikannya minuman dari sungai al-Kausar dan setiap sungai di surga, dan menuliskan baginya sepuluh kebaikan dengan hitungan setiap hewan kurban yang setiap hamba kurbankan pada hari Raya Idul Adha. Dan barang siapa yang emembacanya pada malam jumat sebanyak 100 kali, ia akan melihat Nabi Saw. di tidurnya dengan penglihatan matanya. Tidak ada manusia lain yang menyerupai nabi kecuali sebagaimana yang ia lihat.
Itulah informasi mengenai Fadhilah dan Keutamaan Surah Al-Kausar serta fadhilah membacanya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.


Powered by Blogger.